Sukses


7 Cara Menurunkan Demam Secara Alami, Mudah Dilakukan di Rumah

Bola.com, Jakarta - Selama musim penghujan, ada yang perlu diwaspadai terkait kesehatan, yaitu ancaman gangguan kesehatan seperti demam.

Perubahan suhu pada lingkungan saat musim hujan menjadikan tubuh akan lebih mudah terkena demam.

Demam bisa terjadi pada siapa pun, baik itu kalangan bayi, anak-anak, hingga orang dewasa.

Pada kondisi demam, suhu tubuh akan mengalami peningkatan di atas 38 derajat celsius, sebagai respons tubuh terhadap penyakit. Suhu tubuh yang meningkat akibat demam merupakan cara sistem kekebalan tubuh manusia memerangi infeksi.

Secara umum, penggunaan obat penurun panas memang cukup efektif untuk mengatasi demam. Namun, penggunaan obat terus-menerus mengakibatkan efek samping yang buruk bagi tubuh.

Anda bisa mencoba cara alami untuk menurunkan demam, yang lebih aman bagi tubuh Anda.

Berikut beberapa cara menurunkan demam secara alami, yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah, dikutip dari Livestrong dan Medicinenet, Selasa (15/2/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Demam Secara Alami

1. Mandi Menggunakan Air Hangat

Mandi air hangat bisa menjadi alternatif untuk menurunkan demam. Penggunaan air hangat ketika mandi bisa mempersempit pembuluh darah yang nantinya akan membuat aliran darah menuju area peradangan bisa melambat.

2. Memperbanyak Mengkonsumsi Buah-Buahan

Berbagai kandungan baik di dalam buah-buahan, terutama senyawa antioksidan, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang bisa melawan infeksi saat demam.

3 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Demam Secara Alami

3. Cukupi Cairan Tubuh

Menurut dokter William Schaffner dari Vanderbilt School of Medicine (Amerika Serikat), mencukupi asupan cairan tubuh dapat menurunkan demam secara alami. Untuk itu, penuhi cairan tubuh dengan banyak minum air putih untuk mengurangi efek dari demam.

4. Kompres dengan Air Hangat

Pemberian kompres dengan air hangat bermanfaat untuk menurunkan demam secara alami. Hal ini bisa membuat pembuluh darah akan melebar sehingga menimbulkan produksi keringat yang nantinya akan menurunkan panas.

5. Oleskan Lidah Buaya

Selain memiliki manfaat untuk kecantikan, lidah buaya bisa menjadi alternatif cara menurunkan panas secara alami. Untuk hasil yang optimal, simpan gel lidah buaya lebih dulu ke lemari es sebelum dioleskan.

4 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Demam Secara Alami

6. Mengonsumsi Cabai

Mengonsumsi cabai dapat membuat Anda merasa hangat. Bahkan, mengonsumsi tanaman satu ini juga bisa membantu Anda menurunkan suhu tubuh.

Sebab, kandungan capsaicin yang dimiliki cabai dapat mengirimkan sinyal ke otak bahwa tubuh sedang kepanasan. Hasilnya, tubuh dapat mengeluarkan keringat lebih banyak dari biasanya, dan suhu tubuh akan menurun.

7. Kenakan Pakaian Penyerap Keringat

Apabila sedang demam, cobalah mengenakan bahan pakaian yang ringan dan menyerap keringat sehingga suhu tubuh dapat menurun. Baju berbahan katun dan linen contohnya dapat mengeluarkan panas dari tubuh serta bisa memberikan sedikit kelegaan pada si penderita.

 

Sumber: Livestrong, Medicinenet

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer