Sukses


7 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental, Penting Diketahui

Bola.com, Jakarta - Kesehatan mental memiliki peran yang cukup besar dalam kehidupan manusia. Manusia tidak hanya memperhatikan kesehatan fisik semata, tetapi kesehatan mental juga perlu dijaga.

Kesehatan mental merupakan kemampuan diri sendiri untuk mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan sehari-hari.

Seperti diketahui, beberapa waktu belakangan ini kesehatan mental mendapatkan perhatian khusus. Pasalnya, kesehatan mental bukan suatu gangguan yang dapat dilihat tandanya secara jelas.

Banyak gangguan mental yang dapat terjadi pada orang yang terlihat sehat, namun kerap mengalami rasa gelisah, depresi, dan sebagainya.

Maka itu, Anda perlu menjaga kesehatan mental dalam diri supaya Anda bisa merasakan beberapa efeknya seperti memiliki suasana hati yang membaik, membangun ketahanan, dan membantu menikmati hidup secara keseluruhan.

Jika kesehatan mental Anda sehat, Anda bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik, menjalin hubungan yang sehat dengan orang lain, serta lebih produktif dalam belajar atau bekerja.

Berikut ini cara sederhana menjaga kesehatan mental, yang penting untuk diketahui, disadur dari Klikdokter, Rabu (12/1/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

1. Belajar Meditasi

Di tengah kesibukan sehari-hari banyak orang yang kehilangan kemampuan untuk berdiam diri dan bermeditasi. Padahal, kegiatan seperti meditasi dan berdiam diri sangat penting untuk dilakukan secara rutin.

Sisihkan waktu beberapa menit setiap hari untuk berdiam diri dan bermeditasi. Saat meditasi, tenangkan pikiran dan terima emosi serta perasaan yang Anda alami. Anda juga dapat melakukan ibadah sesuai kepercayaan masing-masing.

2. Menulis Jurnal

Kebiasaan membuat atau menulis jurnal (journaling) diketahui dapat membantu menjaga kesehatan mental. Anda dapat menuliskan soal pikiran, emosi, serta stres yang mungkin Anda alami.

Anda juga dapat mengurai masalah yang dihadapi dalam bentuk tulisan. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengontrol emosi serta memperbaiki kesehatan mental.

3 dari 4 halaman

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

3. Luangkan Waktu Menikmati Alam

Rasa jenuh selama bekerja di dalam ruangan dapat mencetuskan masalah kesehatan mental. Apabila memungkinkan, pergilah sejenak untuk menikmati alam. Anda dapat pergi ke teras rumah atau kebun kecil di sekitar rumah.

4. Lebih Sering Tertawa

Ketika Anda tertawa, tubuh akan melepaskan hormon endorfin, seperti dopamin yang dapat memberikan rasa nyaman dan senang.

Untuk memancing tawa, tontonlah video komedi, pertunjukan komedian stand up favorit Anda, atau dengarkan podcast yang menghibur. Hal ringan tersebut akan menimbulkan tawa dan membantu Anda merasa lebih baik.

5. Ucapkan Kalimat Positif

Hindari mengevaluasi diri terlalu berlebihan dan ganti dengan kalimat afirmasi yang lebih positif. Hal itu dapat membantu mengendalikan pola pikir dan menghindari pikiran negatif menguasai diri Anda.

4 dari 4 halaman

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

6. Batasi Penggunaan Gadget

Kebiasaan scrolling di media sosial menggunakan gadget secara berlebihan dapat memengaruhi kesehatan mental. Dampaknya, Anda jadi membandingkan diri sendiri dengan orang lain dan cenderung memunculkan berbagai pikiran negatif lainnya.

Maka itu, mulai batasi diri dalam menggunakan ponsel. Letakkan ponsel di malam hari, setidaknya satu jam sebelum waktu tidur.

7. Mengobrol dengan Orang Lain

Berbicara dengan orang lain dapat membuat perasaan Anda menjadi lebih baik dan membantu memperbaiki kesehatan mental. Ajaklah pasangan, sahabat, rekan, keluarga untuk berdiskusi mengenai perasaan, pikiran, emosi, dan pengalaman yang Anda rasakan.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 23/3/2021)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer