Sukses


Begini Cara Mencegah Penularan COVID-19 di Musim Hujan

Bola.com, Jakarta - Sebagian besar wilayah Indonesia sudah mulai diguyur hujan sejak akhir Oktober 2021. Pandemi COVID-19 berbarengan dengan musim hujan, tentu memengaruhi kehidupan manusia dan memunculkan kekhawatiran infeksi akan lebih cepat menular saat cuaca lembap.

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban, mengatakan bahwa memang ada beberapa penelitian yang menunjukkan hujan memudahkan penyebaran virus corona.

Satu di antara penelitian Chinese Academy of Medical Sciences yang menemukan virus corona SARS COV-2 lebih mudah menyebar pada kadar kelembapan 75 persen. Hasil serupa ditunjukkan dari penelitian Alan Evangelista, seorang profesor mikrobiologi dari rumah sakit St. Christopher di Philadelphia.

"Ketika udara makin lembap dan makin banyak airnya, droplet yang mengandung virus akan lebih mudah menyebar," kata Zubairi, dikutip dari tulisannya di Twitter, Kamis (16/9/2021).

Tentu kita harus tetap waspada agar tidak tertular virus corona SARS-CoV-2 maupin berbagai penyakit lainnya.

Pasalnya, cuaca ekstrem yang tak terduga akan membuat imunitas tubuh menjadi menurun sehingga seseorang menjadi lebih mudah terserang penyakit. Untuk itu, masyarakat perlu tahu cara mencegah penularan COVID-19 pada musim hujan.

Dirangkum dari akun Instagram resmi Satuan Tugas Penanganan COVID-19, @satgascovid19.id, Senin (25/10/2021), berikut cara mencegah penularan COVID-19 pada musim hujan.

2 dari 2 halaman

Tetap Waspada Agar Tidak Tertular

  • Pastikan mengganti masker yang sudah basah. Sebab, masker menjadi tidak efektif jika dalam keadaan lembap. 
  • Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Bersihkan lingkungan agar tidak terjadi banjir. 
  • Saat banjir, banyak penyakit yang dapat menyerang seperti demam berdarah, diare, dan penyakit kulit.
  • Penyakit ini dapat menurunkan imunitas tubuh. Protokol kesehatan wajib dilakukan untuk menekan penularan.

Video Populer

Foto Populer