Sukses


7 Macam Olahraga Terbaik untuk Meredakan Stres

Bola.com, Jakarta - Dalam mejalani kehidupan di zaman modern seperti sekarang, kebanyakan orang pernah mengalami stres. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, stres adalah gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor luar; ketegangan.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan stres yang sedang dirasakan. Satu di antara cara tersebut adalah berolahraga.

Olahraga menjadi cara alami yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan stres. Bahkan cara ini memiliki sedikit efek samping.

Saat Anda melakukan aktivitas fisik atau berolahraga, tubuh Anda akan memproduksi hormon endorfin. Hormon ini bekerja untuk melawan stres.

Selain itu, olaharga membuat otot pada tubuh menjadi lebih aktif sehingga melancarkan peredaran darah.

Lantas, apa saja olahraga yang baik untuk meredakan stres? Berikut macam-macam olahraga terbaik untuk meredakan stres, disadur dari Klikdokter, Rabu (5/1/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Olahraga Terbaik untuk Meredakan Stres

1. Berjalan

Olahraga penghilang depresi yang pertama adalah berjalan santai. Kegiatan ini dapat diikuti dengan berjalan cepat atau berlari saat tubuh sudah siap.

Di sisi lain, berjalan-jalan santai di luar ruangan juga dapat meningkatkan suasana hati Anda dengan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

2. Lari

Lari mungkin adalah olahraga yang membutuhkan usaha lebih keras. Akan tetapi, manfaatnya sungguh besar untuk melepaskan emosi yang terpendam.

Berlari bisa menjadi cara cepat untuk melepaskan emosi yang terpendam. Meski begitu, pastikan Anda melakukan pemanasan sebelum berlari.

3. Yoga

Latihan meditasi ini terkenal dapat membuat Anda lebih kuat dan lebih fleksibel. Yoga juga bisa memberi Anda energi dan rasa bahagia.

Kontrol napas pada olahraga yoga dapat menenangkan emosi Anda. Itu sebabnya, yoga bisa menjadi pilihan olahraga untuk mengatasi depresi.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Olahraga Terbaik untuk Meredakan Stres

4. Berenang

Berenang merupakan latihan yang tepat untuk seluruh tubuh Anda. Selain itu, ada efek air yang dapat membantu menenangkan pikiran Anda.

Tidak perlu melakukannya terlalu lama. Berenanglah selama sekitar 30 menit, selama 3-5 kali seminggu.

5. Bersepeda

Bersepeda juga cara terbaik untuk melepaskan depresi dan meningkatkan mood Anda. Carilah lintasan yang dipenuhi pepohonan agar Anda makin menikmati waktu berolahraga.

Anda dapat mengajak keluarga atau orang terdekat menemani bersepeda. Berceritalah tentang hal-hal yang menyenangkan untuk meredakan stres dan kepenatan.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Olahraga Terbaik untuk Meredakan Stres

6. Menari

Olahraga untuk depresi berikutnya adalah menari. Kegiatan fisik ini mengombinasikan olahraga, interaksi sosial, dan fun. Semuanya dapat meningkatkan suasana hati.

Anda juga bisa menyalakan speaker untuk memutar musik bertempo cepat, atau memutar video tari di televisi atau laptop. Selanjutnya, menarilah mengikuti irama musik.

Cara lain juga bisa Anda lakukan dengan mengikuti kelas zumba.

7. Tenis

Tenis merupakan olahraga yang bagus untuk mengeluarkan emosi tanpa membicarakan perasaan Anda. Dengan raket dan bola yang berat, Anda biasanya akan membutuhkan teriakan untuk memukul. Hal tersebut dapat membuat perasaan Anda lega.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 14/4/2021)

Yuk, baca artikel macam lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer