Sukses


5 Cara Perawatan Kulit Sensitif di Rumah, Kenali Ciri-Cirinya

Bola.com, Jakarta - Sebagian orang memiliki kulit sensitif. Kondisi ini membuat pemilik kulit sensitif harus berhati-hati dalam melakukan perawatan kulit.

Kulit sensitif ditandai dengan munculnya gejala kemerahan, gatal, rasa panas dan terbakar, serta kulit terasa kering.

Ciri lainnya dapat berupa tidak tampak adanya pori-pori, namun kulit cenderung kasar, kadang kemerahan, banyak garis kerutan di area wajah saat kulit ditarik, dan mudah tampak debu putih (yang merupakan lepasnya lapisan kulit teratas) saat kulit digores pelan.

Penyebab utama kulit sensitif adalah faktor genetika. Namun, ada beberapa kejadian, kulit sensitif terjadi karena pengaruh dari lingkungan, seperti penggunaan produk-produk kosmetik atau obat-obatan tertentu.

Pengunaan produk kosmetik dan obat tertentu yang tak cocok di kulit akan menimbulkan peradangan. Maka itu, pemilik kulit sensitif wajib meningkatkan kewaspadaannya.

Selain itu, pemilik kulit sensitif harus menghindari penggunaan produk kosmetik maupun perawatan kulit yang berganti-ganti. Jenis dan dosis bahan aktif dalam produk perawatan kulit yang digunakan pun harus Anda tentukan dengan saksama.

Itulah mengapa, berkonsultasi dengan dokter kulit menjadi hal yang wajib demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Sembari berkonsultasi dengan dokter, ada beberapa cara yang bisa Anda coba di rumah untuk perawatan kulit sensitif.

Berikut cara perawatan kulit sensitif di rumah, dinukil dari Klikdokter, Kamis (21/10/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Perawatan Kulit Sensitif

1. Gunakan Pelembap

Kekeringan adalah musuh utama kulit sensitif. Maka itu, rajinlah dalam mengoleskan pelembap. Pelembap yang murni, yakni tanpa parfum dan bahan pengawet, adalah pilihan yang paling baik untuk Anda.

Bila dibutuhkan, ulangi penggunaannya beberapa kali dalam sehari. Bahan dasar yang baik untuk melembapkan tubuh, misalnya minyak zaitun, minyak jojoba, urea, asam hialuronat, dimetikon, gliserin, lanolin, dan petrolatum.

2. Hindari Cuci Muka dengan Air Hangat

Pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari proses mencuci muka dengan air hangat. Penggunaan air hangat cenderung menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Ingat, kekeringan akan makin meningkatkan gejala kulit sensitif.

3 dari 3 halaman

Cara Perawatan Kulit Sensitif

3. Selektif Memilih Sabun Wajah

Sabun wajah yang dipilih sebaiknya memiliki pH normal kulit, yaitu sekitar 5,5. Durasi mencuci wajah pun jangan terlalu lama. Selanjutnya, usap kulit wajah dengan perlahan dan lembut. Pembersihan wajah dengan scrub juga sebaiknya dihindari karena dapat mengiritasi kulit sensitif.

4. Hindari Paparan Ultraviolet Berlebih

Hindari paparan sinar ultraviolet berlebihan. Gunakan krim tabir surya (krim yang mengandung SPF/Sun Protection Factor) secara teratur.

5. Cukupi Nutrisi Harian

Perbanyak konsumsi air putih serta rutin makan buah dan sayuran yang mengandung vitamin yang berguna untuk kesehatan kulit, seperti vitamin A, C dan E.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 16/4/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer