Sukses


Manfaat Makan Kiwi Beserta Kulitnya yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Kiwi merupakan satu di antara buah yang punya banyak kandungan nutrisi baik untuk tubuh. Manfaat buah kiwi bagi kesehatan tak perlu diragukan lagi.

Beberapa asupan nutrisi yang ada dalam buah kiwi antara lain kalori, kalium, serat, protein, kalsium, dan magnesium. Selain itu, kiwi memiliki vitamin B6 dan zat besi.

Kiwi juga mengandung antioksidan tinggi, yang bagus untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit.

Maka itu, bagi yang ingin mendapatkan sederet kandungan nutrisi tersebut bisa mengonsumsi buah kiwi.

Seperti umumnya menikmati buah, sebelum dimakan buah akan dikupas dulu baru bisa dimakan. Namun, mungkin tak banyak yang tahu jika buah kiwi aman dimakan beserta kulitnya.

Selama ini sebagian orang memakan kiwi dengan mengupasnya terlebih dahulu. Pasalnya, tak terbayangkan memang mengonsumsi kiwi beserta kulitnya yang berbulu.

Namun, seperti halnya buah atau sayuran lainnya, saat akan memakan kiwi tentu harus mencuci dulu kulitnya.

Bagi yang merasa tidak siap untuk memakan kiwi seperti memakan apel, ada pilihan lain, yakni dengan cara memotong kecil-kecil kiwi agar kulitnya tak begitu terasa saat digigit, lalu bisa juga mencampurnya dengan salad.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat makan buah kiwi beserta kulitnya, yang jarang diketahui, seperti disadur dari Fimela, Kamis (3/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Makan Kiwi Beserta Kulitnya

Kesehatan Pembuluh darah

Potasium atau kalium dalam buah kiwi (seperti halnya buah pisang) bermanfaat paling banyak untuk kesehatan pembuluh darah.

Kiwi dapat memperbaiki tekanan darah, melancarkan peredaran darah, menguatkan pembuluh darah, dan mengatur hormon tubuh, dan kandungan paling banyak berada pada kulitnya.

Mengandung Sifat Antialergi, Antikanker, dan Antiinflamasi

Bukan hanya buahnya saja yang kaya flavonoid yang bersifat antialergi, antikanker, dan antiinflamasi, kulit kiwi juga. Hal ini dibutuhkan untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan menangkal radikal bebas.

3 dari 5 halaman

Manfaat Makan Kiwi Beserta Kulitnya

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kiwi memiliki kandungan asam alfa linolenat dan asam lemak omega-3 yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah jantung.

Menaikkan Imunitas Tubuh

Memiliki asupan nutrisi yang teratur penting dilakukan agar kondisi imun tubuh tetap terjaga. Vitamin C yang terkandung dalam kiwi membantu melindungi sel dalam tubuh dari radikal bebas.

Memiliki imun dan kekebalan tubuh yang baik akan menghindarkan Anda dari risiko terkena berbagai macam penyakit, seperti flu, demam, dan berbagai macam penyakit lainnya.

Mengonsumsi jus kiwi dapat memberikan asupan vitamin C harian yang dianjurkan dan dapat dengan cukup efektif menangkal infeksi dan serangan flu.

4 dari 5 halaman

Manfaat Makan Kiwi Beserta Kulitnya

Mengandung Folat

Kulit kiwi mengandung beberapa folat, yakni nutrisi penting yang membantu mencegah cacat lahir tertentu dan dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.

Anda juga akan mendapatkan antioksidan vitamin E, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit dan memperbaiki kondisi kulit.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kiwi tidak hanya menjaga kesehatan dalam tubuh. Buah ini juga dapat menjaga kesehatan kulit dan menjauhkan dari penuaan dini. Banyak produk kecantikan yang meggunakan ekstrak kiwi sebagai bahan dasarnya.

Sifat antioksidan dalam vitamin C dan E yang ditemukan pada buah kiwi, mampu menjaga kesehatan kulit. Hal tersebut dapat membuat kulit menjadi lebih kencang dan mengilap.

5 dari 5 halaman

Manfaat Makan Kiwi Beserta Kulitnya

Sumber vitamin A, C dan E

Kiwi termasuk buah kaya vitamin A yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan mata. Bukan hanya itu, vitamin C buah kiwi mampu membantu mempercepat penyembuhan luka dan mencegah pendarahan.

Sedangkan vitamin E-nya mampu melindungi membran sel tubuh dan menjaga fungsi otot tubuh.

 

Disadur dari: Fimela.com (Published: 17/6/2016)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer