Sukses


Manfaat Minum Kopi sebelum Olahraga, Bantu Tingkatkan Daya Tahan

Bola.com, Jakarta - Kopi merupakan satu di antara minuman yang digemari banyak orang dari berbagai kalangan. Bahkan, seiring berjalannya waktu, minum kopi menjadi tren yang kekinian.

Banyak orang yang terbiasa meminum kopi, baik sebelum, saat, dan sesudah beraktivitas. Meminum kopi secara rutin, dengan cara benar, juga diyakini memilki manfaat menyehatkan.

Tak hanya itu, kopi ternyata baik bagi kesehatan jika dikonsumsi sebelum olahraga. Banyak orang mengonsumsi kopi sebelum berolahraga untuk memberi energi tambahan dan membantu mendapatkan performa yang diinginkan.

Akan tetapi, sebaiknya meminum kopi satu jam sebelum berolahraga. Hal itu karena, kafein akan diserap secara cepat oleh tubuh sekitar 30-45 menit setelah dikonsumsi, dan akan mencapai puncak dalam jangka waktu satu jam.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat minum kopi sebelum berolahraga yang perlu diketahui, seperti disadur dari Klikdokter.com, Minggu (8/1/2022).

2 dari 6 halaman

Mengurangi Nyeri Otot

Kafein dalam kopi bekerja memengaruhi bagian otak yang mengatur rasa nyeri sehingga dapat mengurangi sensasi nyeri yang dirasakan saat berolahraga. Kafein dapat mengurangi nyeri otot hingga 50 persen.

Hal inilah yang menyebabkan pakar kesehatan olahraga lebih menyarankan atlet atau penggemar olahraga untuk minum kopi dibandingkan minum minuman berenergi lainnya sebelum olahraga.

3 dari 6 halaman

Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Minum kopi dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh sehingga tidak cepat lelah ketika olahraga. Minum kopi memungkinkan Anda melakukan olahraga lebih lama dari yang biasanya.

Kafein memungkinkan seorang atlet untuk berlatih lebih lama dan dengan output daya yang lebih besar. Kafein juga terbukti meningkatkan daya tahan dan ketahanan sehingga tidak mudah lelah.

Hal tersebut memungkinkan penggunaan otot yang bekerja dalam waktu lama.

4 dari 6 halaman

Membakar Lebih Banyak Kalori

Sebenarnya manfaat ini berhubungan dengan manfaat kopi lainnya. Bila minum kopi sebelum olahraga, Anda tidak akan mudah lelah dan lebih jarang mengalami nyeri otot sehingga dapat melakukan olahraga lebih lama.

Dengan demikian, kalori yang dibakar pun akan lebih banyak. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal hindari penambahan krimer, susu, maupun gula ke dalam cangkir kopi.

Selain itu, Anda tetap wajib minum air putih setelah olahraga untuk mencegah dehidrasi.

5 dari 6 halaman

Meningkatkan Metabolisme

Kafein dalam kopi disebut bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi dikaitkan dengan peningkatan yang signifikan dalam tingkat metabolisme.

6 dari 6 halaman

Meningkatkan Konsentrasi

Kopi dan kafein telah terbukti meningkatkan fokus dan mental. Kafein adalah stimulan alami yang dapat meningkatkan fungsi otak dan berdampak positif pada area otak yang bertanggung jawab untuk memori dan konsentrasi.

Mengenai hal ini, sebuah studi mengukur efek kognitif kafein pada atlet. Para atlet yang mengonsumsi kafein sebelum latihan akan menunjukkan peningkatan konsentrasi dan memiliki kemampuan untuk mempertahankan intensitas latihan.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 30/10/2017)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer