Sukses


6 Cara Ampuh Mengatasi Gusi Bengkak dan Sakit, Mudah Dilakukan di Rumah

Bola.com, Jakarta - Gusi bengkak dan sakit merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi pada banyak orang. Mengalami gusi bengkak dan sakit tentu sangat mengganggu aktivitas. Mulut menjadi terasa nyeri nyut-nyutan, sulit makan dan minum.

Penyebab gusi bengkak dan sakit biasanya berasal dari kebersihan mulut yang buruk atau komplikasi masalah kesehatan gigi.

Untuk itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Masalah kesehatan gusi bengkak dan sakit tak boleh disepelekan. Kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, atau penyakit rheumatoid arthritis.

Lalu, bagaimana cara mengobati gusi yang bengkak dan sakit? Berikut ini cara mengatasi gusi bengkak dan sakit, ampuh serta mudah dilakukan di rumah, disadur dari Merdeka, Minggu (23/1/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Gusi Bengkak dan Sakit

1. Air Garam

Langkah pertama yang mudah dilakukan ialah dengan membilas dengan air garam. Garam di dalam air mampu meredakan gusi yang bengkak dan sakit.

Campuran ini akan mencegah pertumbuhan bakteri serta membantu menyingkirkan bakteri yang sudah terlanjur tumbuh di mulut. Menurut sebuah studi, pembilasan air garam bisa menenangkan peradangan gusi dan meningkatkan penyembuhan.

2. Kantong Teh

Anda bisa memnfaatkan kantong teh. Coba pilih teh yang memiliki sifat astringen, seperti teh hijau, teh hitam, atau teh dari kembang sepatu. Selain itu, Anda bisa memilih teh yang kaya akan sifat antiinflamasi, seperti chamomile dan jahe.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Gusi Bengkak dan Sakit

3. Air Lemon

Berkumur menggunakan air lemon. Lemon mengandung asam yang berguna sebagai alkali untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut.

Langkah mudahnya, dengan memeras satu buah lemon dan mencampurkan dengan segelas air hangat. Gunakan air lemon sebagai obat kumur sebanyak tiga kali sehari.

4. Kompres Hangat dan Dingin

Cara yang mudah untuk mengatasi gusi bengkak dan sakit adalah dengan mengompres. Ada dua pilihan, kompres panas atau dingin, bisa dilakukan.

Anda bisa mengganti penggunaan kedua kompres ini sampai rasa sakit dan bengkak berkurang. Kompres hangat dan dingin dapat meredakan nyeri dan bengkaknya.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Gusi Bengkak dan Sakit

5. Pasta Kunyit

Kunyit merupakan bahan alami yang mengandung sifat antioksidan dan antiinflamasi. Untuk mengatasi masalah kesehatan ini, Anda bisa membuat pasta kunyit untuk membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Selain itu, menurut penelitian dari National Institutes of Health (NIH), pasta kunyit bisa mencegah plak dan radang gusi.

6. Lidah Buaya

Anda bisa menggunakan obat kumur dari lidah buaya. Menurut artikel dari NIH, Journal of Clinical and Experimental Dentistry, lidah buaya sama efektifnya dengan chlorhexidine (resep pengobatan radang gusi), yang membantu menyembuhkan dan mencegah radang gusi.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Kurnia Azizah. Published: 9/8/2021)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer