Sukses


Bawa Harum Nama Indonesia di WEC, IMI Sebut Sean Gelael Pahlawan Motorsport Tanah Air

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengapresiasi pencapaian pembalap Indonesia, Sean Gelael, pada ajang FIA World Endurance Championship (WEC) 2021. Pria yang akrab disapa Bamsoet itu bahkan menyematkan predikat pahlawan motorsport pada Sean Gelael.

Pemberian gelar pahlawan motorsport Indonesia kepada Sean Gelael dilakukan setelah sang pembalap meraih peringkat kedua pada akhir musim FIA World Endurance Championship (WEC) 2021. Sean Gelalel bersama timnya Jagonya Ayam menjadi pembalap yang membawa gelar tertinggi di ajang balap yang diakui FIA itu.

Sean Gelael berhasil mengamankan posisi runner-up dari balapan seri penutup yang digelar di Bahrain, Sabtu (6/11/2021). Sean Gelael yang menjadi rookie berpasangan dengan Tom Blomqvist (Inggris) dan Stoffel Vandoorne (Belgia).

Sean berhasil mencetak sejarah karena langsung naik podium di posisi kedua pada debutnya di Le Mans. Pencapaian itu juga menjadi yang pertama buat pembalap asal Indonesia.

"Saya menganggap Sean Gelael ini pahlawan motorsport Indonesia. Di saat kita kekeringan atlet balap kelas dunia, justru Sean yang merupakan satu-satunya pembalap Tanah Air kini berprestasi bagus," kata Bamsoet dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (10/11/2021).

"Saya menyaksikan sendiri perjuangan Sean Gelael di Le Mans 24H dan Bahrain 4H. Saya melihat dengan mata kepala sendiri perjuangan Sean di atas dan di luar trek sangat total. Dedikasinya sungguh luar biasa," ucap Bamsoet.

FIA World Endurance Championship (WEC) merupakan kejuaraan balapan ketahanan mobil yang sudah dimulai sejak 2012. Pada edisi 2021, WEC hanya melombakan enam seri karena terganggu pandemi COVID-19.

2 dari 3 halaman

Ucapkan Terima Kasih

Sementara itu, Sean Gelael, juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan masyarakat Indonesia. Sean Gelael juga mengapresiasi dukungan penuh yang diberikan oleh IMI.

Sean Gelael sangat mengapresiasi dukungan IMI kepada karier balapnya. Itu dibuktikan dengan kehadiran langsung Ketua Umum IMI, Bamsoet, dan Sekjen IMI, Ahmad Syahroni, saat balapan di Bahrain.

"Saya juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Pak Bambang Soesatyo yang dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum IMI Pusat benar-benar memotivasi saya untuk tampil bagus di atas trek. Totalitas Pak Bambang dinyatakan dengan hadir langsung di dua balapan," ucap Sean Gelael.

"Beliau melihat sendiri bukan hanya bagaimana saya bertarung di atas trek, tapi juga bagaimana sebuah event besar dan legendaris digelar. Untuk FIA WEC, bagi saya tentu saja pencapaian di 24 Hours of Le Mans tak bisa disandingkan dengan apa pun," tegas Sean Gelael.

3 dari 3 halaman

Untuk Indonesia

Sean Gelael mengaku puas dengan pencapaiannya di FIA World Endurance Championship (WEC) 2021. Sean mempersembahkan pencapaian ini untuk Indonesia.

"Saya rookie di sana, yang bahkan saat kali pertama menjajal sirkuitnya saja begitu terkagum-kagum. Apalagi kemudian bisa finis sebagai runner-up. Semua prestasi itu, ditambah status akhir sebagai vice-champion kelas LMP2, saya persembahkan untuk Indonesia," jelas Sean Gelael.

Video Populer

Foto Populer