Sukses


2 Cara Mengganti Nomor WhatsApp tanpa Mengubah Akun dan Kehilangan Isi Chat

Bola.com, Jakarta - WhatsApp ialah aplikasi perpesanan yang berbasis nomor handphone. Satu di antara fitur yang mungkin belum banyak diketahui, tetapi cukup dibutuhkan pengguna adalah fitur mengganti nomor.

Beberapa orang mungkin harus mengubah nomor WhatsApp karena suatu alasan. Dengan fitur ini, Anda bisa sewaktu-waktu mengubah nomor WhatsApp yang telah tidak aktif menggunakan nomor baru.

Namun, ketika hendak mengubah nomor WhatsApp, satu di antara hal yang perlu diperhatikan ialah riwayat percakapan yang ada di nomor lama. Umumnya saat membarui nomor WhatsApp, riwayat tersebut akan terhapus.

Melansir laman resmi WhatsApp, faq.whatsapp.com, menggunakan fitur mengganti nomor ini tak akan mengganti akun si pengguna. Informasi akun, termasuk profil pengguna, grup yang pengguna telah bergabung, serta setelan preferensi pengguna tak akan berubah.

WhatsApp menyampaikan fitur mengganti nomor memungkinkan pengguna membarui nomor telepon yang diasosiasikan dengan akun WhatsApp Anda.

Fitur ini dapat digunakan ketika menggunakan telepon yang sama maupun berganti ke telepon yang baru. Selain itu, fitur ini akan membantu mentransfer semua informasi serta grup pengguna ke nomor yang digunakan.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir kehilangan obrolan sebab WhatsApp menyediakan "Fitur Ubah Nomor".

Berikut ini panduan cara mengganti nomor WhatsApp tanpa mengubah akun dan kehilangan isi chat, dilansir dari faq.whatsapp.com, Selasa (9/11/2021).

2 dari 3 halaman

Mengganti Nomor pada Telepon yang Sama

Jika Anda mengganti nomor dan tetap menggunakan telepon yang sama, terlebih dahulu masukkan kartu SIM dengan nomor yang baru ke ponsel Anda.

  • Buka WhatsApp.
  • Ketuk Opsi lainnya > Setelan > Akun > Ganti nomor > Lanjut.
  • Masukkan nomor telepon lama di bidang pertama dan nomor telepon baru di bidang kedua. Harap pastikan bahwa nomor lama dan nomor baru dalam format internasional lengkap.
  • Ketuk LANJUT.
  • Jika Anda menyalakan "Beri Tahu Kontak", Anda dapat memilih apakah Anda ingin memberitahukan semua kontak, kontak yang berada di daftar chat saya, atau khusus. Jika Anda memilih khusus, Anda perlu mencari atau memilih kontak yang ingin diberi tahu, lalu mengetuk tanda centang.
  • Chat grup anDA akan diberi tahu ketika aNDA mengganti nomor telepon, terlepas dari pilihan Anda untuk memberi tahu kontak.
  • Ketuk Selesai.
3 dari 3 halaman

Mengganti Nomor pada Telepon Baru

Jika hendak mentransfer riwayat chat, Anda perlu membuat cadangan Google Drive pada HP yang lama. Jika tidak membuat cadangan menggunakan Google Drive, Anda perlu mentransfer cadangan secara manual.

Setelah mengganti nomor Anda pada telepon yang lama:

  • Pasang WhatsApp pada telepon baru.
  • Daftarkan nomor telepon yang baru.
  • Pulihkan cadangan.

 

Sumber: faq.whatsapp.com

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer