Sukses


Cara Memeriksa Kondisi Kesehatan Melalui Keringat

Bola.com, Jakarta - Keringat yang keluar dari tubuh Anda bisa menunjukkan kondisi kesehatan Anda. Seperti diketahui, keringat dapat muncul saat Anda merasa kegerahan, kepanasan, atau merasa gugup.

Namun lebih dari itu, keluarnya keringat bisa menjadi petunjuk kondisi kesehatan Anda. Hal tersebut seperti dilansir dari livestrong.com via Klikdokter.

Kondisi kesehatan yang dimaksud, di antaranya informasi perihal masalah kesehatan (fisik maupun psikis) dan ketakseimbangan nutrisi di dalam tubuh.

Dengan begitu, keringat tak melulu pertanda Anda kelelahan atau kegerahan.

Setidaknya ada lima kondisi kesehatan yang dapat ditunjukkan oleh keluarnya keringat dari tubuh Anda.

Berikut rangkumannya, cara memeriksa kondisi kesehatan Anda melalui keringat, disadur dari Klikdokter, Selasa (1/2/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Memeriksa Kondisi Kesehatan Melalui Keringat

1. Kadar gula terlalu rendah

Berkeringat banyak bisa menandakan bahwa gula darah Anda terlalu rendah. Ketika gula darah Anda turun di bawah 70 miligram per desiliter, menurut University of Michigan Medicine, Anda pasti akan banjir keringat.

Sebab, kekurangan gula darah dapat menyebabkan tubuh “stres”, sehingga melepaskan hormon adrenalin. Ketika hormon adrenalin aktif maka keringatlah yang muncul.

Apabila masalah gula darah yang terlalu rendah (hipoglikemia) tidak segera diatasi, Anda dapat mengalami kejang, hilang kesadaran, bahkan kerusakan otak yang tak bisa disembuhkan. 

2. Kadar elektrolit terlalu rendah

Apabila Anda banyak mengeluarkan keringat disertai dengan pusing dan kram otot, ada kemungkinan Anda kekurangan elektrolit esensial, seperti natrium, klorida, magnesium, dan kalsium. 

Untuk menjaga kadar natrium tetap terjaga, disarankan untuk mengonsumsi camilan asin, seperti segenggam kacang sebelum berolahraga. 

Anda juga bisa mencegahnya dengan konsumsi minuman olahraga selama beraktivitas (jika aktivitas sudah berlangsung satu jam). 

3. Sedang stres berat

Pada sebagian orang, tubuh yang mengeluarkan keringat secara berlebihan plus bau tak sedap bisa disebabkan oleh tingkat stres yang tinggi. 

Menurut International Hyperhidrosis Society, Anda memiliki dua jenis kelenjar keringat, yakni ekrin dan apokrin. 

Kelenjar ekrin terletak di banyak bagian tubuh dan menghasilkan keringat yang jernih serta tidak berbau. Sementara itu, kelenjar apokrin ditemukan di ketiak dan pangkal paha sekaligus menghasilkan cairan yang berbau setelah bertemu bakteri di permukaan kulit.

Ketika Anda stres, kelenjar apokrin akan makin aktif memproduksi keringat tersebut. Tak heran saat Anda banyak pikiran, aroma tubuh menjadi kurang sedap. 

3 dari 3 halaman

Cara Memeriksa Kondisi Kesehatan Melalui Keringat

4. Mengalami hiperhidrosis atau anhidrosis

Berkeringat banyak tanpa sebab dapat menandakan hiperhidrosis atau suatu kondisi yang ditandai dengan keringat berlebih yang tidak berhubungan dengan panas atau olahraga. 

Namun, bila Anda sudah berolahraga keras dengan intensitas yang tinggi ditambah suhu udara yang panas, tetapi Anda tidak berkeringat, bisa jadi Anda menderita anhidrosis. Itu adalah ketakmampuan tubuh untuk berkeringat secara normal. Kondisi ini berbahaya karena suhu tubuh tak bisa diturunkan oleh keringat.

5. Tubuh sedang membentuk dirinya

Mengeluarkan banyak keringat tak melulu pertanda buruk. Keringat yang banyak bisa menandakan bahwa tubuh sedang dalam kondisi bugar alias Anda sukses dalam menurunkan berat badan  serta membentuk tubuh.

Pada dasarnya, orang yang rajin berolahraga mengembangkan respons yang lebih cepat terhadap kenaikan suhu inti. 

Jadi, ketika Anda dalam kondisi bugar, mekanisme pendinginan tubuh akan bekerja lebih cepat dalam menghasilkan keringat. 

 

Disadur dari: Klikdokter.com (6/9/2019)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer