Sukses


Jenis-Jenis Penyakit Jantung yang Paling Sering Terjadi

Bola.com, Jakarta - Jantung merupakan satu di antara organ penting dalam sistem peredaran darah. Jantung bekerja untuk memompa darah ke seluruh tubuh melalui saluran-saluran yang disebut pembuluh darah.

Jantung pada manusia terus berdetak tanpa henti. Jika jantung tersebut berhenti berdetak sebentar saja, nyawa jadi taruhannya.

Jantung bekerja sangat teratur memompa dan mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh, yaitu dengan cara mengembang dan mengempis.

Darah yang dialirkan jantung membawa oksigen dan berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Hal ini dilakukan untuk menjaga dan mendukung sistem kerja seluruh organ dalam tubuh dengan baik.

Itulah mengapa, organ jantung harus dijaga dengan baik agar tetap sehat dan berfungsi. Ada beberapa jenis penyakit jantung yang bisa menyerang.

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis penyakit jantung yang sering terjadi, seperti dilansir dari eprints.uny.ac.id, Kamis (17/2/2022). 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cara Kerja Jantung

Sebelum mengetahui jenis-jenis penyakit jantung, penting untuk diketahui cara kerjanya. Berikut cara kerja jantung yang perlu diketahui:

  • Darah dari paru-paru yang banyak mengandung oksigen masuk ke serambi kiri. Dari serambi kiri, darah diteruskan ke bilik kiri. Selanjutnya darah di bilik kiri dipompa keluar dari jantung menuju ke seluruh tubuh, membawa oksigen.
  • Setelah oksigen digunakan untuk proses pembakaran dalam sel-sel tubuh, darah kembali ke jantung dengan membawa karbon dioksida dan air.
  • Darah dari seluruh tubuh, masuk ke serambi kanan. Dari serambi kanan, darah masuk ke bilik kanan. Selanjutnya dari bilik kanan, darah dipompa keluar dari jantung menuju ke paru-paru untuk melepas karbon dioksida dan mengambil oksigen.

Denyut jantung secara normal berkisar 70 kali per menit. Denyut jantung pada setiap orang berbeda-beda tergantung pada kondisi setiap orang.

Usia, berat badan, jenis kelamin, kesehatan, dan kegiatan berpengaruh terhadap denyut jantung seseorang. Bayi memiliki denyut jantung yang lebih cepat dibanding orang dewasa.

Frekuensi denyut nadi dapat diukur untuk mengetahui tingkat kesehatan jantung seseorang.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Penyakit Jantung

  • Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner adalah kelainan pada pembuluh darah yang menyuplai otot jantung. Kondisi yang menjadikan jantung tidak dapat memompa darah dengan baik merupakan hal yang sangat menakutkan bagi manusia pada umumnya.

Menjalani pemeriksaan rutin merupakan tindakan utama agar dapat terhindar dari serangan penyakit jantung koroner ini.

  • Penyakit Serebrovaskular

Serebrovaskular (CVD) adalah kelainan pada pembuluh darah yang menyuplai otak yang berupa penyumbatan, terutama arteri otak.

Penyakit ini disebabkan oleh adanya gangguan pada pembuluh darah otak. Gangguan itu berupa penyumbatan ataupun pecah pembuluh darah otak, dan bukan disebabkan oleh penyakit lain, seperti tumor otak, infeksi otak ataupun gangguan saraf perifer.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Penyakit Jantung

  • Penyakit Arteri Perifer

Penyakit arteri perifer adalah sebuah kondisi penyempitan pembuluh darah arteri yang menyebabkan aliran darah ke kaki menjadi tersumbat.

Penyempitan ini disebabkan oleh timbunan lemak pada dinding arteri yang berasal dari kolesterol atau zat buangan lain (artheroma).

Dalam kondisi ini, kaki tidak menerima aliran darah yang memadai sehingga kaki terasa sakit, terutama saat berjalan (klaudikasio).

Kendati demikian, penyakit arteri perifer yang paling ringan sekalipun mengindikasikan adanya masalah pada arteri di bagian lain pada tubuh, khususnya jantung.

  • Penyakit Jantung Rematik

Jantung rematik adalah kerusakan pada otot jantung dan katup jantung dari demam rematik, yang disebabkan oleh bakteri streptokokus. Bagian jantung yang terkena dapat meliputi katup jantung maupun otot jantung.

Gejala penyakit ini umumnya terjadi antara 1-6 bulan setelah bakteri streptokokus menyerang.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Penyakit Jantung

  • Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan adalah kelainan struktur jantung yang dialami sejak bayi dilahirkan. Kelainan ini terjadi pada saat janin berkembang dalam kandungan.

Peyakit jantung bawaan yang paling banyak ditemukan adalah kelainan pada septum bilik jantung atau dikenal dengan sebutan ventricular septal defect (VSD), dan kelainan pada septum serambi jantung atau lebih dikenal dengan nama Atrial Septal Defect (ASD).

  • Gagal Jantung

Gagal jantung adalah kondisi saat otot jantung menjadi sangat lemah sehingga tidak bisa memompa cukup darah ke seluruh tubuh pada tekanan yang tepat.

 

Sumber: UNY

Video Populer

Foto Populer