Sukses


6 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Bunga telang atau yang bernama Latin Clitoria ternatea merupakan bunga yang memiliki warna biru keunguan. Bunga ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan masakan.

Selain kerap dijadikan sebagai bahan masakan, bunga telang menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan.

Di kawasan Asia, bunga telang populer karena banyak digunakan dalam Ayurveda serta pengobatan tradisional selama berabad-abad.

Manfaat yang cukup populer di masyarakat dari bunga telang ialah dapat meningkatkan vitalitas dan memperlambat proses penuaan.

Bunga ini kaya akan kandungan antioksidan, termasuk proantosianidin (yang mendukung kolagen dan elastisitas kulit) dan antosianin (mendukung kesehatan rambut dan mata). Kedua bahan tersebut membantu meningkatkan siklus hidup sehat sel Anda secara keseluruhan.

Lantas, apa sajakah khasiat bunga telang untuk tubuh kita? Berikut ini beberapa manfaat bunga telang untuk kesehatan, disadur dari Merdeka, Selasa (18/1/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders, teh bunga telang dapat membantu menurunkan berat badan dengan mencegah dan melawan penyakit hati berlemak.

Penyakit hati berlemak bertanggung jawab untuk menyebabkan penambahan berat badan, terutama di daerah perut. Teh bunga telang mampu membantu membakar lemak perut dengan melindungi dari penyakit hati berlemak.

2. Membantu Meningkatkan Kesehatan Mata

Seduhan bunga telang secara tradisional biasanya digunakan sebagai obat alami untuk mengobati penyakit mata.

Diketahui daun telang memiliki kandungan seperti proanthocyanidin yang bisa meningkatkan aliran darah ke kapiler mata. Hal ini membuat teh bunga telang efektif untuk mengobati kerusakan retinal, glaukoma, atau penglihatan yang kabur.

3 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

3. Memerangi Efek Diabetes

Untuk menjaga kadar gula di dalam tubuh tetap terkendali, pengidap diabetes tipe 2 dianjurkan mengonsumsi teh bunga telang.

Teh bunga telang telah terbukti mengatur kadar gula darah dan menurunkan kadar glukosa darah.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus diabetes, yang diterbitkan dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science, ekstrak bunga telang ditemukan mampu mengurangi kadar glukosa serum dan meningkatkan berat badan.

4. Memiliki Sifat Antipenuaan

Manfaat selanjutnya dari bunga telang adalah sebagai penangkal radikal bebas yang memperlambat penuaan, terutama memperlambat kerutan di kulit. Bunga telang diketahui memiliki kandungan antioksidan yang cukup banyak.

Antioksidan yang ada di dalam bunga telang berguna sebagai penangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit dan meningkatkan efek penuaan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

5. Baik untuk Kesehatan Jantung

Bunga telang memiliki kandungan antioksidan yang tidak hanya melindungi Anda dari infeksi, tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Sebuah studi menemukan ekstrask bunga telang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Ekstrak bunga telang telah terbukti melindungi dari penyakit jantung dengan mengurangi Hiperlipidemia. Hiperlipidemia mengacu pada konsentrasi lemak atau lemak dalam darah yang sangat tinggi.

Itu juga bertanggung jawab atas sejumlah penyakit jantung termasuk penyumbatan, pembekuan darah, dan serangan jantung.

6. Baik untuk Kesehatan Otak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bunga telang mengandung asetilkolin yang mampu menjaga kesehatan otak dan mengurangi kehilangan memori.

Dengan mengonsumsinya secara teratur, dapat membantu meningkatkan kekuatan otak, meningkatkan keterampilan kognitif dan memori, dan baik untuk sistem saraf pusat (SSP).

Namun, manfaat ini bisa didapatkan dengan mengimbangi dengan pola hidup sehat, seperti olahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Edelweis Lararenjana. Published: 4/3/2021)

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer