Sukses


5 Cara Bangun Pagi yang Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Banyak orang yang mengalami kesulitan untuk bangun pagi. Bahkan bagi sebagian orang, bangun di pagi hari adalah sebuah hal mustahil.

Ada yang perlu berusaha keras untuk bangun pagi dan ada yang terbiasa bangun pagi. Tentunya kondisi susah bangun pagi bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selain itu, dampaknya bisa memengaruhi suasana hati sampai membuat susah berkonsentrasi. Padahal, bangun pagi dapat membuat Anda merasa lebih bahagia.

Susah bangun di pagi hari bisa disebabkan banyak hal. Kebanyakan, kondisi ini berakibat dari sulit tidur (mengalami insomnia) atau begadang yang dilakukan di malam hari.

Apabila Anda satu di antara yang menghadapi masalah ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan yang mungkin dapat membantu Anda.

Berikut ini beberapa cara bangun pagi dengan segar, yang bisa Anda coba lakukan, disadur dari Merdeka, Jumat (14/1/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Bangun Pagi

1. Mengatur Jadwal Tidur

Atur jadwal tidur. Usahakan tidur pada waktu yang sama setiap hari. Dengan mengatur jadwal tidur yang teratur, Anda bisa melatih diri untuk bangun lebih awal. Biasanya untuk orang dewasa dibutuhkan waktu tidur 7-9 jam per malam.

2. Lakukan Rutinitas yang Sehat Menjelang Tidur

Lakukan rutinitas yang sehat menjelang tidur. Dalam hal ini, hindari beberapa kebiasaan yang bisa mengganggu kebiasaan tidur, seperti melihat layar gadget, minum kafein, tidur siang yang terlalu banyak, atau minum alkohol sebelum tidur.

Sebaliknya, lakukan beberapa kegiatan yang membuat tubuh dan pikiran rileks, seperti membaca buku, yoga, meditasi, atau bersih-bersih.

3 dari 4 halaman

Cara Bangun Pagi

3. Pindahkan Alarm

Pindahkan alarm. Memasang alarm di samping tempat tidur hanya akan memudahkan Anda menekan tombol snooze dan kembali tidur.

Pasanglah alarm di tempat yang sedikit jauh dari tempat tidur sehingga ketika bunyi, Anda bisa melangkahkan kaki untuk mematikan alarm dan tetap bangun, tidak kembali tidur. Meski sepele, cara ini dapat melatih Anda untuk bangun pagi tepat waktu setiap hari.

4. Olahraga Secara Teratur

Olahraga secara teratur juga termasuk satu di antara cara bangun pagi yang perlu Anda lakukan. Olahraga telah terbukti memperbaiki tidur dan kondisi yang dapat menyebabkan insomnia dan kantuk yang berlebihan, seperti kecemasan dan depresi.

Olahraga juga meningkatkan kadar energi dengan mengurangi kelelahan, termasuk pada orang dengan kondisi yang terkait dengan kelelahan kronis.

4 dari 4 halaman

Cara Bangun Pagi

5. Lakukan Kegiatan Pagi

Cara bangun pagi yang terakhir adalah dengan melakukan beberapa kegiatan membantu Anda untuk segera bangun dan terjaga.

Anda bisa membuka jendela di pagi hari dan menikmati udara yang masih segar. Anda bisa juga berjalan-jalan di lingkungan rumah agar menghilangkan kantuk dan membuat Anda lekas bangun atau terjaga.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Ayu Isti Prabandari. Published: 9/8/2021)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer