Sukses


7 Cara Menjaga Kesehatan Mental dan Imun di Masa Pandemi COVID-19

Bola.com, Jakarta - Kesehatan mental menjadi perhatian penting di masa pandemi COVID-19. Seperti diketahui, virus corona SARS-CoV-2 tidak hanya mengancam kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental setiap individu.

Itulah mengapa, penting untuk mempertahankan kesehatan mental guna bisa menjaga imun sehingga terhindar terpapar virus corona SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Meski, masalah kesehatan mental bagi yang terkena dampak pandemi COVID-19 bisa jadi tidak dapat dihindari.

Namun, memiliki kesadaran menjaga kesehatan mental agar tetap sehat sama pentingnya dengan mempertahankan kesehatan fisik, selain berguna demi terhindar dari terinfeksi COVID-19.

Kesehatan mental penting karena antara kesehatan mental dan kesehatan fisik adalah dua hal yang saling menunjang satu dengan lainnya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda praktikkan untuk menjaga kesehatan mental dan imun di masa pandemi COVID-19. Cara-CARA tersebut bisa Anda lakukan di rumah.

Berikut ini rekomendasi cara menjaga kesehatan mental dan imun di masa pandemi COVID-19, dilansir dari laman covid19.go.id, Selasa (12/10/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Mental dan Imun di Masa Pandemi COVID-19

1. Olahraga Teratur

Dengan melakukan olahraga teratur akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh dan pikiran.

2. Memiliki Orang yang Dapat Dipercaya

Tujuannya untuk bercerita atau mengeluarkan keluh kesah. Jika tidak memiliki orang yang dianggap dapat dipercaya untuk mencurahkan isi hati, dapat menggunakan bantuan profesional seperti psikolog.

3. Bersyukur

Harus disadari mau tidak mau, saat ini Anda memang dalam kondisi pandemi COVID-19. Jangan mengeluh, namun tetap bersyukur karena Anda masih diberikan kesempatan untuk menjalani kehidupan.

4. Komunikasi yang Baik

Bagi yang telah berumah tangga, komunikasi adalah kunci untuk keberlangsungan pernikahan. Baik suami maupun istri harus saling terbuka menyampaikan keinginannya.

Berkomunikasi merupakan hal yang sangat penting bagi keharmonisan rumah tangga, termasuk dengan anggota keluarga yang lain seperti anak.

3 dari 3 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Mental dan Imun di Masa Pandemi COVID-19

5. Meluangkan Waktu Istirahat

Dengan adanya sistem kerja Work From Home (WFH) tidak dapat dimungkiri jam kerja menjadi tidak teratur. Banyak yang harus bekerja hingga malam. Untuk itu, harus dibuat jadwal yang tepat agar waktu istirahat teratur dan tetap dapat melakukan kegiatan lainnya bersama keluarga.

6. Pola Makan yang Baik

Untuk menjaga imun agar tetap sehat di masa pandemi COVID-19 juga harus memperhatikan pola makan yang baik dan benar. Konsumsi buah dan sayur serta hindari makanan cepat saji.

7. Vitamin

Terakhir, melengkapi asupan dan gizi dengan mengonsumsi vitamin sesuai kebutuhan masing-masing individu.

 

Sumber: covid19.go.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer