Sukses


8 Manfaat Mengagumkan Liburan untuk Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Liburan merupakan aktivitas menyenangkan dan kerap kal ditunggu-tunggu. Liburan menjadi aktivitas untuk melepaskan semua beban dan mengisi ulang energi serta pikiran.

Liburan bisa dilakukan sendiri atau bersama keluarga maupun teman. Ketika sendiri, kamu akan merasakan me time secara total.

Semantara jika bersama keluarga atau teman, rasa kebersamaan akan ditonjolkan dan akan penuh dengan canda tawa.

Liburan tak harus panjang, seperti berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Cukup 1-6 hari saja untuk Anda bisa merasakan manfaat dari aktivitas ini.

Berikut manfaat mengagumkan dari liburan untuk kesehatan tubuh, dinukil dari Klikdokter, Jumat (1/10/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Liburan

1. Menurunkan Risiko Stres

Seorang profesor di bidang psikiatri dari University of California di San Francisco, Dr. Elissa Epel, mengatakan liburan bermanfaat menurunkan proses biologis yang berkaitan dengan stres.

Liburan dengan durasi yang pendek cukup bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

2. Mencegah Terserang Penyakit

Liburan mendatangkan kebahagiaan tersendiri karena Anda menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih. Hal ini merupakan satu di antara manfaat dari liburan.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa stres dapat menyebabkan sistem kekebalan yang buruk. Seperti diketahui, sistem imun yang buruk bisa membuat seseorang mudah terserang virus.

Seseorang yang pergi berlibur dapat terhindar dari stres. Hal ini tentu membantu menjaga sistem imun tubuh tetap dalam kondisi prima.

3. Meningkatkan Produktivitas

Orang yang tidak melakukan apa-apa selain bekerja, terutama mereka yang memiliki rutinitas sehari-hari yang membosankan, cenderung kelelahan. Biasanya orang-orang ini tidak sabar dan menjadi miskin dalam pengambilan keputusan.

Nah, menjauh selama beberapa hari dari rutinitas akan menyegarkan Anda. Liburan bermanfaat membuat Anda lebih siap untuk menghadapi tantangan baru.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Liburan

4. Meningkatkan Hormon Testosteron

Jangan salah, meski terkesan sepele, liburan juga berguna bagi kehidupan seksual Anda. Mengapa bisa? Ternyata orang yang kurang liburan lebih rentan terkena stres sehingga memicu libido turun.

Orang yang memiliki sikap 'all work and no play' dikatakan memiliki libido yang lebih rendah akibat stres. Orang ini akan kehilangan hasrat fisik untuk berhubungan seks. Jadi, mengurangi tingkat stres dapat meningkatkan libido seseorang.

5. Membantu Anda untuk Tetap Fokus

Satu di antara manfaat liburan yang sayang untuk Anda lewatkan adalah aktivitas ini dapat membantu Anda fokus.

Liburan memberi Anda waktu untuk menyegarkan dan mengisi ulang sel-sel otak Anda. Itulah sebabnya banyak pekerja atau orang sibuk mendapatkan ide terbaiknya di luar pekerjaan atau ruang kantor.

6. Mempererat Ikatan dengan Orang-Orang yang Disayangi

Aktivitas yang padat dan pekerjaan yang menumpuk menghambat waktu berkualitas Anda dengan keluarga dan orang-orang yang disayangi. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Nah, liburan dapat mempererat kembali ikatan Anda dan keluarga serta orang terkasih. Oleh karena itu, jangan lupa sediakan waktu untuk mengajak mereka berlibur.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengagumkan Liburan

7. Membantu Memperoleh Istirahat yang Lebih Baik

Bagi Anda yang mengalami gangguan tidur, manfaat liburan bagi kesehatan yang satu ini perlu Anda coba. Berlibur dapat meningkatkan kualitas tidur sehingga Anda dapat memperoleh istirahat yang baik.

Sebuah survei menyebutkan bahwa orang cenderung tidur satu jam lebih banyak saat mereka berlibur. Berlibur dapat membantu mengeluarkan hormon-hormon relaksasi yang akan membuat Anda jauh lebih mudah untuk tidur.

8. Menekan Risiko Penyakit Jantung

Liburan dapat membantu Anda melepaskan stres. Studi menunjukkan bahwa penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh stres. Karenanya, dengan mengurangi stres, Anda juga mengurangi risiko penyakit jantung.

Menurut Studi Jantung Framingham 2010, liburan secara teratur dapat mengurangi risiko serangan jantung pada pria sebesar 32 persen dan pada wanita sebesar 50 persen.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 16/2/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer