Sukses


7 Penyebab Umum Munculnya Asma, Wajib Diperhatikan

Bola.com, Jakarta - Ada beberapa penyakit yang berkaitan dengan sistem pernapasan manusia dan wajib untuk Anda waspadai, satu di antaranya asma.

Asma dapat menyebabkan pengidapnya sulit untuk bernapas. Penyakit ini belum diketahui penyebab utamanya, namun banyak faktor yang dapat menimbulkan asma.

Seseorang yang mengidap asma memiliki saluran pernapasan yang sensitif terhadap peradangan dan dapat teriritasi oleh berbagai hal.

Saat asma menyerang, membuat saluran udara menjadi sempit sehingga sulit bernapas. Hal tersebut bisa terjadi akibat kejang otot di sekitar saluran udara, peradangan dan pembengkakan pada selaput mukosa yang melapisi mereka.

Peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan membuat sel di saluran tersebut menjadi lebih sensitif sehingga memproduksi lebih banyak lendir yang menyebabkan sesak napas.

Menghindari berbagai hal yang bisa menyebabkan munculnya asma menjadi satu di antara cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisasi munculnya penyakit ini.

Lantas, apa saja faktor penyebab munculnya penyakit asma yang perlu kita waspadai?

Berikut tujuh penyebab umum munculnya asma, yang bisa Anda jadikan sebagai perhatian, seperti dikutip dari WebMD dan Healthgrades, Senin (13/9/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Penyebab Umum Munculnya Asma

1. Alergi

Alergi mungkin merupakan satu di antara penyebab paling umum munculnya penyakit asma. Kebanyakan penderita asma alergi dengan hal-hal di udara, seperti bulu hewan, debu, dan jamur.

Saat seseorang terserang alergi, sistem imun dalam tubuh melepaskan antihistamin atau antibodi yang akan beredar ke seluruh bagian tubuh melalui aliran darah.

Hal itu biasanya memicu mereka mengalami gejala asma berupa sesak napas. Dengan menjauhi sesuatu yang dapat menimbulkan alergi, akan menghindarkan Anda dari munculnya asma.

2. Olahraga Terlalu Berat

Olahraga yang terlalu keras dilakukan dapat menyebabkan penyempitan saluran pernapasan dan menimbulkan gejala asma seperti sesak napas.

Jika seseorang mengalami asma karena melakukan olahraga terlalu berat, mereka akan merasakan gejala sesak napas, dada yang nyeri, serta batuk.

Namun, gejala tersebut akan hilang dengan sendiri setelah beberapa saat mengatur pernapasan. Hal yang perlu dilakukan adalah melakukan pemanasan sebelum berolahraga agar sistem pernapasan menjadi lebih lancar.

3 dari 5 halaman

Penyebab Umum Munculnya Asma

3. Merokok

Kalangan perokok memiliki risiko lebih tinggi terkena berbagai macam masalah pernapasan, termasuk asma, daripada mereka yang tidak merokok.

Paparan asap rokok secara langsung dapat dengan mudah mengiritasi saluran pernapasan sehingga akan menimbulkan asma dengan gejala awal sesak napas.

Khususnya bagi wanita, merokok tidak hanya dapat menimbulkan asma, namun juga dapat menimbulkan asma pada janin di kemudian hari.

Mengurangi rokok atau bahkan menghentikan kegiatan merokok dapat meminimalisasi munculnya asma dan membuat saluran pernapasan menjadi lebih sehat.

4. Sinusitis

Penyakit sinusitis yang dialami seseorang dapat menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan dan membuat mereka memproduksi lebih banyak lendir.

Saat sinus Anda mengalami peradangan dan Anda memiliki penyakit asma, kemungkinan besar saluran pernapasan juga akan mengalami peradangan dan infeksi yang akan menimbulkan beberapa gejala asma.

Segera periksakan kondisi ini ke dokter agar penyakit saluran pernapasan yang Anda alami tidak menjadi lebih parah.

4 dari 5 halaman

Penyebab Umum Munculnya Asma

5. Polusi Udara

Polusi udara yang biasa muncul karena asap yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor atau asap buangan dari industri dapat menimbulkan masalah pernapasan, khususnya asma.

Bagi mereka yang tinggal di perkotaan, di mana tingkat polusi udara tinggi, memiliki risiko terkena asma. 

Ozon, yang merupakan komponen utama dari polusi udara di perkotaan dapat memicu gejala asma, seperti dada yang sakit dan sesak napas yang berkelanjutan.

Polusi udara yang disebabkan oleh berbagai hal di perkotaan mengandung banyak bahan kimia yang berbahaya, seperti sulfir dioksida, yang dapat menimbulkan iritasi saluran pernapasan.

6. Obat-obatan

Kebanyakan orang tidak pernah mengira bahwa efek samping dari obat-obat tertentu bisa menjadi penyebab penyakit asma. Obat antinyeri NSAID, seperti aspirin dan ibuprofen hingga obat penyakit jantung beta blocker, adalah contoh obat yang berisiko membuat asma Anda kambuh.

Jika Anda memiliki asma dan minum obat ini, efeknya bisa memperburuk gejala asma yang Anda miliki. Tidak jarang, efek samping obat-obatan tersebut berakibat fatal pada penderita asma.

5 dari 5 halaman

Penyebab Umum Munculnya Asma

7. Obesitas

Obesitas diketahui sebagai satu di antara penyebab terjadinya penyakit asma dan meningkatkan risikonya pada orang dewasa. Sebanyak 50 persen orang dengan kelebihan berat badan dan obesitas diketahui memiliki asma saat dewasa. 

Orang dengan obesitas atau kelebihan berat badan memiliki jaringan lemak yang terlalu banyak. Peningkatan adipokin, yaitu hormon yang berasal dari jaringan lemak, akan memicu peradangan saluran pernapasan atas pada orang dengan obesitas.

 

Sumber: WebMD, Healthgrades

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer