Sukses


7 Cara Mengatasi Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi

Bola.com, Jakarta - Pipi bengkak akibat sakit gigi merupakan satu di antara keluhan yang sering ditemukan. Kondisi ini bisa membuat bentuk wajah menjadi tidak simetris, juga dapat mengganggu aktivitas karena biasanya disertai rasa sakit.

Sakit gigi umumnya terjadi akibat tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan saksama. Risiko kondisi tersebut juga bisa meningkat apabila Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan manis atau mengandung gula tinggi.

Pipi bengkak biasanya diawali dengan kerusakan gigi, gigi berlubang, atau penyakit gusi yang terjadi tanpa perawatan. Kondisi-kondisi tersebut merupakan awal mula munculnya infeksi pada gigi.

Ketika infeksi terjadi, gusi dan wajah akan membengkak karena tubuh sedang berusaha memberantas bakteri yang menyerang. Bila tidak segera diberikan pengobatan dan perawatan yang tepat, kondisi tersebut dapat bertambah parah dan menyebabkan abses.

Abses adalah kantong berisi nanah yang dapat pula terbentuk di dalam mulut. Kondisi ini timbul akibat infeksi bakteri, dan umumnya ditandai dengan rasa sakit. Bila tidak segera ditangani dapat memperburuk keluhan yang sebelumnya terjadi.

Lalu bagaimana bila pipi Anda sudah terlanjur bengkak akibat sakit gigi? Anda tentu ingin kondisi itu segera teratasi.

Berikut cara mengatasi pipi bengkak akibat sakit gigi, disadur dari Klikdokter, Rabu (19/1/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi

1. Kompres Dingin

Kompres dingin menggunakan es batu merupakan cara menghilangkan bengkak sakit gigi yang paling mudah dilakukan. Tindakan ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang muncul pada area yang terlibat.

Tidak hanya itu, kompres dingin juga bisa mempersempit pembuluh darah untuk memperlambat aliran darah ke daerah yang bengkak.

Saat melakukan kompres dingin, pastikan untuk tidak menempelkan es batu secara langsung ke kulit. Hal tersebut justru dapat merusak jaringan dan memperburuk keadaan.

Lebih baik balut es batu dengan kain atau handuk, lalu tempelkan ke pipi yang bengkak selama 10–20 menit. Berikan jeda selama 20 menit sebelum Anda menempelkannya kembali. Ulangi hingga Anda merasa nyaman.

2. Kumur Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat juga dapat dijadikan cara menghilangkan bengkak karena sakit gigi. Cara ini juga diduga mampu meredakan rasa sakit.

Caranya, campurkan 2 sendok garam ke dalam air hangat, aduk, kemudian kumur secara perlahan. Lakukan kegiatan ini tiga kali sehari sampai rasa sakit berkurang dan Anda merasa nyaman.

3. Periksa ke Dokter Gigi

Anda mesti memeriksakan diri ke dokter gigi, apalagi jika pembengkakan pada pipi disertai rasa sakit hebat, demam, menggigil, dan nyeri saat membuka mulut.

Gejala-gejala tersebut dapat terkait dengan infeksi gigi, yang bila dibiarkan dapat merusak gusi maupun jaringan penting di dalam mulut.

Keluhan bahkan bisa menyebar hingga ke tulang rahang. Anda pun berisiko lebih tinggi mengalami infeksi darah atau sepsis yang mengancam jiwa.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi

4. Obat Antinyeri dan Antiradang

Anda dapat mengonsumsi obat antinyeri dan antiradang, yang bebas dibeli di apotek. Obat-obatan tersebut dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan yang melibatkan gigi, gusi, atau pipi.

Pastikan untuk mematuhi anjuran dosis yang tertera di label kemasan. Apabila setelah tiga hari gejala tidak mereda, segera berobat ke dokter gigi.

5. Antibiotik

Jika penyebab pipi bengkak berasal dari infeksi bakteri, obat antibiotik dapat dijadikan pilihan untuk mengatasinya.

Namun, konsumsi antibiotik wajib berdasarkan anjuran dari dokter. Anda tak bisa mengonsumsi obat jenis ini sembarangan karena bisa meningkatkan risiko resistensi antibiotik yang justru memperburuk keadaan.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi

6. Perawatan Saluran Akar Gigi

Satu di antara cara untuk mengempeskan pipi bengkak akibat sakit gigi adalah dengan tindakan open bur.

Open bur adalah awal dari tindakan perawatan saraf gigi, di mana mahkota gigi akan 'dibuka' sehingga gas dari nanah bisa keluar. Hal ini bisa meredakan ketegangan abses dan mengurangi rasa sakit.

Setelah bengkaknya kempes, tindakan akan dilanjutkan dengan perawatan saluran akar gigi.

7. Drainase

Tindakan drainase akan dilakukan oleh dokter gigi, khususnya jika pembengkakan sangat berat dan antibiotik tidak memberikan manfaat yang diharapkan.

Drainase dilakukan dengan membuat sayatan untuk jalan keluarnya nanah dan bakteri. Tindakan ini dapat pula meredakan ketegangan di area yang terlibat sehingga rasa nyeri ikut berkurang.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 24/12/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer