Sukses


Pengertian Teks Deskripsi, Lengkap Beserta Contohnya

Bola.com, Jakarta - Berbicara teks deskripsi, ada banyak poin yang bisa dibahas. Teks deskripsi merupakan muatan materi yang diajarkan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.

Tentunya di antara kamu telah familier dengan teks deskripsi. Meski demikian, mungkin masih ada yang belum paham dan mengerti betul tentang teks deskripsi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata 'deskripsi' adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Teks deskripsi yaitu teks yang menggambarkan atau memaparkan suatu objek secara jelas dan terperinci. Jadi, seakan-akan pembaca melihat, mendengar, hingga merasakan apa yang ditulis atau dideskripsikan penulis.

Isi dalam teks deskripsi menggambarkan objek secara konkret. Itulah sedikit gambaran secara umum tentang teks deskripsi.

Adapun untuk lebih detailnya, kamu bisa menyimak berikut ini pembahasan mengenai teks deskripsi, seperti dikutip dari laman Penerbitdeepublish dan Yuksinau, Selasa (14/9/2021).

2 dari 5 halaman

Pengertian Menurut Para Ahli

1. Pengertian Menurut Para Ahli

- Pardiyono

Menurut Pardiono (2007), menyatakan teks deskripsi berasal dari bahasa latin describere yang bermakna menggambarkan sesuatu hal. Kemudian Pardiono mendefinisikan dalam bahasa yang mudah dicerna sebagai bentuk karangan yang menggambarkan suatu kondisi atau keadaan yang sebenarnya lewat panca indra.

- Suwarna

Suwarna (2012), mendefinisikan teks deskripsi adalah kumpulan paragraf tentang objek atau tempat tertentu. Untuk mendapatkan data dan kumpulan informasi tersebut, dibutuhkan pengalaman dan melibatkan panca indra yang meliputi mata, hati, telinga, kulit, dan pengecapan.

- Finoza

Teks deskripsi adalah karangan yang menggambarkan tentang kondisi sesuatu hal sehingga mengajak para pembaca seolah-olah ikut merasakan, mendengar, dan melihat.

- Keraf

Menurut Keraf (1981), teks deskripsi adalah menuliskan sesuatu hal yang menuliskan tentang sesuatu hal. Di mana teks deskripsi sebagai bentuk tulisan yang saling berkaitan. Tanpa usaha para penulis dalam mengaitkan tulisan yang menarik, tidak akan menghasilkan tulisan yang menarik pula.

- Parera

Parera (1987) mendefinisikan teks deskripsi sebagai karangan yang hidup. Di mana pengalaman tersebut diperoleh dari pengalaman panca indra yang dirasakan oleh si penulis.

3 dari 5 halaman

Jenis, Tujuan, dan Ciri Umum Teks Deskripsi

2. Jenis Teks Deskripsi

Teks deskripsi dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:

- Paragraf Deskripsi Spatial

Paragraf yang isi topiknya berupa ruangan atau tempat. Paragraf ini mendeskripsikan suatu ruang atau tempat dengan sangat jelas kepada pembacanya.

- Paragraf Deskripsi Objektif

Paragraf ini menggambarkan suatu objek sesuai kenyataan tanpa adanya opini atau kesan pribadi seorang penulis.

- Paragraf Deskripsi Subjektif

Paragraf ini menggambarkan suatu objek berdasarkan apa yang dirasakan, dilihat oleh penulisnya itu sendiri. Dengan kata lain, penulis menuangkan opini-opini pribadi tentang keadaan suatu benda atau objek tersebut.

 

3. Tujuan Teks Deskripsi

Tujuan teks deskripsi sangat jelas yaitu agar orang yang membaca teks ini seolah-olah sedang merasakan langsung apa yang sedang dijelaskan dalam teks tersebut.

 

4. Ciri Umum Teks Deskripsi

  • Berisikan penggambaran atau penjelasan suatu objek.
  • Penggambaran atau penjelasan suatu objek yang menjadi topik dituliskan secara detail atau terperinci sehingga pembacanya mengerti secara jelas apa yang digambarkan di dalam teks.
  • Pembaca seolah-olah merasakan, melihat, mendengarkan, atau mengalami langsung apa yang disajikan di dalam teks.
  • Menjelaskan objek berdasarkan warna, bentuk, ukuran, dan ciri-ciri fisik maupun psikis objek secara detail.
4 dari 5 halaman

Struktur dan Langkah–Langkah Menyusun Teks Deskripsi

5. Struktur Teks Deskripsi

  • Identifikasi atau penyataan umum: berisi gambaran umum sebuah objek.
  • Deskripsi bagian: berisi gambaran lebih lanjut dari deskripsi umum secara jelas dan terperinci untuk memberikan efek emosional pada pembaca sehingga apa yang digambarkan dalam teks seolah-olah bisa dilihat, didengar, maupun dirasakan sendiri oleh pembaca.
  • Penutup atau kesan

6. Langkah-Langkah Menyusun Teks Deskripsi

  • Menentukan tujuan
  • Mengumpulkan informasi atau bahan tulisan
  • Membuat kerangka tulisan
  • Mengembangkan kerangka tulisan
5 dari 5 halaman

Contoh Teks Deskripsi

7. Contoh Teks Deskripsi

Gunung Merapi yang ada di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta merupakan satu di antara gunung yang menjadi tujuan wisata alam terfavorit. Ketinggian Gunung Merapi mencapai 2.930 M.

Sebagai gunung paling aktif, ternyata Merapi satu di antara gunung yang paling sering erupsi. Terakhir erupsi pada 1 Juni 2020.

Gunung Merapi termasuk jenis gunung berapi kerucut. Secara geografis, Gunung Merapi terletak di Klaten, Boyolali, Magelang (Jawa Tengah), dan Kabupaten Sleman (DIY).

Sebagai gunung yang sering erupsi, memang memberikan positif dan negatif bagi warga sekitar. Negatifnya, setiap erupsi datang, mereka harus mengungsi. Positifnya, lahan pertanian di sana sangat subur.

Tidak hanya subur, masyarakat dapat mengais rezeki dengan menjual pasir hasil erupsi merapi. Ternyata pasir Merapi sangat bagus sebagai material pembangunan rumah.

 

Sumber: penerbitdeepublish.com, yuksinau.id

Video Populer

Foto Populer