Sukses


Macam-Macam Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi sebelum Olahraga

Bola.com, Jakarta - Olahraga merupakan aktivitas fisik yang perlu dilakukan oleh setiap orang. Dengan berolahraga secara rutin, bisa membuat tubuh terasa bugar dan tahan terhadap berbagai penyakit.

Sebelum berolahraga diperlukan energi agar tubuh berenergi. Energi bisa diperoleh dengan makan terlebih dahulu.

Bagi yang sedang diet, mungkin beranggapan bahwa tidak makan sebelum olahraga dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Padahal, untuk mendukung kekuatan tubuh, bisa mengonsumsi makanan tertentu.

Namun, tidak semua makanan bisa dikonsumsi. Maka itu, penting untuk mengetahui beberapa jenis makanan yang harus dihindari sebelum berolahraga.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam makanan yang tidak boleh dikonsumsi sebelum olahraga, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (19/1/2022).

2 dari 5 halaman

Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi

1. Kacang-kacangan

Kacang sulit dicerna dikarenakan adanya karbohidrat berupa rafinosa yang pada usus bagian bawah akan difermentasikan oleh bakteri dan menghasilkan gas karbon dioksida, metana, atau hidrogen.

Produksi gas tersebut yang bisa menyebabkan Anda buang angin berlebihan saat berolahraga.

2. Sayuran dari famili Cruciferae

Walau sangat sehat dan mengandung komponen antikanker, sayuran seperti brokoli, bok choy, kubis, kembang kol tidak boleh dikonsumsi sebelum olahraga.

3. Produk susu

Susu dapat meningkatkan kekuatan tubuh. Namun, bagi orang yang sensitif atau intoleran terhadap laktosa sebaiknya menghindari susu dan keju lembut sebelum olahraga. Hal itu dikarenakan dapat memicu kram perut.

3 dari 5 halaman

Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi

4. Makanan tinggi lemak dan gorengan

Hindari burger, kentang goreng, serta pizza. Hal itu dikarenakan lemak jenuh yang ada pada makanan tersebut dapat bertahan di saluran pencernaan dan sulit diproses sehingga akan menyebabkan kembung, kram perut, serta BAB cair.

Kondisi tersebut pastinya akan mengganggu momen olahraga.

5. Minuman berkarbonasi

Soda dan bir akan menyebabkan perut kembung sehingga menimbulkan ketaknyamanan, gangguan pencernaan, serta buang angin berlebihan. Tidak ada yang menginginkan hal ini, terutama saat kelas yoga.

6. Alkohol

Tidak hanya karena adanya kandungan diuretik, alkohol juga memicu dehidrasi dan menekan oksidasi lemak, sehingga bisa menghambat mencapai target komposisi tubuh ideal.

Berolahraga di bawah pengaruh alkohol rentan menyebabkan cedera.

4 dari 5 halaman

Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi

7. Jus buah 100 persen

Jus buah kaya akan fruktosa, yakni bentuk gula yang tidak dapat dicerna secara cepat dan dapat menyebabkan kram perut, terutama mereka dengan sindrom iritasi usus besar maupun yang sensitif terhadap fruktosa.

Ada baiknya jus buah dikonsumsi sebagai bagian dari makan besar atau minimal satu jam sebelum atau setelah berolahraga untuk menghindari tubuh dari dehidrasi.

8. Makanan pedas

Mungkin sebagian orang dapat berolahraga setelah mengonsumsi makanan pedas. Namun, jenis makanan ini sebenarnya menstimulasi pencernaan dan dapat menyebabkan mulas serta naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Jadi, akan lebih baik untuk menghindari makanan pedas, minimal 24 jam sebelum olahraga.

9. Makanan pencuci mulut

Kue kering maupun basah, donat, serta es krim masuk ke daftar makanan yang harus dihindari sebelum berolahraga karena kandungannya yang kaya akan lemak, minyak, krim, serta gula.

5 dari 5 halaman

Makanan yang Diperbolehkan

Setelah makan berat seperti sarapan dan makan siang, sisakan waktu tiga jam tanpa makan berat lagi sebelum berolahraga. Satu jam sebelum berolahraga, diperbolehkan mengonsumsi makanan ringan yang mengandung protein, tinggi karbohidrat, dan rendah lemak.

Jenis makanan tersebut dapat membantu performa Anda saat berolahraga serta membantu pemulihan setelahnya. Contohnya makanan, seperti:

  • Oatmeal dengan buah beri.
  • Buah pisang.
  • Roti gandum yang dioles tipis dengan selai kacang.
  • Yoghurt atau alternatif produk non-susu lainnya jika intoleran.
  • Cottage cheese dan biskuit.
  • Segelas susu atau alternatif non-susu lainnya jika intoleran.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 6/1/2019)

Video Populer

Foto Populer