Sukses


10 Manfaat Kafein bagi Kesehatan, Pahami Porsinya

Bola.com, Jakarta - Sebagian besar orang pasti familiar dengan kata kafein? Ya, zat yang familiar dengan kopi ini dikenal sebagai penghilang rasa kantuk bagi tubuh.

Selain kopi, zat kafein juga terkandung dalam teh. Maka dari itu, kita disarankan untuk membatasi konsumsi teh dan kopi dalam sehari.

Kondisi tersebut dilakukan agar tubuh tak mengalami efek samping seperti insomnia atau kesulitan tidur, gelisah, perasaan khawatir, gangguan lambung, denyut nadi lebih cepat, dan tremor atau tubuh gemetar.

Sebagian besar ahli menyarankan untuk membatasi konsumsi kafein di bawah 400 miligram dalam sehari. Karenanya, mengonsumsi kafein sebanyak 200-300 miligram atau setara dengan 2-4 gelas kopi per hari masih dikategorikan aman untuk orang dewasa yang sehat secara fisik.

Meski memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebih, kafein tetap memiliki manfaat bagi tubuh. Manfaat tersebut bisa diraih dengan porsi yang tepat.

Berikut manfaat kafein bagi kesehatan, dinukil dari Klikdokter, Senin (11/10/2021).

2 dari 6 halaman

Manfaat Kafein bagi Kesehatan

1. Membantu Meningkatkan Energi

Kafein yang terserap ke dalam aliran darah akan ‘mengalir’ ke otak. Di dalam otak, senyawa tersebut akan menghambat neurotransmiter adenosin inhibitori.

Karena kondisi itu, neurotransmitter lain seperti dopamin dan norepinefrin akan meningkat jumlahnya. Efek dari kondisi ini adalah perasaan senang, dan tubuh lebih berenergi serta fokus.

2. Meningkatkan Fungsi Otak dan Daya Ingat

Sebuah studi menunjukkan, konsumsi kafein dengan jumlah yang tepat bisa membantu meningkatkan keterampilan berpikir.

Selain itu, penelitian lain dari Universitas John Hopkins juga menyatakan bahwa konsumsi kafein setelah belajar bisa membantu meningkatkan memori jangka panjang.

3 dari 6 halaman

Manfaat Kafein bagi Kesehatan

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Konsumsi kafein diklaim dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh sebanyak 3 hingga 11 persen.

Klaim tersebut didukung oleh studi lain yang menyebut bahwa kafein dapat mengoptimalkan proses pembakaran lemak hingga 10 persen pada individu obesitas, dan 29 persen pada orang bertubuh kurus.

4. Meningkatkan Performa saat Berolahraga

Kafein bekerja dengan cara menstimulasi sistem saraf. Tak heran, senyawa ini dapat membuat Anda lebih bertenaga kala berolahraga.

Selain itu, mengonsumsi kafein secukupnya 1 atau 1,5 jam sebelum olahraga juga bisa meningkatkan proses pembakaran lemak.

4 dari 6 halaman

Manfaat Kafein bagi Kesehatan

5. Mengatasi Sakit Kepala

Mampu meredakan sakit kepala menjadi salah satu manfaat kafein di dalam bidang medis.

Kafein telah lama digunakan sebagai kombinasi obat anti nyeri, yang digunakan sebagai terapi sakit kepala tension maupun migrain.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Beberapa studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein secara rutin bisa menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer.

5 dari 6 halaman

Manfaat Kafein bagi Kesehatan

7. Memperbaiki Suasana Hati dan Mencegah Depresi

Karena memiliki efek stimulan, konsumsi kafein secukupnya dapat membuat Anda merasa lebih tenang dan senang.

Sebuah studi di Harvard University, Amerika Serikat,  pada tahun 2011 mendapati bahwa wanita yang mengonsumsi 4 atau lebih cangkir kopi dalam sehari memiliki kemungkinan 20 persen lebih rendah untuk mengalami depresi.

Studi lain dengan lebih dari 200 ribu partisipan juga menunjukkan hasil serupa. Studi tersebut menyebut, partisipan yang rutin mengonsumsi kafein dari kopi sebanyak 4 cangkir atau lebih memiliki 53 persen kemungkinan lebih rendah untuk bunuh diri karena depresi.

8. Menurunkan Risiko Kanker

Kafein merupakan antioksidan yang kuat. Senyawa ini dapat berguna untuk mencegah kerusakan se-sel tubuh, yang nantinya bisa berkembang menjadi penyakit kronis seperti kanker.

Beberapa penelitian pun menunjukkan, orang yang rutin mengonsumsi kafein secukupnya cenderung memiliki risiko lebih rendah untuk terserang kanker.

Beberapa jenis kanker yang dimaksud, yaitu kanker hati, kanker kolorektal, dan kanker kulit.

6 dari 6 halaman

Manfaat Kafein bagi Kesehatan

9. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes Tipe 2

Kafein yang dikonsumsi secara rutin dan dengan porsi secukupnya juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Hal tersebut diduga berhubungan dengan kandungan antioksidan pada kafein.

10. Melindungi Organ Hati

Sirosis hati termasuk sebagai penyebab kematian terbanyak di dunia. Menariknya, suatu studi yang dipublikasikan di Journal of Hepatology menyebut bahwa risiko kondisi tersebut bisa diturunkan dengan mengonsumsi kafein dari kopi.

 

Sumber: Klikdokter (Published: 21/7/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer