Sukses


Catat Detailnya! Proliga 2022 Digelar Mulai Januari: Semua Pertandingan Bisa Ditonton di Vidio, O Channel, dan Champions TV

Bola.com, Jakarta - Kompetisi bola voli paling bergengsi di Indonesia, PLN Mobile Proliga 2022, akan digelar mulai 7 Januari di Sentul, Bogor. Sebanyak 11 tim akan ambil bagian di kompetisi tersebut. 

Semua pertandingan Proliga 2022 bisa disaksikan melalui siaran langsung dan live streaming. Bagi Anda yang ingin menonton siaran langsung di O Channel dan Champions, sedangkan live streaming di Vidio.  

Direktur Proliga, Hanny Surkatty, mengatakan persaingan akan berlangsung seru sebab kompetisi yang memasuki tahun ke-20 itu kembali digelar setelah harus terhenti pada semifinal tahun 2019 dan tidak diadakan pada 2021 karena pandemi COVID-19.

"Saya lihat antusiasme dari klub-klub mereka sudah sekitar tiga bulan yang lalu. Karena mereka sudah setahun lebih tidak ikut Proliga ya, jadi semangatnya sangat bagus sekali. Saya yakin pertandingan Proliga ini akan sangat menarik, sangat atraktif, jadi saya yakin bahwa Proliga 2022 ini akan sangat bagus sekali," kata Hanny dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (21/12/2021) seperti dikutip dari Antara.

Secara jumlah, peserta yang mengikuti PLN Mobile Proliga 2022 tidak ada perubahan yakni enam putra dan lima putri. Namun, ada perbedaan dari tim peserta dibanding Proliga 2020.

Pada perhelatan tahun depan, di bagian putra terdapat dua tim baru yaitu Bogor LavAni dan Kudus Sukun Badak. Tim lain yang tidak lagi mengikuti kompetisi ini adalah Jakarta MHS.

Pada bagian putri, terdapat peserta yang kembali berkiprah yaitu Jakarta Elektrik PLN. Tim yang pernah menjuarai Proliga sebanyak enam kali itu absen pada Proliga 2020. Klub milik BUMN itu sudah hadir sebagai peserta pada tahun ketiga Proliga yakni 2004.

Enam tim putra yang akan berlaga di Proliga 2022 adalah Jakarta BNI 46, Surabaya Bhayangkara Samator, Palembang Bank SumselBabel, Jakarta Pertamina Pertamax, serta dua pendatang baru yakni Bogor LavAni dan Kudus Sukun Badak.

Sementara, lima tim putri terdiri atas Jakarta Popsivo Polwan, Bandung bjb Tandamata, Gresik Petrokimia, Jakarta Pertamina Fastron, dan Jakarta Elektrik PLN.

Asisten pelatih Bogor LavAni, Roy Makpal, mengatakan timnya telah melakukan pembinaan dan latihan rutin setiap hari untuk persiapan Proliga 2022. "Tinggal menggabungkan chemistry antara pemain nasional dan pemain luar," ujar dia.

 

 

2 dari 2 halaman

Sistem Semi-Bubble

Kompetisi PLN Mobile Proliga 2022 akan digelar menggunkan sistem semi-bubble sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona.

Hanny Surkatty mengatakan bahwa kompetisi kali ini menggunakan sistem semi-bubble atau pembatasan mobilitas dan interaksi peserta dan penyelenggara acara yang di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto di Sentul, Bogor.

"Sistemnya sistem semi-bubble karena yang ada di sana seluruh panitia mereka tinggal di Sentul. Untuk klub-klub, mereka di luar Sentul tapi sebelum mereka bertanding ada tes sebelum ke lokasi pertandingan," kata Hanny dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Panitia dan klub tidak berada dalam satu lingkungan tempat tinggal, menurut Hanny, dikarenakan keterbatasan tempat yang hanya mampu menampung 200 orang, sehingga hanya tim produksi dan panitia, termasuk wasit, yang tinggal di Sentul.

Meski begitu, Hany menegaskan bahwa pemain yang dapat bertanding harus mengantongi hasil negatif antigen untuk masuk ke lokasi pertandingan. Untuk antisipasi, penyelenggara juga telah bekerja sama dengan rumah sakit setempat dalam hal penanganan kesehatan.

"Proliga 2022 ini yang kita tekankan adalah prokesnya, jadi setiap tim itu mereka harus negatif PCR dan sudah vaksin dua kali, mereka harus sudah punya PeduliLindungi, dan setiap harinya mereka akan kita tes antigen," kata Hanny.

"Kami juga bekerja sama dengan Rumah Sakit EMC yang jaraknya kurang lebih dari Padepokan Sentul itu 800 meter, kita juga punya jalur evakuasi apabila ada yang positif, mudah-mudahan tidak ada, dan semua tempat akan kita steril, dan hampir seluruh peserta dan panitia itu tinggal di satu padepokan itu," ujarnya menambahkan.

Sementara itu, bagi pemain asing yang akan ikut berlaga di Proliga 2022, penyelenggara juga telah menetapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Pertama, mereka harus datang karantina, setelah swab dua kali hasilnya negatif, dan waktu dua hari sebelum Proliga dimulai mereka harus tes PCR lagi, waktu sampai di tempat lapangan mereka harus dites antigen lagi, jadi kami ada beberapa lapis, baik pemain asing maupun pemain Indonesia sendiri," Hanny menjelaskan.

Proliga 2022, yang akan berlangsung hingga 27 Maret, akan digelar dalam total 66 pertandingan dengan total hadiah Rp1,2 miliar untuk putra dan putri, dan tetap berlangsung dengan sistem putaran pertama dan putaran kedua untuk babak penyisihan yang dilanjutkan dengan semifinal dan final.

 

Video Populer

Foto Populer