Sukses


Piala Sudirman 2021: Ester Dapat Pengalaman Berharga, Konsistensi Jadi PR

Bola.com, Jakarta - Ester Nurumi Tri Wardoyo memang gagal menyumbangkan angka untuk tim bulutangkis Indonesia pada Piala Sudirman 2021 melawan Kanada. Akan tetapi, ada pengalaman berharga yang didapatnya.

Ester Nurumi Tri Wardoyo tumbang dari pebulutangkis Kanada, Rachel Chan, pada pertandingan kedua. Pemain berusia 17 tahun ini sempat memenangi gim pertama 24-22.

Sayang karena belum banyak memiliki pengalaman, Ester justru membuat kesalahan-kesalahan sendiri. Fokus dan konsistensinya belum terjaga dengan prima pada gim kedua dan kalah 8-21.

Pada gim ketiga, poin terakhir yang diraih Chan juga karena penempatan shuttlecock Ester di disi kiri lawan, melebar. Ester pun kalah 18-21.

"Gim pertama saya sebenarnya bisa main enak. Cuma di gim kedua, fokus saya sering hilang. Saya jadi bingung sendiri," tutur Ester

"Di gim ketiga ketika ketinggalan, saya malah bisa main lepas. Sayang banget tidak bisa menjaga konsistensi, saya pun kalah," tambah Ester Nurumi Tri Wardoyo.

 

2 dari 3 halaman

Banyak Pengalaman

Dari kekalahannya ini, Ester mengaku banyak mendapat pengalaman berharga saat berlaga di kejuaraan besar. "Saya harus bermain lebih safe, tidak mudah mati sendiri. Harus lebih tahan saat bermain. Saya harus menambah power dan mental pertandingan agar lebih ditingkatkan," tutur Ester.

Menurut pelatih tunggal putri Herli Djaenudin, Ester diberi kesempatan turun bertanding karena untuk memberi kesempatan dan pengalaman lebih banyak. Selain itu, performa saat simulasi lalu juga sangat baik.

"Ester sebenarnya performanya kali ini cukup baik. Cuma kurang konsisten. Tadi di gim pertama sudah sesuai strategi. Namun di gim kedua kehilangan fokus dan banyak melakukan kesalahan sendiri," tutur Herli.

"Di gim ketiga, sempat ketinggalan jauh dan mampu unggul 17-16. Namun, lagi-lagi soal konsistensinya belum bisa dijaga. Dia kembali melakukan kesalahan di poin-poin kritis. Yang pasti dia banyak mendapat pengalaman berharga dari kekalahannya ini," ujar Herli lagi.

3 dari 3 halaman

Rinov / Pitha Pastikan Kemenangan

Tim bulutangkis Indonesia berhasil lolos ke perempat final Piala Sudirman 2021 usai secara dramatis mengalahkan Kanada, Senin (27/9/2021) waktu setempat. Pada gim penentuan, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari sukses mengalahkan B. R. Sankeerth/Crystal Lai.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menjadi penentu keberhasilan tim bulutangkis setelah memenangi laga dua gim langsung 21-14, 21-10.

Pada saat hampir bersamaan, Denmark juga sukses memenangi partai sengit melawan NBFR (Rusia) dengan skor 3-1. Dengan begini, Mia Blichfeldt dkk. menemani Indonesia ke perempat final Piala Sudirman 2021.

Video Populer

Foto Populer