Sukses


Macam-Macam Bahan Makanan untuk Pesta Barbeku pada Malam Tahun Baru

Bola.com, Jakarta - Malam pergantian tahun menjadi momen yang dentik dengan pesta. Selain berkumpul, kita juga bisa menikmati berbagai kegiatan untuk makin membuat meriah malam tahun baru.

Selama berkumpul dan menikmati malam pergantian tahun, tidak lengkap rasanya jika tidak ada makanan yang mendampingi. Malam tahun baru harus dilewati dengan berbagai hal yang menyenangkan, termasuk mengonsumsi makanan lezat.

Hal yang kerap dilakukan banyak kalangan adalah barbeku atau membuat hidangan yang dibakar. Menu sajiannya pasti beragam.

Yang paling umum, biasanya kita akan membakar ayam dan jagung yang dinikmati dengan aneka saus. Namun, masih banyak macam bahan masakan lainnya yang bisa kita gunakan.

Berikut macam-macam bahan makanan yang cocok acara barbeku pada pesta malam tahun baru, seperti disadur dari Liputan6, Jumat (31/12/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Bahan Makanan untuk Barbeku

1. Daging Sapi

Daging sapi sudah seperti menu wajib jika ada pesta barbeku. Anda bisa mengolah daging sapi jadi sate. Bisa juga memilih untuk memanggang daging langsung di atas alat pemanggang.

2. Daging Ayam

Selain daging sapi, daging ayam dapat menjadi alternatif menu dasar saat pesta bakar-bakar. Hampir sama saat mengolah daging sapi, daging ayam biasa disajikan menjadi sate atau dibakar langsung di atas alat pemanggang dengan aneka bumbu atau saus pilihan.

3. Sosis

Sosis juga punya cita rasa enak dan nikmat saat dinikmati pada pesta barbeku di malam pergantian tahun. Mengolah sosis cukup mudah dan tidak ribet.

Cukup dengan mengoleskan sosis pakai saus BBQ atau saus kesukaan, lalu memanggangnya di atas alat pemanggang hingga matang. Sosis pun siap dinikmati bersama teman atau keluarga.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Bahan Makanan untuk Barbeku

4. Cumi-Cumi Bakar

Makanan laut yang banyak digemari, satu di antaranya adalah cumi-cumi. Hewan laut yang memiliki banyak tentakel dapat dijadikan menu alternatif selain ayam dan jagung. Pastinya cumi-cumi ini akan menggugah selera dan semangat dalam merayakan malam pergantian tahun.

5. Ikan

Ikan bisa jadi ide satu di antara menu saat pesta bebakaran di malam tahun baru. Ikan paling enak rasanya diolah dengan cara bakar. Biasanya, jenis ikan yang digunakan untuk barbeku, seperti ikan nila, gurami, bawal, kerapu, dan sebagainya.

6. Bakso Bakar

Ingin praktis dan tidak perlu repot-repot membersihkan bahan makanan seperti ayam atau hewan laut, bakso dapat dijadikan menu alternatif yang praktis  dan mudah dibakar. Selain dengan kecap, Anda dapat menggunakan saus barbeku dan tambahan bubuk cabai jika kita menyukai rasa pedas.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Bahan Makanan untuk Barbeku

7. Udang Bakar

Jika Anda tidak menyukai cumi-cumi, Anda dapat menggunakan udang sebagai jenis seafood untuk menu barbeku di malam tahun baru. Kelezatan udang tidak kalah dengan cumi-cumi, usahakan untuk memilh atau membeli udang yang segar agar lebih enak.

8. Marshmallow

Tidak perlu repot atau berbau amis, marshmallow dapat digunakan sebagai bahan yang nikmat dan mengugah selera saat berkumpul di malam pergantian tahun.

Cukup siapkan cokelat leleh dan toping sesuai selera, lalu panaskan marshmallow dan celupkan pada lelehan coklat. Ini makanan manis yang dapat melengkapi hari berkumpul Anda dengan keluarga.

9. Patty Burger

Selain untuk burger, Anda dapat mengolah daging sendiri menjadi sebuah patty tanpa roti untuk menu barbeku yang akan mengugah selera makan saat berkumpul di malam pergantian tahun.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Lea Citra Santi Baneza, Editor: Sulung Lahitani. Published: 18/12/2018)

Yuk, baca artikel macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer