Sukses


Pengertian Iklan Menurut Para Ahli, Ketahui Fungsi dan Tujuannya

Bola.com, Jakarta - Iklan adalah pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media. Hingga kini iklan menjadi satu di antara media paling efektif untuk mempromosikan produk atau jasa.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ada dua pengertian iklan. Pertama, iklan ialah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Kedua, iklan adalah pemberitaan kepada khayalak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

Dalam kehidupan sehari-hari, sering dijumpai iklan dalam berbagai macam bentuk dan media penyampaian, mulai televisi, radio, koran, media online, papan reklame, dan sebagainya.

Demikian penjelasan singkat mengenai iklan. Ada banyak pengertian iklan dari para ahli, yang bisa menambah wawasan mengenai iklan.

Berikut ini rangkuman tentang pengertian iklan menurut para ahli, fungsi, dan tujuannya, seperti dilansir dari laman repo.darmajaya.ac.id, Rabu (29/9/2021).

2 dari 5 halaman

Iklan Menurut Ahli

Faela Sufa

Iklan adalah media informasi yang dibuat dengan cara tertentu untuk menarik penonton, asli, dan memiliki karakteristik tertentu dan persuasif, sehingga konsumen secara sukarela terdorong untuk melakukan sesuatu sesuai apa yang diinginkan pengiklan.

Iyer et. al.

Iklan merupakan satu di antara keputusan terpenting yang dilakukan seorang pemasar, dan pemilihan media juga merupakan elemen terpenting bagi pemasar.

Liliweri

Iklan merupakan suatu proses komunikasi yang mempunyai kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran dalam membantu menjual barang, dengan memberi layanan serta gagasan atau ide-ide melalui sasaran tertentu dalam bentuk informasi yang persuasif.

Wibowo dan Kharimah

Iklan adalah elemen komunikasi pemasaran yang persuasif, nonpersonal, dibayar oleh sponsor dan disebarkan melalui saluran komunikasi massa untuk mempromosikan pemakaian barang atau jasa.

Kotler

Iklan adalah segala bentuk presentasi non-pribadi dan promosi gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor tertentu yang harus dibayar.

Rhenald Kasali

Iklan adalah sebuah pesan yang menawarkah suatu produk, yang ditujukan kepada masyarakat melalui sebuah media.

3 dari 5 halaman

Iklan Menurut Ahli

Djaslim Saladin

Iklan atau periklanan adalah satu di antara alat promosi, biasanya digunakan untuk mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat, di mana bentuk penyajian iklan ini bersifat non-personal.

Kriyantono

Iklan adalah sebagai bentuk komunikasi non-personal yang menjual pesan-pesan persuasif dari sponsor yang jelas untuk memengaruhi orang membeli produk dengan membayar sejumlah biaya untuk media.

Durianto

Iklan merupakan suatu proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk atau menggiring orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan.

Fandy Tjiptono

Iklan merupakan satu di antara bentuk promosi yang paling banyak digunakan perusahaan dalam mempromosikan produknya.

Morissan

Iklan adalah satu instrumen promosi yang penting, terutama bagi perusahaan yang memproduksi barang atau jasanya untuk masyarakat luas. iklan juga adalah hal yang banyak dibicarakan orang karena jangkauannya cukup luas.

Gilson & Berkman

Iklan adalah media komunikasi persuasif yang dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan respons dan membantu tercapainya objektivitas atau tujuan pemasaran.

4 dari 5 halaman

Fungsi Iklan

Menurut Shimp, fungsi periklanan meliputi:

1. Memberi Informasi

Periklanan dapat memberitahukan pasar tentang suatu produk baru dan perubahan harga, menyusulkan kegunaan suatu produk baru menjelaskan cara kerja, dan membangun citra perusahaan.

2. Membujuk

Periklanan bisa membentuk preferensi merek, mengubah persepsi konsumen tentang produk, mengajak konsumen untuk mencoba produk atau jasa yang diiklankan dan membujuk konsumen untuk membeli sekarang.

3. Mengingatkan

Iklan menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen dan meningkatkan minat konsumen terhadap merek yang sudah ada.

4. Memberikan Nilai Tambah

Iklan memberikan nilai tambah pada merek dengan memengaruhi persepsi konsumen sehingga sering kali merek dipandang lebih elegan, lebih bergaya, dan biasa lebih unggul dari tawaran pesaing.

5 dari 5 halaman

Tujuan Iklan

Iklan bertujuan untuk mengenalkan suatu produk, menarik perhatian konsumen tentang keberadaan produk dan agar mau membelinya. Selain itu, iklan memiliki tujuan sebagai berikut:

1. Mendorong peningkatan permintaan.

2. Mengimbangi iklan pesaing.

3. Meningkatkan efektivitas wiraniaga.

4. Meningkatkan penggunaan produk.

5. Menguatkan citra produk dalam ingatan konsumen.

 

Sumber: darmajaya.ac.id

Video Populer

Foto Populer