Sukses


6 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi di Pagi Hari Secara Alami

Bola.com, Jakarta - Seseorang yang memiliki penyakit diabetes kerap kali khawatir dengan lonjakan kadar gula darah di pagi hari. Kondisi seperti ini sering kali disebut sebagai fenomena fajar.

Meski terkadang dapat muncul pada orang normal, kondisi ini paling sering dialami oleh orang yang memiliki diabetes, terutama tipe-2.

Kondisi ini terjadi karena pada saat bangun pagi tubuh akan melepaskan gelombang hormon yang bekerja melawan insulin dan menyebabkan kadar gula darah menjadi meningkat.

Secara umum, keadaan gula darah normal berada di antara 70-130 mg/dL. Jika secara konsisten kondisi gula darah Anda di atas angka tersebut, bisa dikatakan Anda mengalami fenomena fajar.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasinya, termasuk mengonsumsi obat-obatan. Namun, ada cara lain yang lebih alami dan tidak memberikan Anda efek samping.

Berikut enam cara menurunkan gula darah di pagi hari secara alami, yang patut Anda coba, seperti dilansir dari Klikdokter, Senin (3/1/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Tinggi di Pagi Hari

1. Batasi Karbohidrat dan Perbanyak Makan Serat

Satu di antara cara menurunkan kadar gula darah pagi hari adalah dengan membatasi asupan karbohidrat saat makan malam. 

Menurut American Diabetes Association, orang dengan diabetes harus mengonsumsi 45-60 gram karbohidrat setiap kali makan dan 15-20 gram karbohidrat untuk camilan.

Mengonsumsi camilan tinggi serat dan rendah lemak sebelum tidur juga dianjurkan karena mampu menghilangkan rasa lapar dan mencegah naiknya gula darah di pagi hari. 

Saat makan malam, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan berikut ini:

  • Buah dan sayur-sayuran.
  • Yoghurt bebas lemak atau rendah lemak.
  • Popcorn bebas lemak.
  • Granola rendah lemak.
  • Telur rebus.
  • Apel kecil dan keju rendah lemak

2. Berolahraga di Sore Hari

Agar kadar gula darah di pagi hari tidak melonjak, Anda bisa melakukan olahraga di saat sore hari. Olahraga dapat meningkatkan sensitivitas insulin agar efektif mengolah gula darah menjadi energi. 

Menurut penelitian dari jurnal Hindawi, melakukan olahraga aerobik intensitas sedang, misalnya berjalan santai, sebelum sarapan dapat mengurangi kenaikan gula darah di pagi hari. 

3 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi di Pagi Hari

3. Batasi Lemak di Malam Hari

Asupan lemak sehat memang penting bagi tubuh. Namun, konsumsi lemak sehat harus dibatasi karena dapat berdampak negatif bagi kadar gula darah. 

Mengonsumsi makanan berlemak saat malam hari dapat menunda kenaikan gula darah normal hingga keesokan paginya. Sebab, lemak akan lebih lambat dicerna tubuh. 

Oleh karena itu, saat makan malam, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan berlemak dalam jumlah lebih sedikit dan perbanyak asupan protein.

4. Menambahkan Cuka ke Dalam Diet 

Dilansir dari Very Well, cuka ditemukan dapat mengurangi lonjakan kadar gula darah saat bangun tidur dan mengurangi kadar gula darah setelah makan. 

Sebuah juga studi menunjukkan, cuka dapat menekan proses ketika sukrosa diubah menjadi glukosa dan fruktrosa. 

Bahan aktif cuka, yakni asam asetat, dapat mengurangi pencernaan pati dan menunda pengosongan lambung (gastroparesis). Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa menambahkan cuka ke dalam makanan dan minuman saat sarapan. 

4 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi di Pagi Hari

5. Tidur Berkualitas

Fenomena fajar berkaitan dengan ritme sirkadian. Dapatkan tidur berkualitas setidaknya selama 6-9 jam setiap malam untuk menghindari kenaikan gula darah di pagi hari. Tidur kurang dari enam jam telah terbukti dapat meningkatkan kadar gula darah secara signifikan.

6. Cegah Hipoglikemia di Malam Hari

Hipoglikemia adalah kondisi saat kadar gula dalam darah rendah. Gula darah rendah pada malam hari dapat memicu kadar gula darah di pagi hari menjadi meningkat. Kondisi tersebut dikenal sebagai efek Somogyi. 

Saat hipoglikemia malam hari terjadi, tubuh melepaskan hormon untuk melawan rendahnya kadar gula darah. Dampaknya, kadar gula darah di pagi hari justru menjadi melonjak. 

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 17/6/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer