Sukses


8 Jenis Bahan Makanan yang Ampuh Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Bola.com, Jakarta - Mengonsumsi makanan sehat merupakan keharusan bagi kita, dengan satu di antara tujuannya agar tubuh terhindar dari berbagai risiko terkena penyakit, termasuk kanker.

Kanker merupakan satu di antara penyakit yang paling berbahaya. Menurut data, kanker merupakan penyakit penyebab kematian terbesar di dunia. Hal ini karena banyak pengidapnya, baru mengetahui terkena setelah dalam stadium lanjut.

Kanker dapat muncul di dalam tubuh karena pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali, yang pada akhinrya memunculkan sel kanker.

Sementara untuk gejala-gejalanya, beberapa di antaranya seperti muncul benjolan, penurunan berat badan secara drastis, pucat, lemas, memar, dan adanya pendarahan secara spontan.

Penting bagi kita untuk memahami gejala-gejala kanker sehingga bisa segera melakukan tindakan penanganan untuk mencegah kondisi makin parah.

Di sisi lain, penting pula bagi kita untuk memiliki gaya hidup sehat sebagai bagian dari upaya pencegahan agar tidak terkena penyakit kanker.

Pola hidup sehat tersebut, semisal tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol, rutin berolahraga, dan mengonsumsi makanan sehat.

Bicara makanan sehat, ada beberapa bahan makanan yang ampuh untuk menurunkan risiko terkena kanker sekaligus membuat tubuh bugar setiap saat.

Berikut delapan jenis bahan makanan yang ampuh menurunkan risiko terkena kanker, seperti dikutip dari Healthline, Rabu (8/9/2021).

2 dari 4 halaman

Jenis Bahan Makanan yang Ampuh Menurunkan Risiko Terkena Kanker

1. Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah-rempah alami yang sering dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan ramuan kesehatan atau obat penangkal berbagai macam penyakit.

Hal tersebut karena kayu manis dikenal dengan manfaat kesehatannya, yang dipercaya dapat mengurangi gula darah pada orang yang terkena diabetes dan mengurangi peradangan.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi kayu manis dapat membunuh beberapa sel kanker secara efektif.

Cara penggunaan: campurkan bubuk kayu manis ke dalam secangkir teh untuk mendapatkan beberapa khasiatnya.

2. Beri

Buah beri memiliki berbagai macam jenis seperti, stroberi, blueberi, dan redberi. Buah beri mengandung senyawa antosianin yang cukup tinggi, sebuah pigmen tanaman yang memiliki sifat antioksidan dan dapat menurunkan risiko terkena kanker.

Dalam sejumlah penelitian yang dilakukan pada beberapa orang terkena kanker, mereka diberi obat yang mengandung ekstrak blueberi, dan hasilnya dapat mengurangi petumbuhan sel kanker sebesar tujuh persen.

Konsumsi buah beri secara rutin sebagai camilan saat bersantai atau dapat membuatnya sebagai smoothie yang segar.

3 dari 4 halaman

Jenis Bahan Makanan yang Ampuh Menurunkan Risiko Terkena Kanker

3. Brokoli

Brokoli kerap disajikan sebagai campuran membuat sup, tumis, atau dibuat sebagai smoothie. Brokoli mengandung sulforaphane, sebuah senyawa yang dipercaya antikanker.

Ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa mengonsumsi brokoli secara rutin dapat mengurangi ukuran dan jumlah sel kanker payudara hingga 75 persen. Selain itu, brokoli dapat menurunkan risiko terkena kanker kolorektal.

Brokoli juga mengandung banyak vitamin B dan magnesium, yang bekerja secara efektif untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.

4. Wortel

Wortel mengandung senyawa falcarinol dan falcarindiol, yang dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Mengonsumsi wortel dalam segala bentuk, dipercaya dapat mengurangi risiko terkena kanker, seperti kanker payudara dan paru-paru.

Mulailah memasukan wortel ke makanan yang sering Anda konsumsi setiap hari, atau Anda dapat menjadikan wortel sebagai camilan yang renyah dan menyegarkan di pagi hari. 

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun biasanya digunakan untuk menumis daging atau sebagai campuran makanan, seperti salad dan berbagai aneka jenis sup.

Minyak zaitun mampu membantu mencegah kanker karena kandungan baik di dalamnya, seperti antioksidan, flavonoid, polifenol, dan squalane.

Kandungan squalene dalam minyak zaitun juga diyakini dapat memberi efek baik bagi kulit, dengan mengurangi melanoma, yaitu zat kanker pada sel pigmen kulit. 

4 dari 4 halaman

Jenis Bahan Makanan yang Ampuh Menurunkan Risiko Terkena Kanker

6. Alpukat

Alpukat baik untuk dikonsumsi secara rutin. Buah satu ini diyakini dapat membunuh sel-sel pra-kanker berkat kandungan glutathione, yang berperan sebagai antioksidan.

Sifat antioksidan tersebut dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Alpukat juga mengandung potasium yang lebih tinggi dari pisang.

Selain itu, alpukat memiliki kandungan asam folat, vitamin C, dan vitamin E yang juga berperan untuk mencegah perkembangan sel-sel kanker.

7. Kunyit

Kunyit merupakan satu di antara rempah-rempah yang terkenal karena memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Kunyit biasanya dibuat sebagai bahan campuran ramuan pengobatan untuk meredakan atau menangkal berbagai macam penyakit.

Rempah ini mengandung bahan aktif, seperti efek anti-inflamasi, antioksidan, dan bahkan antikanker yang ampuh. Kunyit telah terbukti dapat menurunkan pertumbuhan sel kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker prostat.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari kunyit, carilah kunyit yang segar dan tidak layu, atau bubuk kunyit organik, dan minumlah secangkir teh kunyit setiap pagi hari.

8. Buah Naga

Buah naga merupakan satu di antara jenis buah yang kaya serat. Serat yang terdapat dalam buah naga dapat membantu mencegah kanker usus, penyakit kencing manis, dan baik untuk diet.

Selain itu, beragam vitamin yang dimiliki, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan antosianin yang tinggi dikenal efektif sebagai detoksifikasi dan melawan pertumbuhan sel kanker.

Anda bisa mendapatkan manfaat buah naga dengan cara mengonsumsinya secara langsung atau membuatnya sebagai jus yang menyegarkan.

 

Sumber: Healthline

Video Populer

Foto Populer