Sukses


6 Manfaat Membaca Al-Qur’an, Baik bagi Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Al-Qur'an tidak hanya diciptakan sebagai kitab suci umat Islam, tetapi juga sebagai pedoman hidup.

BACA JUGA: Keutamaan Membaca Al Quran Setiap Hari Agar Penuh Dengan Keberkahan

Banyak tersirat pesan-pesan di dalam Al-Qur'an dari Allah Swt. yang bisa menuntun umat Muslim dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Membaca Al-Qur'an merupakan satu di antara ibadah yang sangat penting bagi umat Islam. Bagi siapa pun yang membaca Al-Qur'an, sudah pasti akan memperoleh pahala dari Allah Swt.

Selain akan mendapatkan pahala, melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an juga bisa memberikan efek positif bagi si pembaca.

Untuk itu, jangan sampai Anda sebagai umat Muslim justru jauh dari kebiasaan membaca Al-Qur'an. Pasalnya, dengan rajin membaca Al-Qur'an, hidup Anda akan terarah dan berada di jalan yang benar.

Berikut ini manfaat membaca Al-Qur’an, yang penting diketahui umat Muslim, seperti disadur dari Liputan6, Senin (24/1/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Membaca Al-Qur’an

1. Menjadi Penawar Penyakit Fisik dan Hati

Bagi Anda yang sedang memiliki penyakit baik fisik maupun penyakit hati, Anda bisa menemukan obatnya dengan manfaat membaca Al-Qur'an.

Allah Swt. berfirman: "Dan Kami turunkan di dalam Al-Qur'an suatu yang menjadi obat (penyakit manusia) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman." (QS al-Israa': 82)

Selain itu, dalam Surat Ar-Ra'du, Allah Swt. berfirman: "Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan (membaca) petunjuk Allah (Al-Qur'an). Ingatlah, hanya dengan (membaca) petunjuk Allah (Al-Qur'an) hati menjadi tenteram." (QS ar-Ra'du:28)

2. Tidak Akan Sesat dan Celaka

Sebagaimana firman Allah Swt. bagi orang-orang yang membiasakan diri rutin membaca Al-Qur'an tidak akan sesat dan celaka.

"Maka jika datang kepadamu petunjuk daripada-Ku (wahai manusia), lalu barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya dia tidak akan sesat dan tidak akan celaka." (QS Thaahaa: 123)

3 dari 4 halaman

Manfaat Membaca Al-Qur’an

3. Rumah Menjadi Bercahaya

Oleh Rasulullah SAW manfaat membaca Al-Qur'an di rumah diumpamakan seperti manusia. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Perumpamaan rumah yang disebut nama Allah Swt. di dalamnya dan rumah yang tidak disebut nama Allah di dalamnya adalah seperti perumpaan orang yang hidup dan orang yang mati."

4. Mengusir Setan dari Rumah

Manfaat lain dari membaca Al-Qur'an adalah untuk mengusir setan, musuh utama yang selalu mengajak manusia untuk berbuat buruk.

Allah Swt. berfirman: "Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu maka jadikanlah ia musuh(mu), karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala." (QS Faathir: 6)

4 dari 4 halaman

Manfaat Membaca Al-Qur’an

5. Diakui Sebagai Keluarga Allah

Mereka yang membiasakan diri rutin membaca Al-Qur'an diakui sebagai keluarga Allah (ahlullah) dan orang keistimewaannya yang terpilih.

6. Ditempatkan Bersama Malaikat-Malaikat

Orang yang mahir membaca Al-Qur'an ditempatkan bersama malaikat-malaikat pencatat yang patuh kepada Allah yang selalu berbuat kebaikan.

Menurut al-Qurthubi sebagaimana dikutip dalam kitab Fathul Bârî, yang dimaksud mahir di sini adalah orang yang cerdas, maksudnya, hafalan dan tajwidnya sama-sama mempunyai kualitas bagus, tidak perlu mengulang-ulang.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Septika Shidwiyyah. Published: 24/3/2020)

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer