Sukses


Macam-Macam Teknik Dasar Mengoper dalam Permainan Bola Basket

Bola.com, Jakarta - Bola basket merupakan satu di antara olahraga yang paling populer. Olahraga ini mengedepankan kerja sama tim. Hal ini berarti, semua pemain terlibat dalam jalannya sebuah pertandingan.

Itulah mengapa, dibutuhkan teknik mengoper yang mumpuni. Sebab, mengoper adalah satu di antara hal dasar dalam permainan bola basket.

Pasalnya, operan bisa menentukan strategi dan alur permainan sebuah tim. Kemudian, operan juga bisa mengganggu pergerakan lawan.

Dalam permainan bola basket, pengertian mengoper atau "passing" adalah memberikan (memindahkan) bola kepada rekan satu tim di atas lapangan dengan cara melemparkan bola tersebut.

Lalu, apa saja teknik dasar mengoper dalam permainan bola basket?

Berikut ini macam-macam teknik dasar mengoper dalam permainan bola basket yang wajib dikuasai para pemain, seperti dilansir dari laman Teoripenjas, Selasa (14/12/2021).

2 dari 3 halaman

Teknik Dasar Mengoper dalam Permainan Bola Basket

Menurut Nuril Ahmadi (2007:13) teknik dasar mengoper (passing) dalam bola basket dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Mengoper setinggi dada (chest pass), merupakan teknik dasar melempar yang paling sering digunakan. Karena teknik mengoper ini sangat efektif dalam mengembangkan permainan. Operan ini digunakan untuk lemparan jarak pendek dengan perhitungan kecepatan dan kecermatan. Penerapan dalam permainan, penggunaan chest pass akan efektif digunakan apabila teman satu tim tidak sedang dalam pengawalan ketat dari lawan.
3 dari 3 halaman

Teknik Dasar Mengoper dalam Permainan Bola Basket

  • Mengoper dari atas kepala (overhead pass) adalah operan yang dilakukan dengan posisi bola saat akan dilempar berada diatas kepala. Operan ini biasanya dilakukan oleh pemain yang berpostur tinggi karena gerakan bola di atas kepala melampaui daya raih lawan.
  • Mengoper bola pantulan (bounce pass) adalah operan yang dilakukan dengan cara memantulkan bola ke lantai terlebih dahulu sebelum diterima oleh teman. Operan ini sangat efektif untuk melakukan terobosan-terobosan untuk mengembangkan permainan atau menciptakan peluang untuk memasukkan bola.

 

Sumber: teoripenjas.blogspot.com

Yuk, baca artikel macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer