Sukses


Daftar Minuman yang Aman dan Baik Dikonsumsi setelah Olahraga Selain Air Putih

Bola.com, Jakarta - Menjaga kesehatan tubuh dengan olahraga secara rutin sangat penting dilakukan supaya tubuh tetap bugar.

Setelah olahraga, tentu Anda ingin segera melepas dahaga. Menghidrasi tubuh setelah olahraga penting dilakukan untuk memulihkan dan menjaga daya tahan.

Tidak sedikit orang menganjurkan untuk minum air putih setelah olahraga. Hal itu karena minum air putih setelah olahraga bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Namun, ada juga minuman lain yang aman dan baik dikonsumsi setelah olahraga, selain air putih.

Apa saja pilihan minuman yang aman dan baik dikonsumsi setelah olahraga?

Berikut ini daftar minuman yang aman dan baik dikonsumsi setelah olahraga supaya tubuh tetap terhidrasi secara optimal, disadur dari Liputan6, Rabu (2/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Daftar Minuman yang Tepat dan Baik Dikonsumsi setelah Olahraga

1. Air kelapa

Air kelapa direkomendasikan untuk diminum setelah olahraga karena kaya akan elektrolit dan antioksidan. Kandungan ini mampu mengembalikan elektrolit yang hilang.

Menurut sebuah studi, air kelapa memiliki kandungan kalium. Jumlah kaliumnya bahkan lima kali lebih banyak dibanding minuman olahraga pada umumnya.

Kalium merupakan zat elektrolit penting yang hilang dalam keringat. Zat ini membantu tubuh menyimpan karbohidrat untuk energi.

Oleh sebab itu, air kelapa dapat menjadi minuman pemulihan alami yang sangat baik.

2. Jus Jeruk

Jus jeruk merupakan minuman yang baik untuk dikonsumsi setelah olahraga. Jus jeruk dapat menggantikan vitamin dan mineral-mineral yang hilang saat Anda berolahraga intens.

Gula alami dalam minuman ini cukup untuk menggantikan sebagian gula yang digunakan tubuh ketika berolahraga.

Jus jeruk juga mengandung karbohidrat dan kalium. Namun, yang membedakan dengan minuman lainnya adalah kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang baik untuk kesehatan.

3 dari 4 halaman

Daftar Minuman yang Tepat dan Baik Dikonsumsi setelah Olahraga

3. Susu Cokelat

Susu cokelat merupakan minuman yang bagus setelah olahraga. Minuman ini banyak digemari penggiat olahraga angkat beban atau para atlet lainnya.

Hal ini karena kandungan protein, kalsium, dan karbohidrat di dalamnya. Kandungan tersebut diperlukan untuk proses pemulihan dan perkembangan otot, terutama setelah berolahraga intens.

Anda bisa menambahkan beberapa potong pisang ke dalam gelas susu cokelat, lalu dihaluskan menggunakan blender.

Dengan menambahkan pisang, susu cokelat Anda akan diperkaya dengan elektrolit yang diperlukan tubuh.

4. Yoghurt

Yoghurt dapat memberikan sejumlah protein yang penting untuk proses pemulihan tubuh. Selain kaya protein, Anda dapat memperoleh karbohidrat, elektrolit dan antioksidan dari asupan tersebut.

Anda dapat menambahkan buah-buahan ke dalam yoghurt, seperti stroberi, pisang, atau bluberi agar lebih segar.

4 dari 4 halaman

Daftar Minuman yang Tepat dan Baik Dikonsumsi setelah Olahraga

5. Jus Ceri

Minuman yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga berikutnya adalah jus ceri. Buah ceri kaya akan antioksidan yang berfungsi mengurangi inflamasi dan bermanfaat bagi pemulihan dan fungsi otot.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi jus ceri sebelum dan sesudah olahraga berkontribusi dalam mempercepat pemulihan otot. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan antioksidan dan berkurangnya proses peroksidasi lipid.

6. Teh

Penelitian menunjukkan bahwa minum teh, baik teh hijau maupun hitam, efektif untuk membantu proses pemecahan lemak selama latihan aerobik dan pemulihan setelah latihan.

Penelitian lain pada 2010 menemukan, kadar darah atlet pria yang minum teh setelah menyelesaikan sprint (lari cepat) memiliki tingkat antioksidan tinggi dan kortisol yang rendah. Hal ini bisa disebabkan oleh kandungan zat antioksidan theaflavin dalam teh.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 22/9/2020)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer