Sukses


9 Cara Alami Mengatasi Tangan Berkeringat

Bola.com, Jakarta - Tangan berkeringat bisa terjadi karena Anda sedang cemas, stres, atau berada di ruangan bersuhu tinggi.

Saat Anda mengalami kondisi tangan berkeringat akan langsung direspons oleh kelenjar keringat dengan memproduksi lebih banyak keringat atau Anda mengalami hiperhidrosis.

Sebagai informasi, berkeringat adalah cara tubuh mengatur suhunya. Namun, tangan yang berkeringat secara berlebihan bisa menjadi masalah.

Masalah tangan berkeringat kerap kali mengganggu aktivitas yang sedang dijalani. Selain itu, permasalahan ini dapat menimbulkan gangguan pada rasa percaya diri dan membuat seseorang frustrasi.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan.

Berikut ini referensi cara alami mengatasi tangan berkeringat yang mudah dipraktikan, dilansir dari Times of India, Kamis (7/10/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Alami Mengatasi Tangan Berkeringat

1. Rendam dengan Air Dingin

Cara pertama yang bisa Anda mencoba untuk mengatasi masalah tangan berkeringat adalah merendamnya dengan air dingin selama 15-20 menit per hari. Hal ini akan sangat membantu mengatasi permasalahan Anda.

Cara ini juga membantu menyingkirkan keringat berlebih di sekitar kaki, terutama pada saat udara panas.

2. Tepung Maizena

Tepung maizena bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi tangan berkeringat berlebihan. Anda cukup menggosokan tangan dengan tepung maizena. Cara ini bisa menjadi cara untuk menyerap kelembapan dari telapak tangan.

3. Lemon

Cara ketiga yang bisa Anda praktikan adalah dengan mengoleskan sedikit garam yang dicampur air lemon ke telapak tangan. Cara ini bisa bermanfaat untuk menyingkirkan keringat berlebih.

3 dari 4 halaman

Cara Alami Mengatasi Tangan Berkeringat

4. Baking Soda

Bahan pengembang kue satu ini dikenal dapat mengatasi tangan berkeringat karena bersifat layaknya deodoran atau antiperspiran. Kandungan alkali dan sifat basa pada baking soda dapat mengurangi tangan berkeringat dengan menguapkan keringat dengan cepat.

Untuk menggunakannya, campurkan beberapa sendok teh baking soda dengan air bersih, lalu aduk hingga bertekstur seperti krim atau pasta. Oleskan pasta baking soda ke tangan berkeringat dan diamkan selama kurang lebih lima menit, lalu bilas tangan hingga bersih.

5. Air Mawar

Air mawar yang umumnya digunakan sebagai toner kulit bekerja dengan menutup pori-pori di kulit. Jika diaplikasikan di telapak tangan, fungsinya serupa, yakni mengurangi produksi keringat berlebih.

Cara menggunakannya, tuang beberapa tetes air mawar ke kapas, lalu gosokkan ke telapak tangan dan biarkan mengering tanpa membilasnya. Atau bisa juga simpan di botol spray agar Anda tinggal semprot pada tangan sewaktu-waktu dibutuhkan.

6. Cuka Apel

Cuka apel dapat mengatasi tangan yang berkeringat karena memiliki kandungan alpha hydroxy acid (AHA) alami, yang membantu mendorong pembentukan sel kulit baru dan mampu mengecilkan pori-pori kulit sehingga mengurangi produksi keringat.

Bahkan cuka sari apel organik dapat membuat telapak tangan berkeringat menjadi lebih kering dengan menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh.

Untuk memberikan efek terbaik bagi telapak tangan berkeringat, cukup oleskan cuka apel pada tangan yang basah dan biarkan semalaman. Lalu segera bilas keesokan paginya.

4 dari 4 halaman

Cara Alami Mengatasi Tangan Berkeringat

7. Daun Sage

Tanaman sage biasanya sering digunakan sebagai pengharum pada produk sabun atau kosmetik. Daun sage juga dipercaya bisa menjadi satu di antara cara mengatasi telapak tangan yang sering berkeringat.

8. Kentang

Cara mengatasi tangan bekeringat selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kentang. Caranya cukup mudah Anda lakukan di rumah.

Ambil potongan kentang dan gosokkan pada telapak tangan Anda yang berkeringat. Diamkan beberapa saat pada kulit dan basuh setelah itu.

9. Jus Tomat

Mengonsumsi jus tomat bisa memberikan dampak menyejukkan bagi tubuh, yang otomatis akan membuat Anda berkeringat lebih sedikit. Minum setiap hari atau bisa juga dengan mencelupkan telapak tangan Anda ke dalam jus tersebut.

Jus tomat mengandung sodium yang bisa mengontrol kelenjar keringat.

 

Sumber: timesofindia.indiatimes.com

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer