Sukses


Jenis-Jenis Olahraga yang Tepat untuk Pengidap Diabetes

Bola.com, Jakarta - Diabetes adalah penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya gula darah dalam tubuh. Banyak melakukan aktivitas fisik menjadi satu di antara cara menjaga gula darah yang tepat pada pengidap diabetes.

Aktivitas fisik seperi berolahraga bisa membantu menjaga kesehatan dan menstabilkan berat badan. Apalagi, pengidap diabetes berisiko mengalami obesitas.

Dengan rutin berolahraga bisa membantu menurunkan risiko terjadinya komplikasi pada diabetes. Selain itu, manfaat penting olahraga untuk pengidap diabetes ialah membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menjaga gula darah tetap terkendali.

Itulah mengapa, olahraga yang baik dan tepat untuk pengidap diabetes perlu diterapkan untuk menjaga kesehatan. Apa saja jenis-jenis olahraga untuk pengidap diabetes?

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis olahraga untuk pengidap diabetes yang tepat, seperti dilansir dari laman promkes.kemkes.go.id, Kamis (23/12/2021). 

2 dari 6 halaman

Hiking

Hiking merupakan satu di antara aktivitas yang baik untuk meningkatkan kesehatan dan menurunkan berat badan. Bagi pengidap diabetes tipe 2, menurunkan berat badan merupakan hal yang sangat penting.

Saat hiking sejauh 3 km/jam, orang dengan berat 68 kg akan membakar 240 kalor per jam. Hiking juga membantu menurunkan kadar kolesterol yang sering kali menjadi pemicu jantung.

Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa olahraga secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah diastolik dan sistolik rata-rata 10 mmHg.

3 dari 6 halaman

Berenang

Berenang merupakan olahraga yang cocok bagi pengidap diabetes tipe 1 dan tipe 2. Berenang dapat membantu seseorang menjadi lebih aktif dan lebih sehat.

Saat berenang, 350-420 kalori terbakar setiap jamnya. Hal ini berdampak sangat baik bagi orang-orang yang sering mengalami mati rasa pada kakinya.

Olahraga renang mampu membantu seseorang menurunkan tekanan darah dan kolesterol yang dimiliki sehingga tubuh pun menjadi makin sehat dan bugar. Keadaan tubuh yang sehat dan bugar membuat diabetes menjadi lebih terkendali.

4 dari 6 halaman

Yoga

Latihan yoga memiliki manfaat sangat baik bagi pengidap diabetes tipe 2, yang sangat lekat dengan gaya hidup tidak sehat dan stres.

Yoga yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan sistem pencernaan, meningkatkan fungsi endokrin dan neurologis organ, menjaga sirkulasi dan kekebalan tubuh serta membuat tubuh jauh lebih berenergi.

Diabetes tipe 1 dan tipe 2 disebabkan karena pankreas yang tidak dapat melakukan fungsinya secara maksimal untuk menghasilkan insulin.

Dengan rutin berlatih yoga, tubuh akan menjadi lebih bugar sehingga fungsi organ dapat berjalan dengan lebih maksimal.

5 dari 6 halaman

Latihan Angkat Beban

Latihan angkat beban juga merupakan satu di antara olahraga yang baik untuk pengidap diabetes. Latihan ini direkomendasikan karena manfaat utamanya untuk meningkatkan massa otot.

Saat massa otot bertambah maka tubuh akan lebih mudah mengendalikan gula darah. Namun, untuk melaksanakan olahraga ini secara rutin harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Hal ini karena latihan angkat beban berisiko membuat seseorang mengalami cedera.

6 dari 6 halaman

Bersepeda Statis dalam Ruangan

Olahraga sepeda statis sangat baik untuk dilakukan oleh pengidap diabetes maupun orang sehat pada umumnya.

Mengayuh sepeda statis di dalam ruangan dapat meningkatkan kekuatan dan massa otot di seluruh tubuh bagian bawah Anda. Olahraga ini juga bisa meningkatkan kesehatan jantung tanpa khawatir risiko terjatuh.

 

Sumber: Kemenkes

Video Populer

Foto Populer