Sukses


Ini Alasan Ancol Dipilih Jadi Tempat Balapan Formula E 2022, Trek Ditarget Rampung April 2022

Bola.com, Jakarta - Setelah menjadi tarik ulur, Jakarta E-Prix salah satu seri Formula E atau ajang balap mobil kursi tunggal bertenaga listrik memilih Kawasan Ancol, Jakarta sebagai tempat balapan, Juni 2022.

Beberapa tempat sempat masuk bursa untuk menjadi tempat balapan Jakarta E-Prix. Kemudian mengerucut menjadi tiga: Kawasan Ancol, Sudirman atau Stadion Gelora Bung Karno.

Namun pada hari Rabu (22/12/2021) lalu, para pemangku kepentingan telah memilih Ancol sebagai tempat penyelenggaraan Jakarta E-Prix.

Pada sesi konferensi pers, Chairman Organising Committee Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni membeberkan alasan pemilihan Ancol.

"Ada beberapa hal yang kami pertimbangkan, seperti ini merupakan salah satu tempat ikonik di Jakarta dan juga sesuai dengan standar FEO (Formula E Operations) dan FIA (Federasi Automobil Internasional)," kata Sahroni mengutip situs Crash.net.

"Selain itu, pertimbangan lain tidak mengganggu fasilitas umum."

"Seperti yang kita ketahui bersama, jika diadakan di kawasan Gelora Bung Karno atau Sudirman, maka akan membutuhkan penutupan selama beberapa hari, dan itu tentu tidak mungkin. Begitu juga di Monas," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Pembangunan Sirkuit

Sahroni turut membeberkan sirkuit Formula E di Monas ditarget selesai dibuat pada April 2022 atau dua bulan sebelum event berlangsung.

Alhasil kini para pemangku kepentingan tinggal punya waktu kurang lebih empat bulan untuk menyelesaikan sirkuit.

"Sirkuit Formula E itu trek jalan raya, jadi spesifikasinya bakal mirip dengan jalan umum biasa," ujar Sahroni.

"Lokasi pembuatan trek relatif padat dan rata, sehingga pekerjaan trek dapat dilakukan dengan cepat."

"Apalagi paddock, stage dan tribun penonton semi permanen, jadi hanya butuh waktu satu bulan untuk pemasangan dan pembongkarannya," tambahnya.

Video Populer

Foto Populer