Sukses


Tuntaskan Misi Kemanusiaan, Pelari Austria Bagikan 1 Juta Liter Air Bersih ke Sumba Timur

Bola.com, Sumba Timur - Pelari sekaligus seniman asal Austria, Robert Spour, akhirnya menuntaskan misi kemanusiaan dengan mengirimkan 1 juta liter air bersih ke Sumba Timur. Misi itu dituntaskan sesuai dengan janji Robert Spour dan sang istri, bibi Punky.

Air bersih tersebut dikirim menggunakan truk. Selain itu, Robert Spour dan istri juga bekerjasama dengan gerakan kemanusiaan Tupai Pandai untuk membuat sumur air di beberapa desa yang mereka kunjungi.

Pengeboran telah dimulai pada Oktober 2021 dan terwujud berkat kerja sama organisasi Bloom Helps dan TNI AD dari KODAM IX/Udayana. Robert Spour mengaku sangat senang bisa menuntaskan misi kemanusiaannya melalui olahraga, dan berjanji akan menyiapkan sesuatu yang lebih besar lagi tahun depan.

"Ini tahun yang sangat menyulitkan karena banyak persiapan yang kami lakukan. Akan tetapi semua terbayar setelah melihat orang-orang menikmatinya," kata Robert Spour.

"Air luar biasa penting bagi orang-orang. Saya sangat yakin tahun depan kami memilik rencana yang besar lagi," ucap pria yang akrab disapa om Rob itu.

Sementara itu, bibi Punky menyebut pemilihan Sumba Timur sebagai tujuan misi kemanusiaan karena daerah tersebut sangat kekurangan air bersih. Hal itulah yang mendasari keduanya bersemangat melakukan misi kemanusiaan melalui olahraga lari maraton.

"Kenapa kami pilih Sumba Timur karena memang kering banget dan banyak orang yang perlu air bersih di sana. Perasaan saya melihat mereka akhirnya mendapatkan air bersih itu senang campur sedih, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata," ucap bibi Punky.

Robert Spour dan bibi Punky menyelesaikan misi lari maraton dari Jakarta ke Bali pada September 2021. Mereka berlari selama 17 hari dan finis di Bali pada 18 September 2021.

2 dari 3 halaman

Berikan Perubahan

Perwakilan dari Bloom Helps, Andrew, turut bahagia dengan penuntasan misi kemanusiaan yang dilakukan Robert Spour dan istri melalui lari maraton. Menurutnya, pemberian air bersih ini memberikan perubahan bagi masyarakat Sumba Timur.

"Saya senang sekali melihat perubahan yang sudah kami lakukan untuk membangun beberapa sumur air di beberapa daerah di Sumba Timur. Saya cukup terkejut juga akhirnya mereka bisa merasakan air bersih tanpa harus jalan berkilo-kilo meter untuk ambil air dan balik lagi ke desa mereka," ucap Andrew.

"Jadi kami dari Blooms Help akan selalu berusaha untuk berikan yang terbaik buat masyakat yang kurang beruntung. Saya percaya apa yang kami sudah lakukan akan berkembang ke depannya," ucap Andrew.

3 dari 3 halaman

Bukan yang Pertama

Kegiatan mulia semacam ini bukan yang pertama dilakukan Robert Spour. Sebelumnya, dia pernah melakukan misi bersepeda dari Jakarta ke Bali untuk tujuan yang sama.

Robert Spour bahkan sudah tiga kali bersepeda dari Jakarta ke Bali. Misi terakhir itu dituntaskannya pada Maret 2021.

Robert Spour berdonasi di Tupai Pandai yang merupakan gerakan sosial yang dimulai sejak 2017. Tujuan utamanya adalah mengedukasi anak-anak Indonesia tentang pentingnya hidup sehat dan menjaga lingkungan sekitar.

Video Populer

Foto Populer