Sukses


Macam-Macam Manfaat Baik Air Hujan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Beberapa orang suka berada di bawah percikan air hujan. Meski demikian, tidak sedikit orang justru tidak suka melakukan hal tersebut.

Mereka mengira mandi air hujan hanya memberikan dampak buruk. Bisa saja Anda menjadi terkena sakit flu, pusing kepala hingga demam.

Akan tetapi, siapa sangka mandi air hujan juga memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Namun, ada yang perlu Anda perhatikan karena tidak semua air hujan memiliki manfaat yang baik.

Hujan yang dapat digunakan untuk kesehatan adalah air hujan yang turun di lingkungan yang bersih.

Untuk itu, perlu dilakukan pengecekan pH air hujan untuk mengetahui kondisi kebersihan lingkungan sekitar Anda.

Nah, berikut ini macam-macam manfaat baik air hujan yang jarang diketahui, disadur dari Kapanlagi, Sabtu (19/2/2022).

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Manfaat Baik Air Hujan

1. Mencegah Penyakit Kanker

Siapa sangka minum air hujan dapat mencegah kanker. Sebuah penelitian menyatakan, air hujan mengandung pH basa yang dapat membantu menghambat proliferasi sel kanker.

2. Mengatasi Jerawat

Banyak yang tidak mengetahui, air hujan bermanfaat untuk kecantikan. Satu di antaranya dapat mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah.

Pasalnya, air hujan memiliki kandungan pH basa sehingga dapat membantu menghilangkan kotoran-kotoran serta bakteri yang sering menyebabkan tumbuhnya jerawat.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Manfaat Baik Air Hujan

3. Mengatasi Bisul

Mandi menggunakan air hujan dapat bermanfaat mengatasi bisul. Pasalnya, air hujan mengandung pH basa yang dapat melepaskan kotoran dan bakteri pada kulit sehingga hal ini dapat mencegah timbulnya bisul.

Apabila dilakukan secara rutin dan teratur, kulit akan terhindar dari kotoran dan bakteri jahat yang sering mengganggu.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Mandi menggunakan air hujan dapat memberi manfaat untuk kesehatan kulit tubuh. Kandungan pH alkali yang ada di dalam air hujan dapat membantu menjaga kesehatan kulit agar tetap lembap dan elastis.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Manfaat Baik Air Hujan

5. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat air hujan untuk kecantikan selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan rambut. Kandungan pH alkali di dalam air hujan membantu mengangkat kotoran serta bakteri pada rambut.

Air hujan juga dapat meningkatkan pertumbuhan dan menguatkan rambut. Jadi mandi menggunakan air hujan, selain dapat membantu menjaga kesehatan kulit, juga sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Siapa sangka ternyata minum air hujan dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Air hujan dapat membantu menenangkan iritasi mukosa lambung.

Minum air hujan juga dapat menetralkan asam lambung karena memiliki kandungan pH basa yang baik untuk kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat minum air hujan tiga sendok setiap pagi sebelum makan dan dilakukan secara teratur.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Manfaat Baik Air Hujan

7. Meningkatkan Mood

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, air hujan berguna untuk mengembalikan mood. Pasalnya, aroma khas air hujan dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan segar kembali.

Buat Anda yang jenuh dengan segala rutinitas melelahkan, sebaiknya mencoba mandi menggunakan air hujan secara teratur.

 

Disadur dari: Kapanlagi.com (Penulis: Jevi Adhi Nugraha. Published: 11/3/2020)

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer