Sukses


Pocari Sweat Run Indonesia 2021, Contoh Sukses Ajang Lari Hybrid di Masa Pandemi

Bola.com, Jakarta Situasi pandemi yang masih melanda negeri ini mendorong sejumlah pihak untuk lebih kreatif dalam mengemas sebuah event. Setelah sukses dengan ajang lari secara virtual tahun lalu, PT Amerta Indah Otsuka menggelar ajang lari Pocari Sweat Run Indonesia 2021 secara hybrid (offline dan online) pada Minggu (24/10/2021).

Hasilnya, event lari hybrid yang berpusat di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat ini berlangsung dengan sukses. Kesuksesan acara ini ditandai dengan jumlah peserta yang begitu besar. Sehingga, mengantarkan Pocari Sweat Run Indonesia 2021 meraih predikat Lomba Lari Hybrid dengan Peserta Terbanyak di Indonesia dari MURI.

Sejumlah atlet, publik figur hingga pejabat pemerintah turut unjuk kemampuan dalam berlari. Diantaranya Agus Prayogo (Atlet lari nasional) Sahila Hisyam (Selebriti), Najwa Shihab (Co-Founder Narasi), Bima Arya (Wali Kota Bogor), Hengky Kurniawan (PLT Bupati Bandung Barat), Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), dan Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif).

Pelaksanaan kegiatan lari secara offline menerapkan protokol kesehatan ketat. Pelari yang ikut adalah mereka yang sudah menerima vaksin Covid-19 dosis kedua, memiliki hasil swab negatif Covid-19 dan terverifikasi aplikasi Peduli Lindungi.

2 dari 3 halaman

Kampanye #SafeRunning

Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka, Puspita Winawati mengatakan, Pocari Sweat Run Indonesia 2021 yang sudah memasuki tahun ke delapan ini sejatinya sebagai bentuk konsistensi untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dengan rajin berolahraga, salah satunya dengan berlari.

"Kampanye #saferunning juga konsisten diusung setiap tahun dan tentunya di tahun ini, penyelenggaraan kegiatan Pocari Sweat Run Indonesia 2021 mengedepankan keselamatan para pelari dengan mengadaptasi protokol kesehatan yang sangat ketat,” ujar Puspita.    

Sebagai antisipasi mencegah terjadinya kerumunan, gelaran lari offline tidak hanya dilakukan di dua lokasi berbeda tapi juga start secara bertahap. Pelepasan pelari dilakukan maksimal 50 orang di setiap kelompok dengan jeda waktu sekitar 3 menit.

Setelah selesai berlari, tidak ada acara hiburan secara offline seperti tahun-tahun sebelumnya. Pelari diwajibkan untuk tidak berkerumun dan menjaga jarak.

Kegiatan di offline ini pun bisa dirasakan langsung secara online. Real-time flag-off untuk 3 zona waktu Indonesia secara khusus diselenggarakan untuk mengakomodir pelari dari Aceh hingga Papua.

3 dari 3 halaman

Percontohan Event-Event Hybrid Lain

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil berharap perhelatan Pocari Sweat Run bisa menjadi percontohan bagi event-event lain. Hanya saja, dalam penyelenggaraannya wajib menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Gelaran ini bisa menjadi contoh untuk event-event lain. Bagaimana event olahraga dapat digelar secara offline dan online dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tetap produktif di tengah pandemi," kata Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.

Gelaran Pocari Sweat Run Indonesia 2021 yang berlangsung aman dan sukses ini juga mendapatkan apresiasi dari Menteri Sandiaga Uno.

Menurutnya, Pocari Sweat Run Indonesia 2021 bisa menjadi contoh untuk event-event lain. Sebuah event olahraga dapat digelar secara offline dan online dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Konsep hybrid yang diusung pocari sweat run indonesia 2021 memberikan wadah untuk pelari bisa berlari dari mana saja termasuk lokasi-lokasi wisata terbaik karena Indonesia kaya akan tempat-tempat yang bisa digunakan mendukung sport tourism,” ujar Sandiaga Uno.

Mengikuti Pocari Sweat Run Indonesia 2021 ternyata juga menjadi pengalaman baru bagi atlet lari nasional kebanggaan Jawa Barat dan peraih medali emas pada PON XX Papua, Agus Prayogo.

“Meskipun dengan protokol kesehatan yang ketat, tapi saya bangga, para pelari hari ini mau mematuhi aturan yang ditetapkan sebagai cara lomba lari offline yang baru,” ujarnya.

Live Streaming di Vidio

Gelaran Pocari Sweat Run Indonesia 2021 disiarkan secara live streaming di Vidio.com dan turut dimeriahkan dengan penampilan Kahitna yang dapat disaksikan secara online. Acara ditutup dengan lucky draw dan pengumuman para pemenang.

Juara pertama untuk kategori Maraton meraih hadiah Rp20 juta, diikuti juara kedua dengan hadiah Rp16 juta dan juara ketiga dengan Rp12 juta. Sedangkan juara pertama kategori Half Maraton meraih Rp10 juta, diikuti juara kedua dengan hadiah Rp8 juta dan juara ketiga sebesar Rp6 juta.

Pada kategori lari 10K, juara pertama meraih hadiah Rp7 juta. Untuk juara kedua dan ketiga, masing-masing memperoleh Rp5 juta dan Rp3 juta.

Kesuksesan Pocari Sweat Run Indonesia 2021 bisa terwujud tentu tak lepas dari kolaborasi dengan Kemenparekraf RI, Pemprov Jabar, Pemkot Bandung, dan Pemkab Bandung Barat serta banyaknya dukungan sponsor, seperti Astra Life, Mizuno, Alfamart, Sony, Garmin, Bank BJB, Oakley, Soyjoy, Dettol, Eminence, dan Runhood. Lebih lanjut, kamu bisa cek langsung keseruan acara Pocari Sweat Run Indonesia 2021 di sini.

 

(*)

Video Populer

Foto Populer