Sukses


Undang Atlet Paralimpiade Tokyo 2020 ke Istana, Presiden Jokowi Bagi-bagi Bonus

Bola.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengundang kontingen Indonesia yang berprestasi di Paralimpiade Tokyo 2020 ke Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/9/2021). Presiden Jokowi sekaligus memberikan bonus apresiasi terhadap prestasi para atlet yang sudah mengharumkan nama Indonesia itu.

Sebanyak 36 perwakilan kontingen Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020 diterima secara langsung oleh Presiden Jokowi di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Dalam kegiatan tersebut, turut hadir pula Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, Chef de Mission Andi Herman, Ketua NPC Indonesia, Senny Marbun.

Presiden Jokowi mengaku bangga dengan pencapaian yang diberikan para atlet Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020. Jokowi berharap, prestasi ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi para atlet lainnya.

"Alhamdulilah, seluruh kontingen Paralimpiade Tokyo telah tiba di tanah air. Semua telah kembali dalam kondisi sehat. Saya dan seluruh rakyat menyambut kepulangan saudara-saudara dengan gembira, senang dan bangga," kata Presiden Joko Widodo.

"Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas perjuangan dan kerja keras sehingga berhasil meraih prestasi dan mengharumkan nama bangsa dan negara. Semoga prestasi ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi atlet dan masyarakat Indonesia agar terus bekerja keras untuk meraih prestasi, memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara," ucap Jokowi.

Pemerintah Indonesia memberikan bonus sebesar Rp5,5 miliar untuk peraih medali emas Paralimpiade Tokyo 2020. Adapun peraih medali perak mendapatkan Rp2,5 miliar dan Rp1,5 miliar untuk peraih medali perunggu. Pemerintah juga memberikan bonus Rp100 juta untuk atlet non peraih medali.

2 dari 3 halaman

Bidik Prestasi 2024

Presiden Jokowi berharap, pencapaian pada Paralimpiade Tokyo 2020 bisa menular ke edisi berikutnya di Paris 2024. Jokowi meminta para atlet untuk segera fokus pada persiapan ajang berikutnya.

"Kami harapkan pada Paralimpiade Paris 2024 kita bisa meraih prestasi yang lebih tinggi lagi," tegas Jokowi.

Kontingen Indonesia berada di peringkat ke-43 setelah mengumpulkan sembilan medali di Paralimpiade Tokyo 2020. Rinciannya adalah dua emas, tiga perak, dan empat perunggu.

3 dari 3 halaman

Daftar Peraih Medali

Emas

1. Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah (Para Badminton)

2. Hary Susanto/Leani Ratri Oktila (Para Badminton)

Perak

1. Ni Nengah Widiasih (Powerlifting)

2. Dheva Anrimusthi (Para Badminton)

3. Leani Ratri Oktila (Para Badminton)

Perunggu

1. Saptoyoga Purnomo (Para Atletik)

2. David Jacobs (Para Tenis Meja)

3. Suryo Nugroho (Para Badminton)

4. Fredy Setiawan (Para Badminton)

Video Populer

Foto Populer