Sukses


Macam-Macam Latihan yang Bisa Bikin Perut Jadi Six Pack

Bola.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, memiliki bentuk tubuh seksi dan ideal dengan perut six pack atau kotak-kotak adalah sebuah impian. Tak hanya bagi kaum pria, tetapi juga para wanita.

Selain enak dilihat, memiliki bentuk perut seksi juga menandakan bahwa dalam tubuh tidak ada lemak membahayakan yang bisa menjadi sumber penyakit berbahaya.

Memiliki bentuk perut yang berotot dan six pack ternyata tidak membutuhkan cara rumit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membentuk otot perut agar bisa 'kotak-kotak', seperti dengan olahraga.

Jika dilakukan secara baik dan konsisten, latihan membentuk otot perut ini bisa mewujudkan impian Anda untuk memiliki perut six pack. Selain olahraga, menerapkan pola hidup sehat dan makan makanan bergizi juga penting agar perut bisa six pack.

Untuk membantu proses pembentukan otot di perut, disarankan banyak minum air putih serta menghindari minuman bersoda atau yang mengandung gula.

Berikut ini beberapa macam latihan yang bisa bikin perut jadi six pack, seperti dilansir dari Klikdokter, Senin (27/12/2021).

2 dari 6 halaman

1. Kardio

Dikutip dari Women Health via Klikdokter, kardio bisa menjadi olahraga pilihan untuk membentuk otot perut. Sebab, kardio merupakan aktivitas fisik yang bisa membakar banyak lemak di perut.

Makin sering latihan kardio, makin banyak pula lemak di perut berkurang. Olahraga kardio mudah dilakukan dan tidak membutuhkan banyak perlengkapan.

Ada banyak jenis olahraga kardio yang sering dilakukan masyarakat. Satu di antara jenis olahraga kardio yang paling populer dan diminati ialah lari.

Namun, tidak hanya lari. Masih banyak jenis olahraga kardio yang bisa dilakukan, seperti senam, jalan kaki, lompat tali, bersepeda, dan lain-lain.

3 dari 6 halaman

2. HIIT (High Intensity Interval Training)

HIIT atau latihan interval dengan intensitas tinggi adalah aktivitas fisik yang bagus untuk meningkatkan kebugaran. HIIT dapat membentuk otot perut dan membuatnya jadi kencang.

HIIT juga bermanfaat untuk menjaga detak jantung dan meningkatkan pembakaran lemak. Melakukan HIIT selama 20 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu, bisa menurunkan berat badan mencapai dua kilogram.

Namun, perlu diingat, menurut sebuah studi, orang-orang yang melakukan olahraga HIIT berisiko tinggi mengalami cedera, khususnya pada lutut dan bahu. Maka itu, supaya berhati-hati saat melakukan latihan HIIT.

4 dari 6 halaman

3. Sit Up

Sit up sudah lama dikenal sebagai gerakan latihan untuk membentuk otot bagian perut. Sit up juga membantu memperbaiki postur tubuh. Cobalah untuk melakukan sit up sebanyak 25 kali dalam sehari. Bagian perut Anda pastinya akan mengecil perlahan dan terasa kencang.

Berikut ini cara melakukan sit up:

  • Sikap awal tidur telentang, kedua lutut ditekuk serta kedua siku ditekuk diletakkan di belakang kepala.
  • Badan diangkat dalam posisi duduk, kedua lengan tetap berada di belakang kepala.
  • Gerakan tersebut bisa dilakukan secara berulang-ulang, selanjutnya makin lama makin ditambah.
5 dari 6 halaman

4. Crunch

Latihan crunch pada dasarnya mirip dengan sit up. Bedanya, rentang gerakan pada latihan crunch lebih sempit daripada sit up.

Caranya, letakkan kedua tangan di belakang kepala dan pastikan posisi kaki Anda tidak menyentuh lantai. Lalu, angkat kedua kaki dan tubuh bagian atas secara bersama-sama. Latihan ini dapat mengencangkan otot perut bagian atas. Namun, hal tersebut harus dilakukan secara rutin dan teratur.

6 dari 6 halaman

5. Plank

Plank adalah gerakan yang efektif untuk mengencangkan perut. Cara melakukan gerak ini mudah, namun mempertahankannya cukup susah.

Mulailah dengan posisi tubuh seperti mau latihan push up. Tekuk kedua siku dan topang badan Anda menggunakan lengan, tangan, dan ujung kaki. Tubuh Anda harus membentuk garis lurus dari bahu hingga pergelangan kaki. Jangan lupa untuk mengencangkan bagian perut.

Tahan posisi ini setidaknya selama 30 detik. Apabila masih merasa kuat, tambah durasi menjadi 45 detik sampai 1 menit. Ulangi gerakan ini beberapa kali dalam sehari.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published 8/1/2020)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer