Sukses


Jenis-Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan untuk Usia 40 Tahun ke Atas

Bola.com, Jakarta - Seiring terus bertambahnya usia, terkadang ada sebagian orang memilih untuk tidak berolahraga dengan berbagai alasan, seperti karena sibuk bekerja, mengurus anak, atau mengurus rumah.

Padahal, olahraga sangat penting untuk sering dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Selain itu, ada banyak manfaat yang diperoleh dari sering berolahraga.

Olahraga secara rutin memiliki manfaat, seperti mencegah keropos tulang, meningkatkan koordinasi tubuh, meningkatkan mood dan memori, serta dapat meminimalisasi banyak gejala penyakit kronis pada tubuh.

Itulah mengapa, meski sudah menginjak usia lebih dari 40 tahun, tidak ada alasan atau bermalas-malasan dalam berolahraga. Justru saat sudah berusia 40 tahun, olahraga sangat penting karena berat badan mulai bertambah.

Namun, perlu diingat, bagi Anda yang sudah berusia 40 tahun atau lebih, dan ingin rutin berolahraga, perlu berkonsultasi dulu dengan dokter.

Hal tersebut penting dilakukan untuk menghindari efek samping pada masa yang akan datang. Jika sudah mendapat rekomendasai dari dokter, bisa langsung berolahraga.

Berikut ini beberapa jenis olahraga yang aman dilakukan untuk usia 40 tahun ke atas, seperti dilansir dari Klikdokter, Selasa (28/12/2021).

2 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Olahraga untuk Usia 40 Tahun ke Atas

Berjalan Kaki

Berjalan kaki merupakan olahraga yang paling murah, mudah, dan dapat dilakukan oleh semua orang dari berbagai kalangan. Itulah mengapa, aktivitas fisik ini bisa menjadi pilihan yang ideal sebagai olahraga untuk orang-orang yang sudah berusia 40 tahun ke atas.

Selain membakar kalori, berjalan kaki dapat meningkatkan stamina dan mood.

Bersepeda

Bersepeda merupakan jenis olahraga yang tren di berbagai kalangan, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Selain banyak dilakukan oleh anak muda, bersepeda dapat menjadi pilihan olahraga untuk Anda yang berusia di atas 40 tahun.

Perlu diingat, saat bersepeda jangan terlalu memaksakan diri. Ketahui seberapa jauh kemampuan fisik Anda. Bagi pemula, bersepedalah dalam jarak dekat dan jalanan yang datar terlebih dahulu.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Olahraga untuk Usia 40 Tahun ke Atas

Barre

Barre adalah sebuah latihan yang berfokus pada kekuatan isometrik. Isometrik dapat didefinisikan sebagai kontraksi otot di mana otot-otot tidak memanjang atau memendek. Semua tenaga yang dikeluarkan oleh otot akan diubah menjadi panas.

Latihan ini dapat meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas. Keduanya dapat menangkal cedera dan rasa nyeri.

Spin

Latihan spin bermanfaat bagi mereka yang tidak ingin terjadi ketegangan di otot dan sendi saat berolahraga. Gaya latihan ini tidak hanya membantu kesehatan jantung, tetapi juga membakar lebih banyak kalori dalam waktu singkat.

Bagi yang sudah berusia lebih dari 40 tahun dan sedang dalam program menurunkan berat badan, dapat mencoba latihan ini.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Olahraga untuk Usia 40 Tahun ke Atas

Pilates

Saat mengalami nyeri di seluruh badan, Anda dapat mencoba mengikuti kelas pilates. Pilates dapat membantu memperkuat otot yang lemah dan mencegah terjadinya cedera.

Pilates juga baik untuk meningkatkan mobilitas dan kekuatan pinggul, serta mengurangi nyeri punggung bagian bawah.

Latihan dengan Dumbell

Dumbell merupakan alat bantu olahraga yang ekonomis dan mudah didapat. Anda dapat melakukan berbagai variasi gerakan dengan dumbbell, terutama untuk melatih otot tangan.

Strength training ringan bermanfaat untuk menjaga massa otot yang mulai menurun seiring bertambahnya usia.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Olahraga untuk Usia 40 Tahun ke Atas

Zumba

Zumba merupakan jenis olahraga yang menggabungkan dansa dan koreografi. Latihan ini membuat lemak di bagian paha, lengan, dan perut berkurang.

Penumpukan lemak pada beberapa bagian tersebut umumnya terjadi seiring bertambahnya usia.

Yoga

Yoga dapat membangun sekaligus mempertahankan kekuatan otot. Tidak hanya itu, yoga bisa membantu menenangkan pikiran dan menurunkan tingkat stres.

Olahraga asal India ini cocok dipilih orang-orang yang sudah berusia 40 tahun ke atas karena dapat menurunkan tekanan darah, serta mencegah dan mengurangi depresi.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 21/10/2020)

Video Populer

Foto Populer