Sukses


Macam-Macam Gejala Umum Penyakit HIV AIDS yang Patut Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - HIV (Human Immunodeficiency Virus) bisa menginfeksi semua orang dari segala usia. Penyakit HIV ialah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4.

Jika makin banyak sel CD4 yang hancur, daya tahan tubuh pengidap HIV akan melemah sehinga rentan diserang berbagai penyakit dari bakteri, virus, jamur, parasit, dan patogen yang merugikan.

Virus HIV dibagi menjadi dua tipe utama, yaitu HIV-1 dan HIV-2. HIV yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi yang lebih serius atau disebut dengan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome).

AIDS merupakan kondisi stadium akhir dari infeksi HIV. Di kondisi ini, kemampuan tubuh seseorang untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya.

Sebagai informasi, HIV merupakan penyakit seumur hidup. Dengan kata lain, penyakit ini akan menetap di dalam pengidap seumur hidupnya.

Belum ada metode pengobatan untuk mengatasi HIV. Akan tetapi, ada obat yang bisa memperlambat perkembangan penyakit ini. Dengan begitu, bisa meningkatkan harapan hidup pengidap.

Untuk itu, Anda patut waspada dengan penyakit HIV yang bisa melemahkan kondisi sistem imun tubuh. Berikut ini macam-macam gejala umum penyakit HIV dan AIDS yang perlu diketahui, disadur dari Merdeka, Jumat (26/11/2021).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Gejala Umum Penyakit HIV AIDS

- Demam

Gejala awal dari penyakit ini dapat berupa demam ringan, sakit tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Hal ini menjadi tanda bahwa virus tersebut telah memasuki aliran darah dan merusak kekebalan tubuh.

- Kelelahan

Ketika virus tersebut telah memasuki tubuh, itu akan menyerang sel-sel tubuh yang sehat sehingga dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan di dalam tubuh.

- Nyeri Otot

Nyeri otot ini terjadi sebab terjadi peradangan di kelenjar getah bening. Nyeri ini dapat menyerang di sendi dan pangkal paha atau lutut.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Gejala Umum Penyakit HIV AIDS

- Ruam Kulit

Sebuah ruam kulit seperti bisul dan jerawat yang tiba-tiba menyerang tubuh juga dapat menjadi tanda awal dari penyakit ini. Penyakit kulit ini terjadi beberapa saat setelah terinfeksi HIV.

- Mual, Muntah dan Diare

Diare yang terus menerus dan disertai dengan mual dan muntah menjadi tanda terinfeksi penyakit ini.

- Berat Badan Berkurang dan Batuk Kering

Batuk kering dan turunnya berat badan secara drastis merupakan tanda awal penyakit HIV AIDS. Hal ini terjadi karena lagi-lagi disebabkan virus HIV yang mengganggu kesehatan sel tubuh lain.

 

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Febrianti Diah Kusumaningrum. Published: 14/4/2014)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer