Sukses


Ribuan Pebulutangkis Muda Bersaing Perebutkan Rp 270 Juta di YUZU Isotonic Akmil Open 2021

Bola.com, Jakarta - Ribuan pebulutangkis muda Indonesia akan tampil di turnamen bulutangkis YUZU Isotonic Akmil Open 2021. Kegiatan ini merupakan bagian dari perayaan HUT Akademi Militer TNI AD ke-64.

YUZU Isotonic Akmil Open 2021 akan digelar pada Kamis (28/10/2021) sampai Minggu (7/10/2021). Turnamen bulutangkis ini diselenggarakan di dua venue yakni GOR Djarum Magelang dan GOR Soeroto Akademi Militer.

Turnamen ini akan mempertandingkan 24 kategori baik putra dan putri dari berbagai kelompok umur yakni U-11 (tunggal), U-13 (tunggal), U-15 (tunggal, ganda dan ganda campuran), U-17 (tunggal, ganda dan ganda campuran), U-19 (tunggal, ganda & ganda campuran), serta dewasa (tunggal, ganda dan ganda campuran).

"YUZU Isotonic Akmil Open 2021 menjadi wadah bagi atlet muda dalam menyalurkan bakat dan kemampuannya di dunia bulu tangkis," kata Head of Marketing YUZU ISOTONIC, Bambang Hartono, dalam konferensi pers virtual.

"Semoga para atlet yang berpartisipasi merasa lebih termotivasi untuk tidak hanya berani bermimpi tetapi juga berani untuk mewujudkan mimpinya dan meraih prestasi setinggi-tingginya, khususnya di cabang bulutangkis," lanjutnya.

Sementara itu, Gubernur Akademi Militer, Mayor Jenderal TNI Candra Wijaya, menyambut antusias turnamen bulutangkis YUZU Isotonic Akmil Open 2021. Menurut Candra Wijaya, turnamen ini bisa menjadi wadah pencarian bakat baru di dunia bulutangkis Indonesia.

"Bulutangkis merupakan olahraga yang dicintai masyarakat dan telah membawa harum nama bangsa di mata dunia. Atas dasar hal tersebut, sudah selayaknya kita memutar kembali kompetisi di level nasional," ujar Candra. 

"Hal itu guna mempersiapkan atlet-atlet muda berbakat agar tetap mampu bersaing dengan negara kuat lainnya seperti China, Malaysia, Denmark, hingga Korea yang selama ini mendominasi bulutangkis tingkat dunia," ucap Candra.

Hingga saat ini, total pendaftar mencapai 1482 peserta untuk seluruh kategori. Sejumlah klub besar bulutangkis di Indonesia turut ambil bagian dalam turnamen ini seperti PB Djarum, Exist Badminton Club, PB Jaya Raya, hingga PB Mutiara Cardinal.

2 dari 3 halaman

Prokes Ketat

Ketua Panitia Pelaksana YUZU Isotonic Akmil Open 2021, Lius Pongoh, memastikan pihaknya akan melakukan disiplin protokol kesehatan ketat dalam penyelenggaraan YUZU Isotonic Akmil Open 2021. Langkah itu dilakukan agar turnamen ini tak menjadi klaster baru penyebaran COVID-19.

"Turnamen ini akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan mewajibkan setiap peserta melampirkan hasil tes swab antigen sebelum memasuki arena," tegas Lius Pongoh. 

"Selalu memakai masker saat tidak bertanding, menyediakan berbagai fasilitas cuci tangan dan memastikan tidak ada kerumunan di area GOR Djarum Magelang maupun GOR Soeroto Akmil untuk menghindari potensi penyebaran virus corona," lanjutnya.

Pertandingan YUZU Isotonic Akmil Open 2021 akan digelar secara tertutup alias tanpa penonton. Seluruh pertandingan akan disiarkan secara live streaming melalui akun YouTube PB Djarum.

3 dari 3 halaman

Sinyal Positif

Ketua Pengprov PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf, mengatakan tingginya antusiasme para atlet  mengikuti kejuaraan ini merupakan sinyal positif mempertahankan dan memperkuat ekosistem bulu tangkis nasional.

Basri juga berharap turnamen ini dapat menjadi awal dimulainya kejuaraan-kejuaraan lain di Indonesia supaya prestasi bulu tangkis Indonesia di kancah dunia dapat terus berkembang.

"Meskipun masih di tengah kondisi pandemi COVID-19, para atlet muda di Tanah air harus terus diberikan kesempatan untuk meningkatkan kualitas bertandingnya," ucap Basri Yusuf.

"YUZU Isotonic Akmil Open 2021 ini bisa kembali menjadi awal ajang regenerasi atlet bulu tangkis berkualitas di Indonesia, setelah sebelumnya sempat terhenti karena pandemi," ujar Basri Yusuf.

Video Populer

Foto Populer