Sukses


12 Cara Mengusir Bad Mood, Ampuh dan Tanpa Efek Samping

Bola.com, Jakarta - Bad mood atau suasana hati yang buruk merupakan perasaan yang menjadi bagian dari hidup dan umum dialami oleh siapa saja. Ketika orang mengalami bad mood akan menjadi mudah tersinggung, merasa marah atau sedih tanpa alasan jelas.

Ada beberapa orang bisa mengatasi bad mood dengan baik. Namun, ada juga beberapa yang tidak bisa mengatasi bad mood dan membuat orang menjadi tak nyaman berada di dekatnya.

Suasana hati yang buruk atau bad mood bisa menimbulkan stres kronis dan menganggu aktivitas jika tak diobati. Dengan memperbaiki suasana hati, Anda bisa menjadi pribadi yang lebih tenang.

Ada beberapa cara menghilangkan bad mood yang bisa Anda coba. Selain menghilangkan bad mood, cara-cara tersebut juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh.

Berikut cara mengusir bad mood yang ampuh dan nyaman, dinukil dari Klikdokter, Jumat (22/10/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Mengusir Bad Mood

1. Mengakui Apa yang Dirasakan

Menekan suasana hati yang buruk memang sangat sulit. Alih-alih mencoba mengubur emosi negatif Anda, sadari apa yang Anda rasakan dan luapkan.

Jika Anda tidak mengakui dan hanya memendam suasana hati yang buruk, hal tersebut dapat merugikan dan membahayakan kondisi kesehatan. Anda bisa menjadi kesepian dan mengalami stres fisik.

2. Cukup Tidur

Tidur dan suasana hati berjalan beriringan. Jika waktu tidur kurang, itu dapat mengganggu performa kerja dan cara berpikir pada hari berikutnya. Dampaknya, Anda berisiko tinggi mengalami bad mood.

Tidurlah selama 8,5 jam hingga 9,5 jam per hari agar fisik dan psikis menjadi lebih fit dan tenang. Ciptakan lingkungan kamar tidur yang tenang, gelap, dan rapi untuk membantu Anda tidur.

3. Berolahraga

Berolahraga bisa menjadi cara menghilangkan bad mood. Bersepeda, lari, jalan cepat, bermain basket, atau bermain bulu tangkis bisa Anda lakukan agar suasana hati yang buruk jadi menghilang.

Sebab, olahraga membuat tubuh memompa aliran darah lebih cepat dan melepaskan hormon 'bahagia' yang dapat membantu mengatasi bad mood. 

3 dari 5 halaman

Cara Mengusir Bad Mood

4. Mendengarkan Musik

Hidup tanpa musik rasanya hampa. Nyalakan atau putar musik yang Anda suka dan nikmati waktu bersantai untuk mengusir suasana hati yang buruk. 

Dengarkanlah lagu-lagu yang memberi Anda semangat, jangan mendengarkan lagu galau, yang justru dapat membuat Anda jadi lebih sedih dan bad mood.

5. Curhat (Mencurahkan Isi Hati)

Cara menghilangkan bad mood berikutnya adalah dengan melakukan curhat kepada siapa pun yang Anda percaya. Jangan takut untuk menceritakan masalah Anda karena hanya akan menjadi penyakit bagi tubuh.

Berbicara dengan orang terdekat akan membantu Anda melihat suatu masalah dari perspektif yang berbeda dan menjadi suatu sarana untuk menyalurkan emosi Anda.

Selain keluarga dan teman, bantuan medis profesional seperti psikolog juga bisa menjadi pilihan untuk Anda mencurahkan isi hati. 

6. Beribadah

Cara menghilangkan bad mood yang satu ini sering kali dilupakan. Padahal, mendekatkan diri kepada Sang Pencipta akan membawa Anda merasa lebih tenang dan nyaman. Maka itu, jangan lupa untuk selalu beribadah meminta petunjuk dan kemudahan.

Selain itu, jika Anda menyalahkan semuanya dan merasa tidak adil, coba untuk selalu bersyukur dan berdamai dengan diri sendiri untuk membantu melegakan rasa bad mood.

4 dari 5 halaman

Cara Mengusir Bad Mood

7. Keluarkan Isi Hati

Menangis dapat membantu Anda menyalurkan emosi. Jadi, jangan malu untuk menangis jika mengalami masalah yang berat.

Selama masih dalam batas wajar dan terkontrol, menangis akan membantu Anda melepaskan kegelisahan dalam hati. Namun, jika terlalu berlebihan malah dapat membawa Anda ke fase masalah kesehatan yang lebih berat.

8. Kurangi Mengonsumsi Kafein

Mengurangi konsumsi kafein juga menjadi satu di antara cara menghilangkan bad mood. Mengonsumsi kafein secara berlebihan, apalagi pada malam hari, dapat membuat Anda terjaga sepanjang malam dan waktu tidur pun berkurang.

Mencukupi waktu tidur sangat bermanfaat untuk mengatasi bad mood. Maka itu, hindari konsumsi teh, kopi, cokelat, atau makanan dan minuman berkafein lainnya secara berlebihan saat malam hari.

9. Konsumsi Makanan yang Baik untuk Mood

Makanan yang masuk berdampak terhadap cara berpikir dan perasaan Anda. Jadi, pastikan untuk makan makanan yang seimbang, kaya nutrisi, dan rendah lemak jenuh. Makanan tersebut secara tidak langsung membuat suasana hati stabil dan bad mood pun bisa hilang.

Beberapa makanan yang dinilai ampuh memperbaiki mood dan mencegah depresi adalah ikan, kacang-kacangan, dan makanan yang mengandung probiotik.

5 dari 5 halaman

Cara Mengusir Bad Mood

10. Mengurangi Alkohol

Banyak yang mengira minum alkohol merupakan cara cepat untuk melepaskan diri dari suasana hati yang buruk. Maka itu, banyak orang memilih mengonsumsi alkohol sebagai pelampiasan untuk mengatasi mood yang buruk

Padahal, alkohol dapat membuat banyak gejala bad mood Anda terasa jauh lebih buruk. Tidak hanya itu, mengonsumsi alkohol juga berpotensi menimbulkan perilaku berisiko dan keputusan buruk yang dapat berdampak jangka panjang.

11. Tingkatkan Kehidupan Sosial

Ketika sedang bad mood, jangan menyimpan dan memendam perasaan tersebut sendiri. Hal itu justru dapat menjadi racun yang berdampak bagi kesehatan tubuh.

Cobalah untuk keluar berkumpul bersama teman atau bergabung dalam kegiatan kelompok yang dapat meningkatkan interaksi sosial satu sama lain.

12. Berpikir Optimistis

Ketika mengalami kejadian buruk seperti putus dengan pacar atau pekerjaan tidak selesai, orang pesimis cenderung menganggap seperti dunia akan segera berakhir. Sedangkan orang optimis akan berusaha mencari cara untuk keluar dari masalah tersebut.

Itulah mengapa, menghilangkan bad mood juga harus dilakukan dengan cara berpikir optimistis. Untuk mengatasi bad mood, coba fokus pada kendali yang Anda miliki. 

Anda juga bisa bersikap realistis tentang seberapa besar pengaruh bad mood dalam hidup jika dibiarkan berlarut-larut.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 11/3/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer