Sukses


Cara Merekam Meeting di Google Meet tanpa Perlu Aplikasi Tambahan

Bola.com, Jakarta - Di tengah pandemi COVID-19, hadir beragam aplikasi video conference jarak jauh yang memudahkan siapa saja untuk menggelar rapat daring (online) dari rumah.

Satu di antara aplikasi video conference yang banyak digunakan para pekerja di perusahaan yaitu Google Meet. Google Meet memungkinkan pengguna melakukan panggilan video hingga 250 pengguna lainnya per pertemuan.

Bahkan, siaran langsung telekonferensi ini bisa ditonton hingga 100 ribu penonton dengan satu domain. Kendati demikian, terkadang para pengguna berkeinginan merekam jalannya pertemuan.

Dengan merekamnya, kita bisa memutar kembali untuk menyimak informasi yang sudah disampaikan saat meeting. Hal ini bertujuan untuk mencatat kembali informasi yang mungkin terlewat saat rapat online berlangsung.

Lalu, bagaimana cara merekam meeting di Google Meet tanpa perlu aplikasi tambahan dengan mudah?

Berikut ini panduan cara merekam meeting di aplikasi video conference Google Meet tanpa perlu aplikasi tambahan, dilansir dari laman Faristekno, Kamis (4/11/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Merekam Meeting di Google Meet

Perlu diketahui, hanya PC saja yang dapat merekam ruang rapat di Google Meeting. Oleh sebab itu, bila Anda memakai Google Meet di smartphone, hanya dapat melihat apakah meeting yang sedang berlangsung direkam pengguna lain atau tidak.

  • Langkah pertama cara merekam meeting di Google Meet, buka Google Meet via browser atau aplikasi.
  • Mulai rapat terlebih dahulu di dalam sebuah ruangan. Selanjutnya, masuk menggunakan akun Google milik Anda.
  • Jika berhasil masuk, lantas pilih menu Lainnya. Setelah itu langsung klik menu Record Meeting. Dengan demikian, Anda dapat langsung merekam jalannya rapat.
  • Jika ingin berhenti, kembali ke menu Lainnya dan tekan Berhenti. Secara otomatis, video tersebut akan berhenti dan langsung tersimpan di Google Drive.
3 dari 3 halaman

Syarat Dapat Merekam Meeting di Google Meet

Cara merekam meeting di Google Meet sangat mudah, namun harus memenuhi beberapa persyaratan, tidak seperti Zoom yang dapat menyalakan fitur rekam secara langsung.

Aplikasi Google Meet hanya dapat menggunakan fitur record dengan memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu.

Google menetapkan aturan jika hanya beberapa pengguna saja yang dapat menyalakan fitur record, yakni meliputi penyelenggara rapat, bagian penyelenggara rapat, dan terakhir, pembicara yang sudah login melalui akun G-Suit.

 

Sumber: faristekno.com

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer