Sukses


Manfaat Mengonsumsi Ikan bagi Anak, Orang Tua Perlu Tahu

Bola.com, Jakarta - Tak bisa dimungkiri, banyak anak di Indonesia kurang menyukai masakan yang berbahan baku ikan. Kebanyakan, lebih menyukai daging sapi dan daging ayam.

Itulah mengapa, konsumsi ikan di Indonesia cukup rendah. Padahal, Indonesia merupakan 'surga' ikan mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan. Indonesia tidak kekurangan aneka jenis ikan, baik ikan air tawar, ikan air laut, dan bahkan ikan air payau.

Olahan dari ikan juga berbagai macam sehingga semestinya anak tidak akan bosan karena hanya menyantap masakan ikan yang hanya itu-itu saja.

Sebagai orang tua, Anda harus rutin dan teratur menyediakan olahan ikan dalam menu makanan sehari-hari. Hal ini karena ikan memiliki manfaat baik bagi si kecil, terutama dalam tumbuh kembangnya.

Jadi, Anda harus kreatif dalam penyajiannya. Saat mengolahnya, pastikan ikan sudah tidak bertulang, dan dipotong menjadi ukuran, rasa, serta tekstur yang sesuai.

Apa saja manfaat makan ikan bagi anak Anda? Berikut rangkumannya, manfaat mengonsumsi ikan untuk anak, seperti disadur dari Klikdokter, Senin (31/1/2022).

2 dari 3 halaman

Manfaat Mengonsumsi Ikan bagi Anak

1. Sumber protein yang baik

Satu di antara masalah kesehatan yang dihadapi di Indonesia adalah stunting, yang terjadi akibat kekurangan gizi. Ikan merupakan pilihan sumber protein yang baik untuk membantu mengatasi hal tersebut.

Protein yang terkandung dalam ikan memang berbeda untuk setiap jenisnya. Tetapi, secara umum, 100 gram ikan dapat mengandung hingga 22 gram protein.

2. Sumber vitamin D yang baik

Salmon, sarden, tuna, makerel, tilapia, dan ikan hering kaya akan vitamin D. Vitamin ini diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak.

3. Kesehatan penglihatan

Kandungan asam lemak omega-3 DHA dalam ikan terbukti bermanfaat untuk menjaga fungsi penglihatan anak. Kandungan tersebut juga berperan untuk menurunkan berbagai penyakit penglihatan.

3 dari 3 halaman

Manfaat Mengonsumsi Ikan bagi Anak

4. Perkembangan otak anak

Ikan merupakan sumber asam lemak sehat. Ikan kaya akan kandungan omega-3 docosahexaenoic acid (DHA), yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan sistem saraf.

Salmon, hering, sarden, dan tuna adalah contoh ikan yang tinggi kandungan DHA. 

Untuk alasan inilah ibu hamil juga kerap dianjurkan untuk mengonsumsi ikan untuk menyokong perkembangan otak janin.

5. Meningkatkan kecerdasan

Manfaat ikan yang satu ini masih berhubungan dengan sebelumnya. Faktanya, anak yang rutin mengonsumsi ikan memiliki skor lebih tinggi pada tes kecerdasan dibandingkan dengan mereka yang tidak terbiasa makan ikan.

Hal tersebut bisa terjadi berkat kandungan asam lemak sehat yang ada dalam ikan.

6. Menurunkan risiko alergi

Mengonsumsi berbagai jenis ikan sejak dini dapat mencegah berbagai penyakit alergi, seperti asma dan dermatitis atopik.

Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian tahun 2013 yang menemukan konsumsi ikan mengandung asam lemak tak jenuh rantai panjang (long chain polyunsaturated fatty acids) dapat mencegah asma pada anak.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 2/11/2020)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer