Sukses


Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah dengan Benar

Bola.com, Jakarta - Surat izin merupakan surat yang berisikan keterangan seseorang untuk meminta izin kepada suatu instansi seperti sekolah.

Biasanya, seorang siswa meminta izin tidak masuk sekolah karena ada hajat yang tidak bisa dihindari, semisal keperluan keluarga, sakit, dan kegiatan lainnya.

Dalam membuat surat izin tidak masuk sekolah harus sesuai kebenaran dan sanggup bertanggung jawab atas apa yang telah ditulis.

Terkadang, anak-anak sekolah zaman sekarang atau mungkin para orang tua tidak mengetahui cara menulis surat izin secara benar.

Padahal, surat izin tidak masuk sekolah memiliki format tersendiri sehingga bisa memudahkan seseorang dalam pembuatannya.

Bingung dengan cara menulis surat izin tidak masuk sekolah? Berikut cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang benar, disadur dari Liputan6, Senin (3/1/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Membuat

Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah cukup mudah. Anda hanya perlu mengetahui apa saja unsur-unsur yang harus dipersiapkan dan diperhatikan dalam membuatnya:

  • Tujuan pengiriman surat. Tujuan yang dimaksud berisi sebuah informasi ke siapa surat ini di tunjukan. Apakah ke kepala sekolah, pimpinan perusahaan, kepada wali kelas atau yang lainnya. Catatan, kalau Anda sudah memakai kata "Kepada" maka Anda tidak usah memakai kata Yth dan sebaliknya.
  • Alasan izin. Unsur ini sangat penting dalam surat izin karena unsur ini yang menentukan apakah surat yang Anda buat dapat diterima atau tidak. Anda harus menulis alasan yang benar-benar logis.
  • Tanggal dan tempat pembuatan surat.
  • Alamat tujuan.
  • Salam pembuka.
  • Kalimat pembuka surat.
  • Isi dalam surat.
  • Salam penutup surat.
  • Nama pengirim surat.
3 dari 4 halaman

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Yogyakarta, 9 Mei 2019

 

Kepada:

 

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A

SMA ...........

di Tempat

 

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama       : ..................

Kelas        : XII IPA 3

Alamat     : Jl. Kaliurang KM 5, Yogyakarta

NISN        : 123347

 

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut di atas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Kamis, 9 Mei 2019 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-A agar memberikan izin.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

 

Orang tua/Wali murid,

 

 

Rio Willyanto

4 dari 4 halaman

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Malang, 9 Mei 2019

 

Hal: Surat izin tidak masuk sekolah

Yth:

Kepala SMA Negeri 1 Malang

di Malang

 

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini, orang tua dari:

 

Nama: Putri Marino

Kelas: XII IPA 1

NISN: 9877690

 

Memberitahukan bahwa putri saya tersebut di atas tidak dapat masuk sekolah seperti biasa dikarenakan mengikuti prosesi akad nikah kakak kandungnya di luar kota pada hari ini, Kamis (9/5/2019). Dengan ini, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII IPA 1 agar memberikan izin.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Orang Tua Siswa,

 

 

Rio Romario

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Afifah Cinthia Pasha, Editor: Nanang Fahrudin. Published: 1/3/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer