Sukses


Macam-Macam Sandi Pramuka, Lengkap Beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Sandi dalam dunia kepramukaan digunakan sebagai media pembelajaran bagi anggota pramuka golongan siaga, penggalang, penegak, maupun pandega. Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana.

Pramuka adalah gerakan mendunia yang telah membentuk perkembangan pemuda dan orang dewasa selama lebih dari 100 tahun.

Gerakan ini awalnya dicetuskan oleh Robert Baden-Powell, seorang anggota angkatan darat di Inggris sekitar tahun 1906-1907.

Gagasan tersebut kemudian menyebar ke seluruh dunia dan menjadi gerakan Kepanduan, yang di Indonesia disebut dengan Pramuka. Gerakan Pramuka di Indonesia sudah diperkenalkan sejak tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Satu di antara materi yang diajarkan saat kegiatan pramuka adalah penggunaan sandi. Seperti diketahui, ada beberapa macam sandi pramuka yang biasanya diajarkan dan dipraktikkan.

Sandi pramuka ini biasanya digunakan untuk memecahkan teka-teki dalam sebuah permainan, ataupun sebagai media komunikasi antar-regu agar strategi kelompok tidak diketahui kelompok lainnya.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam sandi pramuka yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman thegorbalsla.com, Jumat (4/2/2022).

2 dari 6 halaman

Macam-Macam Sandi Pramuka

1. Sandi Koordinat/Merah Putih

Sandi koordinat sering disebut sandi merah putih. Cara menggunakannya dengan membuat kata kunci MERAH PUTIH dalam bentuk tabel, di mana MERAH untuk baris dan PUTIH untuk kolom.

Kemudian isi tabel yang kosong dengan huruf alphabet A hingga Z. Dengan demikian, dapat dilihat bahwa huruf A dituliskan dengan PM (baris P kolom M), dan seterusnya.

Contoh: PRAMUKA ditulis dengan IM, IR, PM, TR, HM, TM, PM.

2. Sandi Napoleon

Sandi napoleon adalah sandi pramuka yang diambil dari nama Napoleon Bonaparte seorang kaisar di Prancis. Untuk membuat sandi ini Anda perlu menghitung jumlah huruf dalam setiap kalimat kemudian bagi menjadi tiga bagian sama banyak.

Baris pertama ditulis dari kanan ke kiri, baris kedua ditulis dari kiri ke kanan, dan baris ketiga ditulis dari kanan ke kiri.

3 dari 6 halaman

Macam-Macam Sandi Pramuka

3. Sandi Jam

Sandi jam adalah sandi yang dibuat dengan menentukan waktu tertentu sebagai patokannya. Misalnya, pukul 06.00 menunjukkan huruf A maka jika beda waktu yang akan digunakan adalah setiap lima menit maka pukul 06.05 menunjukkan huruf B, begitu seterusnya.

Beda waktu yang digunakan dapat Anda buat menjadi 10 menit, 15 menit, 30 menit, dan lain sebagainya.

4. Sandi Angka/Nomor

Sandi angka adalah sandi Pramuka dengan memberikan penomoran pada masing-masing alphabet. Huruf A berarti nomor 1, huruf B berarti nomor 2, dan seterusnya hingga huruf Z yang berarti nomor 26.

Contoh penulisannya, adalah misalkan Anda hendak menuliskan kata PRAMUKA maka Anda dapat menggunakan sandi ini dengan 16 – 18 – 1 – 13 – 21 – 11 – 1.

5. Sandi Siput

Cara membaca sandi siput adalah membaca dengan cara berputar menyerupai rumah siput. Awal huruf yang ada pada sandi ini biasanya diberi tanda tertentu kemudian Anda cukup membacanya dengan memperkirakan arah gerakannya.

4 dari 6 halaman

Macam-Macam Sandi Pramuka

6. Sandi Semaphore

Sandi semaphore adalah sandi pramuka dengan menggunakan bendera yang digerakkan dengan kedua tangan. Masing-masing huruf alphabet memiliki bentuk sandi yang berbeda menggunakan sandi semaphore ini.

Sandi ini biasa digunakan untuk parade semaphore yaitu penampilan tarian bendera yang kreatif.

7. Sandi AND

Sandi AND adalah sandi yang menggunakan kata kunci AND dalam setiap katanya. Untuk menuliskan kalimat harus diselipkan AND pada masing-masing katanya.

Cara membacanya cukup mudah, Anda hanya perlu menghapus AND dan pesan yang dituliskan dapat Anda mengerti. Contohnya adalah PANDU ANDA SANDA yang berarti PUASA.

8. Sandi Braille

Sandi braille adalah sandi Pramuka yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Sandi ini digunakan untuk kaum tuna netra.

Huruf-huruf braille terdiri dari enam titik timbul yang dapat diraba oleh tuna netra untuk membacanya.

5 dari 6 halaman

Macam-Macam Sandi Pramuka

9. Sandi Helen Keller

Sandi Helen Keller hampir sama dengan sandi braille dalam segi manfaatnya. Sandi ini digunakan untuk kaum tuna rungu dan tuna wicara.

Sandi Helen Keller menggunakan simbol dari jari untuk membentuk suatu pola huruf alphabet.

10. Sandi Morse

Sandi morse adalah sandi pramuka yang diciptakan oleh Samuel Finley Breese Morse. Sandi ini terdiri dari kumpulan titik dan garis yang membentuk suatu huruf atau kalimat.

Sandi morse dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa media yaitu:

a. Suara, menggunakan peluit.

b. Sinar, menggunakan senter.

c. Tulisan, menggunakan simbol titik (.) dan garis (–).

d. Bendera, menggunakan bendera morse.

6 dari 6 halaman

Macam-Macam Sandi Pramuka

11. Sandi Rumput

Sandi rumput merupakan satu di antara bentuk aplikasi turunan dari sandi morse. Sandi ini berbentuk seperti rumput, di mana titik pada sandi morse dituliskan dengan rumput yang pendek sedangkan garis pada sandi morse dituliskan dengan rumput yang tinggi.

12. Sandi Kimia

Sebenarnya sandi kimia adalah hanya tulisan morse, tetapi sandi ini dikenal dengan nama sandi kimia karena menyerupai huruf/simbol yang ada pada rumus kimia. Ketentuan dalam penggunaan sandi kimia adalah:

Titik merupakan huruf hidup atau vokal yaitu a, i, u, e, o.

Strip merupakan huruf mati atau konsonan yaitu semua huruf alphabet kecuali a, i, u, e, o.

Contoh penggunaannya: Jika mau menuliskan "KAMI" dalam sandi morse adalah -.- / .- / — / .. maka dalam sandi kimia ditulis KOH + OH + HH + OO atau KOH + OH + H2 + O2.

 

Sumber: Thegorbalsla

Video Populer

Foto Populer