Sukses


Manfaat Handstand bagi Kesehatan, Kuatkan Tulang dan Bantu Hilangkan Depresi

Bola.com, Jakarta - Handstand merupakan gerakan berdiri dengan menggunakan tangan. Dengan memutar tubuh secara terbalik, handstand banyak memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Secara umum, gerakan tersebut bermanfaat untuk melatih keseimbangan tubuh. Selain meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh, handstand menuntut fleksibilitas tubuh, terutama di area tulang belakang.

Seperti diketahui, handstand dilakukan dengan cara kepala di bawah dan kaki berada di atas. Hal tersebut tentu menuntut keseimbangan dan kekuatan tangan yang maksimal.

Hal tersebut membuat sebagian orang menganggap gerakan ini terasa menantang. Namun, jika dilakukan secara rutin dan teratur, handstand bisa mendatangkan banyak manfaat.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat handstand bagi kesehatan, yang perlu diketahui, seperti disadur dari Liputan6, Sabtu (29/1/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Manfaat Handstand bagi Kesehatan

  • Merangsang Sistem Endokrin

Setelah tubuh berada dalam posisi terbalik dengan kaki di bagian atas dan kepala paling dekat dengan tanah, darah akan mengalir ke kepala. Gerakan handstand bisa merangsang kelenjar hipofisis di kepala yang membantu titik setel untuk berat badan yang sehat.

Pembalikan membawa darah ke kelenjar tiroid untuk membantu mengatur produksi T3 dan T4, yang juga memengaruhi metabolisme.

  • Membantu Sirkulasi dan Pernapasan

Sifat handstand yang terbalik dapat meningkatkan sirkulasi ke tubuh bagian atas. Gerakan ini juga mengurangi tekanan pada kaki dan tungkai serta meregangkan diafragma secara bersamaan. Efek ini dapat meningkatkan aliran darah ke paru-paru.

3 dari 6 halaman

Manfaat Handstand bagi Kesehatan

  • Meningkatkan Kekuatan Genggaman

Ketika berdiri di atas kaki, tumit bertindak sebagai penstabil dan membantu menapak tanah dan tetap tegak. Saat melakukan handstand, perlu menggunakan jari-jari agar telapak tangan menapak tanah dan tetap seimbang.

Gerakan ini bisa melatih jari dan lengan menjadi lebih kuat dan pada akhirnya meningkatkan kekuatan cengkeraman. Kekuatan genggaman penting untuk berbagai aspek kehidupan sehari-hari.

  • Membantu Menghilangkan Depresi

Handstand membawa darah ke kelenjar adrenalin untuk membantu mengurangi produksi kortisol yang merupakan hormon stres pada tubuh. Handstand adalah obat yang terkenal di kalangan yoga sebagai pengangkat suasana hati dan dapat membantu mengurangi depresi ringan.

Dengan membawa darah ke kepala, gerakan ini sering dapat meringankan sakit kepala ringan dan meningkatkan pencernaan.

4 dari 6 halaman

Manfaat Handstand bagi Kesehatan

  • Membangun Kekuatan Inti

Terbalik dan berdiri di atas tangan memaksa tubuh untuk melibatkan kekuatan inti. Dibutuhkan semua kekuatan yang bisa dikerahkan otot perut serta punggung untuk tetap tegak dan seimbang saat melakukan handstand.

Melakukan handstand sama bermanfaatnya dengan sit-up yang dapat menguatkan otot perut.

  • Membantu Kesehatan Tulang

Secara teknis, handstand dilakukan dengan cara menahan beban. Hal tersebut tentu dapat membantu memperkuat tulang dan membuat tulang terhindar terhadap osteoporosis.

Handstand juga bermanfaat untuk tulang belakang dan membantu kesehatan tulang di bahu, lengan, dan pergelangan tangan.

5 dari 6 halaman

Manfaat Handstand bagi Kesehatan

  • Membantu Kesadaran Spasial

Saat tubuh berada pada posisi terbalik, otak akan mengalami disorientasi. Namun, melakukan dengan handstand secara terus-menerus akan mengurangi kecenderungan otak mengalami disorientasi.

Melalui cara tersebut, bisa melatih diri untuk lebih mampu menghadapi perubahan posisi atau orientasi. Hal ini sebagian berkaitan dengan ingatan otot, membiasakan diri dengan posisi-posisi baru, yang pada akhirnya akan melatih ketangkasan dan kelincahan tubuh.

  • Meningkatkan Fokus

Ketika berada dalam posisi terbalik, tubuh akan meningkatkan aliran darah ke otak. Hal ini dapat membantu meningkatkan fungsi mental dan fokus.

  • Bantu Detoks Tubuh

Ketika membalikkan kepala, tubuh akan secara langsung merangsang sistem limfatik dan dengan demikian membantu menghilangkan racun dari tubuh.

Sistem limfatik ini membantu mengeluarkan produk limbah dari darah.

6 dari 6 halaman

Manfaat Handstand bagi Kesehatan

  • Sehatkan Mata

Ketika tubuh terbalik, tubuh mengirim oksigen ekstra dan darah kaya nutrisi ke kepala. Efek ini juga bermanfaat untuk kesehatan mata.

Melakukan headstand secara rutin dapat membantu mencegah degenerasi makula dan masalah mata lainnya.

  • Membangun Kekuatan Tubuh Bagian Atas

Handstand membutuhkan kekuatan tubuh bagian atas dan ini akan membangun otot-otot besar yang digunakan untuk mempertahankannya.

Otot ini termasuk pectoralis mayor dada, bagian depan pundak, anterior deltoids dan bagian belakang bahu, deltoids posterior. Saat melakukan handstand, tubuh akan membangun kekuatan otot dari otot-otot besar punggung: latissimus dan trapezius.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Anugerah Ayu Sendari. Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 3/1/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer