Sukses


7 Cara Ampuh Meningkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi COVID-19

Bola.com, Jakarta - Memiliki imunitas tubuh yang maksimal menjadi aspek penting di masa pandemi COVID-19 ini. Imunitas tubuh yang baik merupakan benteng pertahanan pertama agar tidak gampang sakit.

Bila imunitas tubuh lemah, virus corona SARS-CoV-2 lebih mudah menginfeksi dan Anda pun lebih berisiko terpapar COVID-19. Supaya imunitas tubuh dapat bekerja baik dan maksimal, Anda perlu melakukan serangkaian tindakan.

Hal ini guna menghasilkan sistem imunitas tubuh menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah terkena penyakit, termasuk terinfeksi COVID-19.

Terlebih lagi dengan perkembangan virus corona yang masih terus bermutasi dan menghasilkan varian baru. Oleh karena itu, Anda perlu meningkatkan imunitas tubuh agar dapat menghindari terpapar virus corona.

Lantas bagaimana cara meningkatkan imunitas tubuh? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak pembahasan cara ampuh yang bisa meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi COVID-19 di bawah ini.

Berikut ini cara ampuh meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi COVID-19, dilansir dari Healthgrades, Jumat (10/9/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Ampuh Meningkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi COVID-19

1. Menghindari rokok

Kebiasaan merokok dapat merugikan kesehatan karena di dalam rokok terdapat ribuan zat beracun yang dapat menurunkan imunitas tubuh. Selain merugikan diri sendiri, asap rokok berbahaya untuk orang di sekitar perokok yang tidak merokok.

2. Mengonsumsi makanan kaya akan vitamin dan mineral

Kekuatan imunitas tubuh secara menyeluruh tergantung pada pasokan vitamin dan mineral yang optimal. Untuk membantu menjaga imunitas tubuh tetap berfungsi dengan baik, mengonsumsi makanan sayur dan buah bisa menjadi solusinya.

Alasannya, sayur dan buah memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, yang bisa membantu imunitas dan organ-organ tubuh berfungsi dengan baik.

Selain itu, buah dan sayur berwarna cerah menandakan tingginya kandungan antioksidan di dalamnya, di mana antioksidan berperan untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel imun tubuh.

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh Meningkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi COVID-19

3. Tidur cukup

Kualitas tidur erat kaintannya dengan imunitas tubuh. Tidur yang cukup dan nyenyak dapat menjaga, bahkan memperkuat sistem imun tubuh.

Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi siapa saja untuk memenuhi durasi tidur, yakni selama tujuh hingga delapan jam. Hal ini dapat membantu memperkuat imunitas tubuh Anda sehingga dapat melawan infeksi COVID-19.

Jika seseorang tidak memenuhi durasi tidur atau kurang tidur akan membuat tubuh rentan terkena penyakit, termasuk lebih mudah terpapar virus corona SARS-CoV-2 .

4. Menjaga kebersihan diri

Kebersihan di masa pandemi COVID-19 menjadi aspek penting. Untuk menunjang sistem imun tubuh bekerja optimal, kebersihan perlu diperhatikan.

Menjaga kebersihan diri berarti rajin membersihkan diri alias mandi, menggosok gigi, mencuci rambut, mencuci tangan, serta mengganti pakaian. Dengan menjaga kebersihan diri, Anda mengurangi risiko penularan penyakit dari orang lain, baik melalui kontak langsung atau secara tidak langsung.

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh Meningkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi COVID-19

5. Rajin mencuci tangan

Imbauan rajin mencuci tangan di masa pandemi COVID-19 menjadi satu di antara protokol kesehatan yang harus dijalankan setiap orang. Meski cara ini terlihat mudah dan sering diremehkan hingga dilupakan, mencuci tangan perlu dilakukan demi terhindar terinfeksi COVID-19.

Bukan hanya saat sebelum dan sesudah makan, mencuci tangan memakai sabun perlu dilakukan pada berbagai kesempatan. Kebiasaan mencuci tangan dengan baik dan benar memberikan banyak keuntungan untuk kehidupan sehari-hari, termasuk membantu meningkatkan kesejahteraan kesehatan Anda.

6. Cukup minum

Sangat penting untuk Anda agar tetap terhidrasi dengan baik. Disarankan perbanyak minum air putih di masa pandemi COVID-19 dibanding jenis minuman lainnya. Anda perlu mengonsumsi air putih setidaknya dua liter atau sekitar delapan gelas setiap hari untuk membentuk imun yang kuat.

7. Memperbanyak teman atau bersosialisasi

Sering menyendiri atau tidak ada waktu untuk bertemu dengan kerabat atau bersosialisasi akan mengubah sistem imunitas tubuh pada tingkat seluler. Hal ini berarti, kesehatan fisik dan mental akan menurun dan terganggu.

Maka itu, bersosialisasilah dengan orang-orang di sekeliling untuk membuat pikiran rileks dan meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Sumber: healthgrades.com

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer