Sukses


Macam-Macam Topik Obrolan saat Bersua Teman Lama, biar Enggak Canggung

Bola.com, Jakarta - Momen Tahun Baru, yang juga menjadi hari libur nasional, kerap dimanfaatkan untuk acara reuni, berjumpa dengan teman lama. Apakah itu dengan teman-teman semasa duduk di SD hingga kuliah, maupun teman-teman dari kantor lama.

Meski pernah akrab di waktu lalu, pertemuan kembali dengan teman-teman lama sering memunculkan rasa canggung. Hal itu mungkin saja terjadi karena memang Anda dan teman-teman Anda tersebut sudah lama tidak saling kontak atau berkomunikasi.

Alhasil, harus ada usaha untuk 'beradaptasi' dengan mereka, termasuk menemukan bahasan yang tepat untuk mengawali pembicaraan setelah sekian lama tidak saling bersua.

Tak bisa dimungkiri, topik obrolan menjadi hal penting agar reuni atau pertemuan Anda dengan teman-teman lama berjalan lancar dan berkesan. Ketepatan dalam memilih tema bisa menjadikan suasana cair dan tidak canggung lagi.

Lantas, topik obrolan seperti apa yang bisa 'menyelamatkan' Anda dari situasi kaku atau canggung bertemu lagi dengan teman-teman lama?

Berikut rangkumannya, macam-macam topik obrolan bebas canggung saat bersua teman lama, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (31/12/2021).

2 dari 4 halaman

Tips sebelum Memulai Obrolan

Sebelum mengetahui topik obrolan apa yang bisa mengatasi rasa canggung Anda saat bertemu teman lama dan memulai percakapan, penting bagi Anda untuk menilai beberapa konteks berikut:

  • Hubungan sebelumnya, pastikan bahwa relasi teman Anda dengan teman tersebut di masa lalu baik-baik saja.
  • Kedekatan, seberapa dekat Anda dengan teman Anda juga perlu diperhatikan ketika ingin memulai suatu pertanyaan atau percakapan.
  • Karakter, sesuaikan pembicaraan dengan karakter kawan Anda.

Konteks-konteks tersebut penting karena setiap orang berbeda-beda. Dengan mengenali dan mengaplikasikan konteks tersebut, Anda bisa tahu apa yang sebaiknya tidak ditanyakan kepada teman lama yang baru saja bertemu.

Yang terpenting, tunjukan sikap simpati dan rasa hormat saat berbicara dengan teman lama. Mereka pun akan merasa nyaman berbicara dengan Anda.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Topik Obrolan Bebas Canggung

Berikut cara Anda berbicara dengan teman lama Anda:

1. Mulai dengan pertanyaan sederhana

Jika sudah memahami konteks yang dijabarkan di atas, berarti Anda sudah memahami kedekatan dan karakter teman Anda sebelumnya.

Untuk memulai pertanyaan saat bertemu teman lama, mulailah dengan percakapan yang sederhana, seperti menanyakan kabar terbaru seputar kehidupannya. Semisal bisa dimulai dari, 'Sibuk apa sekarang ini?' Boleh juga update cerita-cerita personal yang memang dulu sering dibicarakan bersama.

2. Membicarakan kejadian hari ini

Jika Anda bertemu teman lama pada momen reunian, Anda bisa memulai percakapan dengan menanyakan kejadian hari ini. Hal ini memang terkesan basa-basi, tetapi terkadang percakapan ini dapat memunculkan topik lain yang bisa dibicarakan.

Anda bisa bertanya, naik kendaraan apa tadi sampai ke tempat ini? Jalanan hari sedikit macet ya? Atau Anda juga bisa memuji pakaian teman Anda atau perubahan yang terjadi pada dirinya. Berikanlah pujian yang tulus sehingga teman Anda juga dapat merasakannya. 

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Topik Obrolan Bebas Canggung

3. Membicarakan topik pribadi

Contoh percakapan dengan teman lama lainnya adalah seputar hal-hal pribadi. Topik ini boleh-boleh saja dibahas dengan teman lama. Namun, ada baiknya Anda tidak bertanya soal pekerjaan, keluarga, atau asmara yang dapat membuat lawan bicara tidak nyaman.

Coba mulai menanyakan bagaimana kabar keluarganya? Ibunya atau ayahnya? Lalu bisa juga menanyakan kesibukannya sekarang? Sebelum Anda memulai percakapan dengan teman lama, ada baiknya tidak menanyakan hal-hal yang sensitif. 

4. Membicarakan topik yang berhubungan satu sama lain

Selanjutnya, topik yang baik dibicarakan saat bertemu dengan teman lama adalah sesuatu yang berhubungan satu sama lain. Misalnya, Anda dan teman sama-sama memiliki hobi memasak, topik tersebut bisa dibicarakan.

5. Membicarakan kejadian masa lalu yang menyenangkan

Dikutip dalam Timesofindia via Klikdokter, memulai percakapan dengan teman lama bisa dimulai dengan membahas kejadian di masa lalu yang menyenangkan.

Hal ini dapat membuat Anda dan teman kembali mengingat kejadian tersebut. Anda berdua akan kembali merasakan adanya keterkaitan di masa lalu.

Jika Anda dan teman sudah menemukan kembali ritme pembicaraan, jangan ragu untuk merencanakan waktu untuk bertemu kembali. Hal ini dapat menunjukkan Anda ingin menjaga hubungan silaturahmi tetap terjaga.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 21/3/2021)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer