Sukses


Head to Head Semifinal Piala Thomas 2020 : Indonesia Dominan atas Denmark, tapi...

Bola.com, Jakarta - Tim bulutangkis Indonesia berhasil lolos ke semifinal Piala Thomas 2020 usai menyingkirkan Malaysia dengan skor 3-0 hari Jumat (15/10/2021).

Hasil ini membuat Indonesia akan melawan Denmark di semifinal. Viktor Axelsen dan kawan-kawan lolos ke semifinal setelah mengalahkan India lewat skor 3-1.

Bagaimana kans Indonesia mengalahkan Denmark pada partai semifinal nanti? Berbicara head to head, Anthony Ginting dan kawan-kawan begitu dominan.

Sepanjang sejarah Piala Thomas, Indonesia sudah bertemu Denmark sebanyak 13 kali dan hasilnya kita menang sebelas kali plus hanya menelan kekalahan dua kali.

Hanya saja yang patut jadi sorotan, dua pertemuan terakhir, Indonesia selalu kalah dari Denmark. Masih lekang dalam ingatan bagaimana Dennmark mengandaskan Indonesia dengan skor 3-2 ketika bertemu di final Piala Thomas 2016.

Lalu Denmark kembali menang atas Indonesia saat bersua di semifinal Piala Thomas 2004. Kala itu skor juga sama, Indonesia kalah 2-3.

2 dari 3 halaman

Denmark Kuat di Tunggal Putra

Baik Indonesia dan Denmark sama-sama sudah merasakan titel juara Piala Thomas. Indonesia sudah juara sebanyak 13 kali, sementara Denmark baru sekali juara.

Meski dari sisi titel juara, Indonesia lebih dominan, namun kekuatan terkini, Denmark merupakan tim yang sangat kuat, utamanya pada sektor tunggal.

Kini Denmark punya dua nama tunggal putra yang begitu kuat di dalam diri Viktor Axelsen dan Anders Antonsen. Keduanya kini menempati posisi 2 dan 3 dunia.

Di belakang keduanya juga ada Rasmus Gemke yang juga tidak bisa dianggap remeh. Pemain berusia 24 tahun ini sedang menempati posisi 12 dunia.

Nama-nama di atas bakal jadi lawan kuat buat Anthony Ginting dan kawan-kawan. Tidak bisa dimungkiri, potensi pertemuan antara Anthony Ginting dan Viktor Axelsen pada match pertama bakal sangat penting untuk kedua tim.

3 dari 3 halaman

Indonesia Unggul Sektor Ganda Putra

Meskipun begitu, Indonesia di atas kertas lebih kuat dari Denmark pada sektor ganda putra pada pertandingan semifinal Piala Thomas 2020.

Denmark memang punya Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, namun di bawah keduanya, mereka hanya akan menurunkan ganda putra di luar posisi 50 dunia.

Tentu nama-nama ganda putra Indonesia seperti Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo atau Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bisa mendapatkan poin.

Kunci kemenangan Indonesia jika ingin lolos ke final adalah mencuri satu poin dari sektor tunggal dan sapu bersih pada sektor ganda putra. Terlihat sederhana, tapi tentu perjuangan Anthony Ginting dan kawan-kawan tidak akan mudah.

Video Populer

Foto Populer